ga('send', 'pageview');
Warga Dayak Meratus Berduka, Damang Ayal Kusal Wafat Satgas Covid-19 Visitasi Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin, Mau Buka Lagi? Alasan Mencengangkan Paman di Kotabaru Tega Cabuli Adik Sendiri 3 Pekan Razia Masker di Banjarmasin: Berludah hingga Pengemudi Mobil Didenda, Simak Penjelasan Dinkes Sinting! Pria Plontos di Kotabaru Cabuli Adik Berkali-kali

Ibu Kota Pindah, Kalteng Mulai Berbenah

- Apahabar.com Senin, 19 Agustus 2019 - 22:06 WIB

Ibu Kota Pindah, Kalteng Mulai Berbenah

Bupati Kotawaringin Timur Supian Hadi (tengah) saat meninjau hasil pertanian petani di Kecamatan Kota Besi. Foto-Ist/Antara

apahabar.com, KOTAWARINGIN TIMUR – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, terus meningkatkan sumber daya manusia petani, seiring rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan.

“Kalau ibu kota dipindah ke Kalteng, maka berapa juta orang yang akan pindah ke provinsi ini dan berapa besar kebutuhan pangan yang harus disiapkan. Ini adalah peluang yang harus kita tangkap dan disiapkan dari sekarang,” kata Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Supian Hadi di Sampit, Senin, dikutip dari Antara.

Saat pidato kenegaraan menyambut Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Jumat (16/8) lalu, di hadapan anggota DPR Presiden Joko Widodo mengumumkan dan meminta izin bahwa ibu kota negara akan dipindah ke Kalimantan, meski belum menyebut jelas provinsi mana yang dipilih.

Menyikapi itu, Supian mengaku yakin lokasi yang dipilih menjadi lokasi pemindahan ibu kota negara adalah Provinsi Kalteng.

Selain presiden sudah meninjau langsung lokasinya di Kabupaten Gunung Mas, bupati sangat yakin karena berbagai pertimbangan strategis yang membuat Kalimantan Tengah paling tepat dijadikan ibu kota negara.

Baca juga :  Pimpinan Baznas Kalteng Dilantik, Inilah Pesan Gubernur Kalteng

Untuk itulah pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mulai mempersiapkan diri untuk menyambut pemindahan ibu kota tersebut. Peningkatan sumber daya manusia akan dilakukan menyeluruh, termasuk terhadap petani dan nelayan agar mereka mampu bersaing dan bisa menangkap peluang nanti.

Supian mewacanakan peningkatan sumber daya manusia petani dan nelayan akan dilakukan pada 2020. Selanjutnya 2021 difokuskan pada peningkatan bantuan peralatan, teknologi dan permodalan.

Harapannya, di tahun-tahun berikutnya produksi pertanian dan perikanan Kotawaringin Timur melonjak tajam dan siap memenuhi permintaan provinsi ini sebagai ibu kota negara.

Selama ini cukup banyak bantuan peralatan produksi pertanian dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten.

Namun menyikapi kemungkinan ibu kota negara pindah ke Kalimantan Tengah, maka pemerintah kabupaten akan meningkatkan anggaran sektor pertanian melalui APBD kabupaten.

Baca juga :  Sambangi Markas Balakar 545, Satbinmas Polres Kapuas Sosialisasikan Pencegahan Covid-19 dan Karhutla

Kotawaringin Timur masih memiliki lahan yang luas untuk peningkatan sektor pertanian. Tidak hanya di kawasan selatan yang memang ditetapkan sebagian kawasan pertanian, Tapi juga potensi di kawasan lainnya masih bisa dioptimalkan untuk pertanian.

Selain petani, pelaku usaha mikro kecil dan menengah juga akan menjadi prioritas program peningkatan sumber daya manusia. Masyarakat Kotawaringin Timur harus mampu memanfaatkan dan mengolah sumber daya alam yang ada menjadi barang bernilai ekonomi tinggi demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam waktu dekat kami akan ke Jakarta untuk menggali informasi. Tapi saya yakin 90 persen bahwa ibu kota negara akan dipindah ke Kalimantan Tengah, makanya ini harus kita siapkan. Jangan sampai masyarakat kita nanti malah kalah bersaing,” ujarnya.

Baca Juga: Andai Ibu Kota ke Kalimantan, Repnas: Kalsel Berpotensi Kembangkan Wisata Religi

Baca Juga: Gubernur Se-Kalimantan Kumpul di Balikpapan, Bahas Ibu Kota?

Sumber: Antara
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jokowi Perintahkan Seluruh Bansos Covid-19 Disalurkan Pekan Ini
apahabar.com

Nasional

Debat Keempat Capres 2019, Intip Visi-Misi Para Capres
apahabar.com

Nasional

Lalai, Jemaah Haul Guru Sekumpul Kehilangan Barang
apahabar.com

Nasional

Ahok Ditarget Sebulan ‘Bongkar’ 142 Anak Usaha Pertamina
apahabar.com

Nasional

Suhu Panas Diduga Pemicu Ledakan Mortir Perang di Gudang Brimob
apahabar.com

Nasional

Kebakaran Pasar Tulungagung, 800 Pedagang Jadi Korban
apahabar.com

Nasional

Wabah Virus Corona, KBRI Beijing Pastikan Perlindungan 93 WNI di Wuhan
apahabar.com

Nasional

Jika Kaltim Jadi Ibu Kota, Tak Ada Ruang untuk Tuan Thakur
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com