Kanada Bakal Cabut Larangan Terbang Boeing 737 Max Peduli Banjir Kalsel, Yayasan H Maming Kirim Bantuan ke Tanah Laut Setelah Tolak Vaksin Covid-19, Ribka Tjiptaning Digeser ke Komisi VII Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19

Hari Ini, Jemaah Haji Menuju Arafah

- Apahabar.com Jumat, 9 Agustus 2019 - 09:28 WIB

Hari Ini, Jemaah Haji Menuju Arafah

Ilustrasi pelaksanaan wukuf di Arafah. Foto-net.

apahabar.com, MEKAH – Arafah, merupakan tempat puncak dan pertemuan bagi jemaah haji di seluruh dunia. Jemaah haji Indonesia sendiri mulai diberangkatkan ke sana secara bertahap, Jumat (9/8) pukul 07.00 Waktu Arab Saudi.

Di Arafah juga berlangsung wukuf pada tanggal 9 Dzulhijah yang menjadi inti ibadah haji. Jemaah akan diberangkatkan melalui angkutan bus Masyair dengan 21 bus di setiap maktab.

“Dijadwalkan 8 malam sudah selesai. Namun, kita akan tetap antisipasi tim-tim kita yang di sektor-sektor akan kita siagakan sampai habisnya jemaah haji sampai semuanya ke Arafah,” kata Kepala Daker Mekah, Subhan Cholid dikutip dari liputan6.com, Jumat (9/8).

Menyambut kedatangan jemaah di Arafah tersebut, Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Mekah sejak Kamis (8/8) tengah malam sudah menggerakan petugas haji tim komando ke Arafah.

Di antaranya petugas haji dari tim pengawasan katering yang akan bertugas di setiap maktab untuk melayani katering juga sudah diberangkatkan pada Kamis tengah malam.

“Karena siang hari itu jemaah sudah akan mendapatkan layanan katering,” ujarnya.

Disamping itu, ada pula petugas pengawasan maktab yang diberangkatkan ke Arafah. Mereka akan menerima kedatangan jemaah di maktab-maktab tersebut, sekaligus menjadi penghubung layanan maktab dengan jemaah.

Kemudian pada Jumat, PPIH secara bergelombang memberangkatkan petugas Satgas Mina yakni dari petugas Daker Madinah. Lalu untuk petugas pos mabit di Muzdalifah, yang akan diberikan tanggungjawab sebagian petugas Daker Mekah.

“Terakhir petugas dari Mekah yang diberi tanggung jawab untuk memastikan untuk melakukan sweeping terhadap seluruh hotel yang ada di Mekah ini, untuk memastikan seluruh jemaah haji yang ada di Mekah, seluruhnya sudah diberangkatkan ke Mekah,” ungkapnya.

Sebelumnya, menurut data terakhir dari sektor-sektor, jemaah haji yang melaksanakan tarwiyah sebanyak 35.000, tersebar di 73 maktab. Selanjutnya diberangkatkan ke Arafah.

Baca Juga: Jemaah Haji HST Siap Menuju Arafah

Baca Juga: Habar Haji 2019; Ketua IDI Kalsel Laporkan ‘Kondisi’ Terkini di Tanah Haram

Sumber: Liputan6.com
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Beri Kesempatan Mahasiswa Berbinis, BPP Hipmi Segera Luncurkan Hipmi Coffe
apahabar.com

Nasional

GP Ansor Kutuk Pelarungan Jasad WNI di Kapal China
apahabar.com

Nasional

Jubir Presiden: Tatanan Normal Baru Masih Tahap Persiapan
apahabar.com

Nasional

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Paman Birin Diminta Jokowi Siapkan Lahan
apahabar.com

Nasional

Jelang Piala Dunia U-20, Kementerian PUPR Renovasi Dua Stadion
apahabar.com

Nasional

Selama Covid-19, Mentan Upayakan Ketersediaan 11 Komoditas Pangan
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Perkuat Patroli di Perairan Natuna
apahabar.com

Nasional

Membelot, Pengamat: DPP PAN Harus Sanksi Muhidin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com