Tim Macan Kalsel Gerebek Wanita Buronan Kasus Penggelapan Kapal Indef: Setahun Jokowi-Ma’ruf Amin ULN Melonjak, Setiap Penduduk Warisi Utang Rp 20,5 juta Demo di Pelaihari Berbuntut Laporan Polisi, Sekda Tala Minta Maaf Harga Tiket Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin Turun, Simak Daftar Lengkapnya Kedai Terapung, Unggulan Wisata Baru di Barito Kuala

Hari Ini, Jemaah Haji Menuju Arafah

- Apahabar.com Jumat, 9 Agustus 2019 - 09:28 WIB

Hari Ini, Jemaah Haji Menuju Arafah

Ilustrasi pelaksanaan wukuf di Arafah. Foto-net.

apahabar.com, MEKAH – Arafah, merupakan tempat puncak dan pertemuan bagi jemaah haji di seluruh dunia. Jemaah haji Indonesia sendiri mulai diberangkatkan ke sana secara bertahap, Jumat (9/8) pukul 07.00 Waktu Arab Saudi.

Di Arafah juga berlangsung wukuf pada tanggal 9 Dzulhijah yang menjadi inti ibadah haji. Jemaah akan diberangkatkan melalui angkutan bus Masyair dengan 21 bus di setiap maktab.

“Dijadwalkan 8 malam sudah selesai. Namun, kita akan tetap antisipasi tim-tim kita yang di sektor-sektor akan kita siagakan sampai habisnya jemaah haji sampai semuanya ke Arafah,” kata Kepala Daker Mekah, Subhan Cholid dikutip dari liputan6.com, Jumat (9/8).

Menyambut kedatangan jemaah di Arafah tersebut, Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Mekah sejak Kamis (8/8) tengah malam sudah menggerakan petugas haji tim komando ke Arafah.

Di antaranya petugas haji dari tim pengawasan katering yang akan bertugas di setiap maktab untuk melayani katering juga sudah diberangkatkan pada Kamis tengah malam.

“Karena siang hari itu jemaah sudah akan mendapatkan layanan katering,” ujarnya.

Disamping itu, ada pula petugas pengawasan maktab yang diberangkatkan ke Arafah. Mereka akan menerima kedatangan jemaah di maktab-maktab tersebut, sekaligus menjadi penghubung layanan maktab dengan jemaah.

Kemudian pada Jumat, PPIH secara bergelombang memberangkatkan petugas Satgas Mina yakni dari petugas Daker Madinah. Lalu untuk petugas pos mabit di Muzdalifah, yang akan diberikan tanggungjawab sebagian petugas Daker Mekah.

“Terakhir petugas dari Mekah yang diberi tanggung jawab untuk memastikan untuk melakukan sweeping terhadap seluruh hotel yang ada di Mekah ini, untuk memastikan seluruh jemaah haji yang ada di Mekah, seluruhnya sudah diberangkatkan ke Mekah,” ungkapnya.

Sebelumnya, menurut data terakhir dari sektor-sektor, jemaah haji yang melaksanakan tarwiyah sebanyak 35.000, tersebar di 73 maktab. Selanjutnya diberangkatkan ke Arafah.

Baca Juga: Jemaah Haji HST Siap Menuju Arafah

Baca Juga: Habar Haji 2019; Ketua IDI Kalsel Laporkan ‘Kondisi’ Terkini di Tanah Haram

Sumber: Liputan6.com
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

2 Petani di Poso Diduga Disandera MIT, 1 Ditemukan Tewas
apahabar.com

Nasional

Gadis Cantik yang Kabur Karena Dijodohkan Diduga Ngemis di Garut
apahabar.com

Nasional

Romi Sempat Ingin Kabur Saat Tahu KPK Datang
apahabar.com

Nasional

Ratusan Anak Hasil Perkawinan Campuran Miliki Kewarganegaraan Ganda Indonesia dan Tiongkok

Nasional

Detik-Detik Upaya Pembunuhan Wiranto di Banten
apahabar.com

Nasional

Sah! Dibayar Lunas, Indonesia Resmi ‘Miliki’ Freeport
apahabar.com

Nasional

BJ Habibie Diisukan Wafat, Keluarga Anggap Pertanda Panjang Umur
apahabar.com

Nasional

Jumlah Pasien Sembuh di Indonesia Meningkat, Simak Rinciannya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com