Blak-blakan Walhi Soal Biang Kerok Banjir Kalsel BREAKING NEWS: Usai Pasukan Katak, Giliran Paskhas Mendarat di Kalsel Meletus! Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer Edan! 2 Pria Pembawa Sabu 11 Kg Tertangkap di Duta Mall Licin, Bos Travelindo Terduga Penipu Jemaah DPO Sejak Tahun Lalu

Gugah Kesadaran Warga Jaga Lingkungan, Hawang Dipilih Menjadi Kampung Bebas Karhutla

- Apahabar.com Kamis, 29 Agustus 2019 - 10:07 WIB

Gugah Kesadaran Warga Jaga Lingkungan, Hawang Dipilih Menjadi Kampung Bebas Karhutla

Bupati HST, HA Chairansyah memukul gong tanda diresmikan Desa Hawang sebagai kampung bebas karhutla dalam kegiatan pencanagan kampung bebas karhutla. Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

apahabar.com, BARABAI –  Desa Hawang Kecamatan Limpasu Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) terpilih menjadi kampung bebas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“Mengingat seluruh warga Hawang sadar akan kerugian yang diakibatkan oleh Karhutla, maka diberikanlah apresiasi,” kata Kapolres HST, AKBP Sabana Atmojo saat menggelar kegiatan pencanangan kampung bebas Karhutla di Hawang yang dihadiri Forkopimda HST, Rabu (28/8/2019).

Kesadaran itu, kata Sabana terlihat dari warga dengan karakteristik wilayah Limpasu yang memiliki luas 77,49 km². Terdiri dari Perkebunan dan Pertanian bebas dari Karhutla.

Karhutla beberapa tahun terakhir ini, lanjut Sabana menimbulkan kerugian negara yang sangat besar. Hingga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional bahkan penyakit Ispa akibat menghirup udara yang bercampur asap Karhutla.

Indonesia mendapat pandangan negatif di mata dunia dengan asap yang ditimbulkan dari Karhutla itu.

“Mari bahu membahu untuk mencegah dan menanggulangi Karhutla di 2019 ini,” pesan Sabana.

Pencanangan kampung bebas Karhutla itu mendapat apresiasi dari Komandan Kodim (Dandim) 1002 Barabai, Letkol Inf Nur Rohman Zein dan Bupati HST, HA Chairansyah.

Zein mengatakan pencegahan Karhutla membutuhkan keterlibatan semua pihak dan seluruh elemen masyarakat untuk menekan terjadinya Karhutla di HST demi kesuburan dan kemakmuran warga bumi Murakata.

Sementara Chairansyah mengatakan, pencanangan Kampung Bebas Karhutla di desa Hawang merupakan salah satu upaya pencegahan kebakaran itu sendiri. Melalui koordinasi integritas, kometmen dan kepedulian yang kuat dari semua pihak khususnya di bumi Murakata hal ini bisa terwujud.

“Oleh karena itu, dicanangkannya kampung bebas Karhutla sangat baik ditumbuh-kembangkan agar dapat membangun kesadaran masyarakat terkait pencegahan Karhutla,” ujar Chairansyah.

Turut hadir dalam acara ini Kajari HST yang diwakili Handa, Karutan kelas II B Barabai, Ketua Pengadilan Agama Barabai, Kepala Kemenag HST, BPBD HST, Tokoh masyarakat, agama, pemuda serta anggota Tagana dan  Tim Satgas Karhutla 2019 HST.

Baca Juga: Karhutla di Desa Cindai Alus, Api Hampir Jilat Rumah Warga

Baca Juga: Gubernur Kalsel Minta Bupati dan Wali Kota Turun Langsung Atasi Karhutla

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Jelang Hari Raya, Indocement Bagikan Sembako ke 10 Desa Binaan di Kotabaru

Kalsel

Heboh Truk Pemadam Terbalik di Banjar, Empat Penumpang Luka Parah
apahabar.com

Kalsel

Selimut hingga Makanan Didistribusikan untuk Korban Kebakaran Batulicin
apahabar.com

Kalsel

Pembunuhan di Sungai Lulut, Rekonstruksi Diiringi Isak Tangis Istri Korban
apahabar.com

Kalsel

Esok, Vivi Zubedi Luncurkan Kerajinan Purun di Pentas Internasional
apahabar.com

Kalsel

Arie Husairi ‘Si Garuk Kaki Nyamuk’ Juara KNPI Stand Up Comedy
apahabar.com

Kalsel

Misteri Pembunuhan Ibu Muda di Kintap Tala, Polisi Kantongi Nama Pelaku!
apahabar.com

Kalsel

Geger Pria Tewas Tergantung di Rumah Makan Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com