apahabar.com
Pelatih Barito Putera, Yunan Helmi dan pemain andalannya Samsul Arif sesaat setelah mendarat di Makassar, Senin (12/08). Foto-Instagram

apahabar.com, BANJARMASIN – Pasca kekalahan dari Tira Persikabo tempo hari, Barito Putera mencoba bangkit dengan memboyong 20 pemain menghadapi dua laga tandang melawan PSM Makassar dan Arema FC.

Terlebih dulu, Barito akan melawan juara Piala Indonesia 2019, PSM Makassar. Laga pekan ke-14 Shopee Liga 1 2019 ini akan dihelat di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Rabu (14/8). Selanjutnya, menjajal Arema FC di Stadion Kanjuruhan Malang, Senin (19/08).

Baca Juga: Kerjasama Persebaya dan Djadjang Resmi Berakhir

Dalam daftar 20 pemain itu, kembali Yoo Jae Hoon tidak diikutkan. Santer beredar kabar jika ia keluar dari tim. Namun sayang ketika di konfirmasi pelatih kiper, H Ismairi tidak banyak berkomentar, dan menyerahkan kepada manajemen untuk bersuara. “Itu manajemen yang tahu, saya kurang tahu,” jawabnya.

Terlepas dari itu, tiga pemain asing lainnya asal Brasil; Rafael Silva, Lucas Silva dan Arthur Vieira masuk dalam skuat.

Disamping itu, ada juga kapten Rizky Pora bersama pemain inti lainnya seperti Aditya Harlan, Dandi Maulana, Evan Dimas Darmono, Bayu Pradana, Ady Setiawan, Samsul Arif dan lainnya.

Tak hanya menghadapi PSM Makassar, 20 pemain tersebut juga disiapkan untuk melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, lima hari kemudian.

Tim Laskar Antasari berangkat ke Makassar, Senin (12/8) siang. Dalam dua laga ini, Yunan menargetkan Rizky Pora dkk dapat membawa pulang poin.

Selama persiapan, Yunan menyebutkan telah melakukan perbaikan.
“Semua tim akan mempersiapkan timnya masing-masing ketika menghadapi lawannya yang berbeda. Barito juga melakukan hal yang sama,” ujar Yunan.

“Tim lain ketika menghadapi Barito juga melakukan hal yang sama, ini juga butuh konsentrasi, bukan hanya pelatih pemain juga, sebagai mana apakah mereka juga memaksimalkan tacktikal yang akan kita berikan, tentunya mereka harus lebih hati-hati lagi,” jelas Yunan panjang lebar pada sesi latihan terakhir, Senin (12/08) pagi.

Terkait PSM yang baru saja meraih gelar Piala Indonesia, Yunan menaruh perhatian khusus.

“Setelah jadi juara Piala Indonesia dan walau pun kalah di kandang Borneo FC, tapi mereka akan mempersiapkan yang bagus saat bermain di hadapan suporter sendiri. Itu yang harus kita waspadai,” ungkapnya.

Meski demikian, ia percaya anak asuhnya dapat mengatasi tekanan itu. “Saya yakin anak-anak bermain di luar mampu mencuri poin. Harapannya sih pemain kita mampu mencuri poin di kandang PSM Makassar,” pungkasnya.

Berikut 20 pemain Barito yang diboyong ke Makassar dan Malang:

1. Adhitya Harlan

2. M Riyandi

3. Andri Ibo

4. Nazar Nurzaidin

5. Dandi Maulana

6. Donny Monim

7. Rony Beroperay

8. Lucas Silva

9. Bayu Pradana

10. Ady Setiawan

11. Evan Dimas

12. Paulo Sitanggang

13. Rizky Pora

14. Ferdiansyah

15. Samsul Arif Munif

16. Yacob Sayuri

17. Rafael Silva

18. Nazarul Fahmi

19. Arthur Viera

20. Gavin Kwan Adsit

Baca Juga: GOR Batola Mulai Dibangun April 2020

Reporter: Fathurrahman
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin