Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah Pembelajaran Tatap Muka SMP di Banjarmasin Siap Dibuka, Catat Bulannya VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat

Iduladha 1440 Hijriah, Kodim 1006/Martapura Siapkan 4 Ekor Hewan Kurban

- Apahabar.com Sabtu, 10 Agustus 2019 - 16:57 WIB

Iduladha 1440 Hijriah, Kodim 1006/Martapura Siapkan 4 Ekor Hewan Kurban

Kodim 1006/Martapura  akan menyembelih hewan kurban, berupa 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Foto - Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Dalam rangka hari raya Iduladha 1440 Hijriah, Kodim 1006/Martapura akan menyembelih hewan kurban, berupa 3 ekor sapi dan seekor kambing. Pemotongan hewan kurban ini dilakukan di Makodim Jalan A Yani, Km 39, Tanjung Rema, Cindai Alus, Kabupaten Banjar pada Minggu (11/08).

Selain itu, pihak panitia turut menyediakan 450 kupon yang akan dibagikan kepada kaum fakir miskin hingga anak yatim panti asuhan. Informasi yang diperoleh apahabar.com menyebutkan, sebelum daging kurban dibagi usai penyembelihan, akan diadakan acara makan bersama dengan menu gulai kambing dan sop kambing.

Ketua Panitia Kurban Kodim 1006/Martapura, Kapten Inf Ramlan menuturkan, dua dari tiga ekor sapi tersebut berasal dari tabungan kurban anggota TNI (Kodim Martapura).

“Di mana tabungan kurban itu telah berlangsung sejak Juli 2018 yang disetor peserta kurban setiap bulannya dengan jumlah nominal yang sudah ditentukan panitia,” ujar Kapten Inf Ramlan kepada apahabar.com, Sabtu (10/8).

Sedangkan seekor sapi kurban lagi, imbuhnya, berasal dari bantuan dari tokoh masyarakat kharismatik yang tinggal di Kota Martapura. Sedangkan seekor kambing merupakan sumbangan khusus dari Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto

“Dan alhamdulillah, kita panitia kurban bisa mendapatkan 2 ekor sapi. Terima kasih kepada seluruh rekan-rekan pengurus yang telah berpartisipasi untuk ikut menjadi peserta kurban pada hari raya Iduladha 1440 H ini. Sementara bagi yang belum penuh menabungnya tahun ini, kami doakan semoga tahun depan bisa berkurban,” tuturnya.

Ramlan juga menyampaikan, sejumlah persiapan untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban sudah rampung. Dan panitia pun sudah dibentuk dan di-SK-kan langsung dari Dandim Martapura

Terpisah, Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto mengatakan bahwa daging hewan kurban yang dipotong tersebut akan dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Dagingnya dikhususkan untuk masyarakat kurang mampu dan anak-anak yatim panti asuhan di Wilayah Martapura Kabupaten Banjar,” ujar laki-laki yang memiliki Istri seorang perwira TNI itu.

Dandim berharap, dengan berkurban ini, dapat meningkatkan kebersamaan antar anggota, maupun dengan masyarakat sekitar.

Selain itu, kata pria kelahiran Banjarmasin tersebut, banyak hikmah yang bisa dipetik dari pelaksanaan ibadah kurban,  di samping untuk memupuk rasa kepedulian terhadap sesama umat Muslim, juga membantu membahagiakan saudara yang kurang mampu, pada hari raya kurban. Dengan jalan memberikan daging hewan kurban.

“Ini juga merupakan upaya kami dalam mendekatkan diri kepada masyarakat selain itu juga, nantinya hewan kurban tersebut betul-betul dapat disalurkan kepada sanak saudara kita yang membutuhkan,” tuturnya.

Baca Juga: Warga Sekitar Makam Sultan Suriansyah Terima Sapi Kurban dari Kesultanan Banjar

Baca Juga: Menengok Sapi Kurban Jokowi Berbobot 762 Kg di Masjid Sabilal Muhtadin

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

MAN 1 HST Gelar Lomba Sekolah Sehat (LSS) dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Nasional

Kalsel

Tamban Gempar! Pembunuhan Sadis Seorang Menantu Terbongkar
apahabar.com

Kalsel

Walau Diguyur Hujan, BPBD: Banjarmasin Tetap Aman
apahabar.com

Kalsel

Pasca Banjir Tapin, Warga Gotong Royong Bersihkan Sampah di Hilir Sungai
apahabar.com

Kalsel

Hasil Swab Belum Keluar, Data Covid-19 Tabalong Tak Bergerak
apahabar.com

Kalsel

Zulfa Asma Vikra Institut Sebut Banjir HSU Buntut Tambang Ilegal
apahabar.com

Kalsel

HUT Ke-70 Proklamasi Pemerintah Gubernur Tentara Alri, Adakan Lomba Baca Puisi Perjuangan
apahabar.com

Kalsel

Didiklat, CPNS Harus Punya Etika dan Karakter Melayani
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com