PT. SBKW Perusahaan Resmi, Cuncung Sayangkan Media Tidak Cek And Balance Mediasi Buntu! Kades di Amuntai Ancam Sweeping Truk Conch Mensos Risma Dikabarkan Akan Tinjau Korban Longsor di Maradapan Kotabaru La Nina, Wilayah Pesisir Kalsel Jadi Atensi Khusus Jelang Piala AFF 2021, Evan Dimas Tetap Kapten Timnas Indonesia

Hari Ini, Jemaah Haji Menuju Arafah

- Apahabar.com     Jumat, 9 Agustus 2019 - 09:28 WITA

Hari Ini, Jemaah Haji Menuju Arafah

Ilustrasi pelaksanaan wukuf di Arafah. Foto-net.

apahabar.com, MEKAH – Arafah, merupakan tempat puncak dan pertemuan bagi jemaah haji di seluruh dunia. Jemaah haji Indonesia sendiri mulai diberangkatkan ke sana secara bertahap, Jumat (9/8) pukul 07.00 Waktu Arab Saudi.

Di Arafah juga berlangsung wukuf pada tanggal 9 Dzulhijah yang menjadi inti ibadah haji. Jemaah akan diberangkatkan melalui angkutan bus Masyair dengan 21 bus di setiap maktab.

“Dijadwalkan 8 malam sudah selesai. Namun, kita akan tetap antisipasi tim-tim kita yang di sektor-sektor akan kita siagakan sampai habisnya jemaah haji sampai semuanya ke Arafah,” kata Kepala Daker Mekah, Subhan Cholid dikutip dari liputan6.com, Jumat (9/8).

Menyambut kedatangan jemaah di Arafah tersebut, Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Mekah sejak Kamis (8/8) tengah malam sudah menggerakan petugas haji tim komando ke Arafah.

Di antaranya petugas haji dari tim pengawasan katering yang akan bertugas di setiap maktab untuk melayani katering juga sudah diberangkatkan pada Kamis tengah malam.

“Karena siang hari itu jemaah sudah akan mendapatkan layanan katering,” ujarnya.

Disamping itu, ada pula petugas pengawasan maktab yang diberangkatkan ke Arafah. Mereka akan menerima kedatangan jemaah di maktab-maktab tersebut, sekaligus menjadi penghubung layanan maktab dengan jemaah.

Kemudian pada Jumat, PPIH secara bergelombang memberangkatkan petugas Satgas Mina yakni dari petugas Daker Madinah. Lalu untuk petugas pos mabit di Muzdalifah, yang akan diberikan tanggungjawab sebagian petugas Daker Mekah.

“Terakhir petugas dari Mekah yang diberi tanggung jawab untuk memastikan untuk melakukan sweeping terhadap seluruh hotel yang ada di Mekah ini, untuk memastikan seluruh jemaah haji yang ada di Mekah, seluruhnya sudah diberangkatkan ke Mekah,” ungkapnya.

Sebelumnya, menurut data terakhir dari sektor-sektor, jemaah haji yang melaksanakan tarwiyah sebanyak 35.000, tersebar di 73 maktab. Selanjutnya diberangkatkan ke Arafah.

Baca Juga: Jemaah Haji HST Siap Menuju Arafah

Baca Juga: Habar Haji 2019; Ketua IDI Kalsel Laporkan ‘Kondisi’ Terkini di Tanah Haram

Sumber: Liputan6.com
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Dapat Penghargaan dari Presiden, Fahri Hamzah Sebut Saatnya Pelihara Persatuan

Nasional

Potensi Tsunami Maluku Tengah, Warga Diminta Jauhi Pantai
apahabar.com

Nasional

Adik Gus Dur KH Hasyim Wahid Wafat, Dimakamkan di Jombang
apahabar.com

Nasional

Jokowi Tegaskan Evakuasi WNI dari Wuhan China Misi Mulia
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: Positif 17.025, Pasien Sembuh 3.911
apahabar.com

Nasional

Pegawai Pemda Masih Dominasi Kasus Korupsi
Adaro

Nasional

Bos Adaro Mangkir, Anggota DPRD Kalsel Mencak-Mencak di Tabalong
Pencuri

Nasional

Pencuri Tewas Saat Beraksi, Pemilik Rumah dan 2 Anaknya Jadi Tersangka
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com