UPDATE 264 Rumah di HST Hilang Disapu Banjir, 9 Meninggal BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar

Habiskan Puluhan Juta, Intip Gapura Cinta Negeri Ala Warga Kenanga Putri Banjarmasin

- Apahabar.com Sabtu, 17 Agustus 2019 - 20:31 WIB

Habiskan Puluhan Juta, Intip Gapura Cinta Negeri Ala Warga Kenanga Putri Banjarmasin

Gapura Karya Warga Komplek Kenanga Citra Puri Foto-apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – Warga Komplek Kenanga Citra Puri RT. 07 Banjarmasin punya cara tersendiri untuk merayakan HUT ke-74 Republik Indonesia.

Warga di sana tak mau ketinggalan dalam Festival Gapura Cinta Negeri Indonesia. Sudah setengah bulan belakangan, mereka bergotong-royong menghias gapura. Tema yang diusung Bhineka Tunggal Ika.

Pantauan apahabar.com, Gapura dihias dengan berbagai unsur budaya. Di antaranya, pada sisi atas terdapat Garuda Pancasila yang berukuran tinggi 8 meter lebar 7 meter.

Pada sisi kiri, terdapat ikon Banjarmasin yaitu Bekantan dan Jukung. Sedangkan sisi kanan menampilkan suasana perlombaan panjat pinang yang diwakili suku Jawa, Melayu, Dayak dan Papua.

“Idenya dari semua warga, jadi inspirasinya kami dapat dari mana-mana tapi disesuaikan dengan kategori persyaratan yang diajukan panitia seperti menampilkan Garuda, merah-putih dan nuansa daerahnya,” ujar warga Komplek Kenanga Citra Puri, Erwin kepada apahabar.com, Sabtu sore.

Gapura dihias dengan lampu dan plastik berwarna warni, dengan menggunakan rangka dari kawat dan kayu. Kemudian dilukis dengan ukiran-ukiran khas Dayak.

“Kita gunakan plastik agar tahan lama dan tidak mudah rusak,” tuturnya.

Pembuatan Gapura menghabiskan dana hingga puluhan juta rupiah yang didapat dari hasil iuran warga setempat. Sedangkan total hadiah nantinya adalah sekira satu milliar rupiah.

“Hadiah utamanya 250 juta rupiah, tapi ada tahapan seleksi dulu,” ucapnya

Tahapan seleksi dimulai dari pendaftaran dan pengiriman foto Gapura sejak 17 juli lalu hingga hari ini. Kemudian, penjurian dilakukan untuk menentukan finalis Gapura umum dan finalis Gapura lembaga yang akan lolos ke tahap selanjutnya.

Survei pemenang akan dilakukan langsung dengan meninjau lokasi oleh panitia pelaksana pada 21-22 Agustus nanti.

“Awalnya seleksi foto secara online dulu. Kalau kita masuk ke tahap selanjutnya, nanti dari pihak pusat akan datang ke sini,” paparnya.

Beragam hadiah akan direbutkan oleh peserta di antaranya satu piala bergulir Presiden RI untuk gapura terbaik dari kategori umum dan uang senilai 250 juta rupiah. Satu piala untuk gapura favorit dan uang senilai 100 juta rupiah.

Tiga piala untuk gapura pemenang dari kategori lembaga dan uang senilai 50 juta rupiah. Serta, 10 piala untuk gapura pemenang dari kategori umum dan uang senilai 50 juta rupiah per pemenang.

Tidak hanya dari penilaian juri, untuk juara favorit juga dipilih berdasarkan voting secara online.

Erwin mengajak seluruh masyarakat Kalsel khususnya Banjarmasin, untuk mendukung Gapura buatan warga Komplek Kenanga Citra Puri agar dapat menjadi pemenang favorit.

“Ayo masyarakat kota Banjarmasin datang ke sini. Jangan lupa selfie dan foto sebanyak-banyaknya, lalu posting di instagram kalian dengan #gapuracintanegeri dan mention @festivalgapura,” pesannya.

Voting akan berlangsung hingga 28 Agustus mendatang. Gapura sendiri akan bertahan hingga 17 September nanti.

Ya, dalam perayakan Hari Kemerdekaan kali ini, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri dan Badan Ekonomi Kreatif menggelar Festival Gapura dengan tema Cinta Negeri. Festival ini diikuti oleh seluruh masyarakat dari penjuru negeri.

Baca Juga: VIDEO: Lomba Jukung Berlatar Jembatan Ambruk Meriahkan HUT RI ke-74

Baca Juga: Berkah HUT Ke-74 RI, PBB dan Air Bersih Veteran Banjarmasin Gratis Setahun

Reporter: Musnita Sari
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 di Tanbu Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Disdik Janji Awasi Siswa yang Masuk PPDB Jalur Prestasi
apahabar.com

Hukum

Polisi Beberkan Kasus Paling Menonjol Selama Pandemi di Banjar

Kalsel

VIDEO: Ribuan Gram Sabu Jadi Debu di RS Ansari Saleh Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Rentan, Ini yang Dilakukan Ojol Banjarmasin Cegah Corona
apahabar.com

Kalsel

Kursi Staf Ahli Lowong, Bupati HST Lantik Korsek Bawaslu
apahabar.com

Kalsel

Lihat Ramalan Cuaca Kalsel Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Polda Kalsel Bungkam Soal Penetapan Tersangka Bupati Balangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com