Update Covid RI 15 Oktober, Kalsel Sembilan Terbawah, Jakarta Teratas PDIP Pamer Jago Capres 2024: Puan, Ganjar hingga Mardani H Maming KPK Tinggalkan Markas Brimob Tabalong, Penyidikan Berlanjut Acil Pasar Terapung Siap-Siap, Siring Piere Tendean Bakal Dibuka Lagi! OTT Amuntai, Enam Mobil Tiba di Brimob Tabalong

Iduladha 1440 Hijriah, Kodim 1006/Martapura Siapkan 4 Ekor Hewan Kurban

- Apahabar.com     Sabtu, 10 Agustus 2019 - 16:57 WITA

Iduladha 1440 Hijriah, Kodim 1006/Martapura Siapkan 4 Ekor Hewan Kurban

Kodim 1006/Martapura  akan menyembelih hewan kurban, berupa 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Foto - Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Dalam rangka hari raya Iduladha 1440 Hijriah, Kodim 1006/Martapura akan menyembelih hewan kurban, berupa 3 ekor sapi dan seekor kambing. Pemotongan hewan kurban ini dilakukan di Makodim Jalan A Yani, Km 39, Tanjung Rema, Cindai Alus, Kabupaten Banjar pada Minggu (11/08).

Selain itu, pihak panitia turut menyediakan 450 kupon yang akan dibagikan kepada kaum fakir miskin hingga anak yatim panti asuhan. Informasi yang diperoleh apahabar.com menyebutkan, sebelum daging kurban dibagi usai penyembelihan, akan diadakan acara makan bersama dengan menu gulai kambing dan sop kambing.

Ketua Panitia Kurban Kodim 1006/Martapura, Kapten Inf Ramlan menuturkan, dua dari tiga ekor sapi tersebut berasal dari tabungan kurban anggota TNI (Kodim Martapura).

“Di mana tabungan kurban itu telah berlangsung sejak Juli 2018 yang disetor peserta kurban setiap bulannya dengan jumlah nominal yang sudah ditentukan panitia,” ujar Kapten Inf Ramlan kepada apahabar.com, Sabtu (10/8).

Sedangkan seekor sapi kurban lagi, imbuhnya, berasal dari bantuan dari tokoh masyarakat kharismatik yang tinggal di Kota Martapura. Sedangkan seekor kambing merupakan sumbangan khusus dari Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto

“Dan alhamdulillah, kita panitia kurban bisa mendapatkan 2 ekor sapi. Terima kasih kepada seluruh rekan-rekan pengurus yang telah berpartisipasi untuk ikut menjadi peserta kurban pada hari raya Iduladha 1440 H ini. Sementara bagi yang belum penuh menabungnya tahun ini, kami doakan semoga tahun depan bisa berkurban,” tuturnya.

Ramlan juga menyampaikan, sejumlah persiapan untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban sudah rampung. Dan panitia pun sudah dibentuk dan di-SK-kan langsung dari Dandim Martapura

Terpisah, Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto mengatakan bahwa daging hewan kurban yang dipotong tersebut akan dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Dagingnya dikhususkan untuk masyarakat kurang mampu dan anak-anak yatim panti asuhan di Wilayah Martapura Kabupaten Banjar,” ujar laki-laki yang memiliki Istri seorang perwira TNI itu.

Dandim berharap, dengan berkurban ini, dapat meningkatkan kebersamaan antar anggota, maupun dengan masyarakat sekitar.

Selain itu, kata pria kelahiran Banjarmasin tersebut, banyak hikmah yang bisa dipetik dari pelaksanaan ibadah kurban,  di samping untuk memupuk rasa kepedulian terhadap sesama umat Muslim, juga membantu membahagiakan saudara yang kurang mampu, pada hari raya kurban. Dengan jalan memberikan daging hewan kurban.

“Ini juga merupakan upaya kami dalam mendekatkan diri kepada masyarakat selain itu juga, nantinya hewan kurban tersebut betul-betul dapat disalurkan kepada sanak saudara kita yang membutuhkan,” tuturnya.

Baca Juga: Warga Sekitar Makam Sultan Suriansyah Terima Sapi Kurban dari Kesultanan Banjar

Baca Juga: Menengok Sapi Kurban Jokowi Berbobot 762 Kg di Masjid Sabilal Muhtadin

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Momentum HUT PGRI ke-75, Sudian Noor Berikan Sepeda kepada Guru Berprestasi
KIS iuran Pemkab

Kalsel

Alami Darah Tinggi, Warga Tabalong Terbantu KIS iuran Pemkab
apahabar.com

Kalsel

Tambah 109 Positif, Covid-19 di Kalsel Sentuh 4.488 Kasus
apahabar.com

Kalsel

Ibnu Sina Akan Ambil Langkah Tegas Terkait Pembangunan Gedung Parkir Duta Mall

Kalsel

Diserang Monyet Liar, Bocah 2 Tahun di Martapura Dilarikan ke Rumah Sakit
Haji Ijai Turun Tangan, Klaster Gowa Diisolasi di 'Hotel' SSB Binuang

Kalsel

Haji Ijai Turun Tangan, Klaster Gowa Diisolasi di ‘Hotel’ SSB Binuang
apahabar.com

Kalsel

Sehari, Jon Lee CS Ringkus Pemilik Ribuan Butir Obat Terlarang dan Budak Sabu di HST
apahabar.com

Kalsel

Sehari Menghilang, Nelayan Rampa Kotabaru Akhirnya Ditemukan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com