Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki Benny Wenda Deklarasi Papua Merdeka, Pemerintah RI Jangan Diam! 2 Saudaranya ‘Dipocong’ Hidup-Hidup, Saksi Kunci Pembunuhan Bocah di Benawa HST Trauma

Ibu Kota Pindah, ASN Penajam Berpotensi Bertambah

- Apahabar.com Sabtu, 31 Agustus 2019 - 20:00 WIB

Ibu Kota Pindah, ASN Penajam Berpotensi Bertambah

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, PENAJAM – Aparatur Sipil Negara atau ASN di Kabupaten Penajam Paser Utara berpotensi bertambah hingga 10 persen, seiring pemindahan ibu kota negara ke Kaltim.

Presiden Joko Widodo mengumumkan ibu kota negara akan dipindahkan, sebagian di wilayah Kabupaten PPU, dan sebagian di Kabupaten Kukar.

“Salah satu imbas dari pindahnya ibu kota itu berpotensi bertambahnya ASN atau pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara,” jelas Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten PPU, Surodal Santoso, dikutip dari Antara.

Perpindahan pusat pemerintahan pusat dipastikan berdampak pada kegiatan organisasi pemerintahan di daerah itu.

“Akan terjadi peningkatan kegiatan dan percepatan pelayanan di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara seiring pemindahan ibu kota,” ujar Surodal Santoso.

Salah satu peningkatan kegiatan dan percepatan pelayanan pemerintahan tersebut menurut dia, menyangkut perizinan dan administrasi kependudukan.

Surodal Santoso menimpali lagi diprediksi ASN atau PNS di Kabupaten Penajam Paser Utara secara bertahap bisa bertambah hingga 10 persen dari yang ada saat ini.

“ASN saat ini ada 4.000 orang dan berpotensi bertambah 10 persen dengan pindahnya ibu kota. Sementara pegawai honorer mencapai 3.400 orang,” ucapnya.

Dengan pindahnya Kantor Kementerian di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara kata Surodal Santoso, juga membuka kesempatan bagi PNS daerah untuk bermutasi. “Hadirnya Kantor Kementerian secara tidak langsung membuka peluang bagi ASN daerah bermutasi, tapi perlu meningkatkan kemampuan dan kinerjanya,” tambanya.

Baca Juga: Jadi Ibu Kota, Penajam Minta Masukan UGM

Baca Juga: Penajam Jadi Ibu Kota, Bendungan Sepaku Mulai Dikerjakan 2020

Sumber: Antara
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Pemprov Kaltim Evaluasi Penerima Beasiswa ke Rusia
apahabar.com

Kaltim

HUT Balikpapan, Pertamina Diganjar Penghargaan LH
apahabar.com

Kaltim

Tes SKB CPNS Kutim Kembali Digelar
apahabar.com

Kaltim

Harga Bawang dan Ayam Naik, Gubernur Kaltim: Faktor Psikologis
apahabar.com

Kaltim

Asa Kaltim, Pusat Tuntaskan Jembatan Pulau Balang
apahabar.com

Kaltim

Dugaan Korupsi Pembangunan Pasar Baqa, Kepala Dinas Pasar Samarinda Ditahan
apahabar.com

Kaltim

Diversifikasi Pangan, Kaltim Pilih Sukun
apahabar.com

Kaltim

Di Rumah Aja, Telkomsel Kalimantan Sajikan Kajian Online Ramadan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com