Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah Pembelajaran Tatap Muka SMP di Banjarmasin Siap Dibuka, Catat Bulannya VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat

Iduladha Jatuh pada 11 Agustus 2019

- Apahabar.com Kamis, 1 Agustus 2019 - 21:11 WIB

Iduladha Jatuh pada 11 Agustus 2019

Penetapan sidang isbat awal Zulhijah 1440 H. foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada 11 Agustus 2019. Penetapan ini berdasarkan sidang isbat penentuan 1 Zulhijah 1440 H, Kamis (01/08/).

Sidang isbat penentuan awal Zulhijah kali ini dipimpin oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Muhammadiyah Amin. Pasalnya Menteri Agam Lukman Hakin Saifuddin sedang bertugas sebagai Amirul Hajj di Arab Saudi.

Baca Juga: Dinas Peternakan Pastikan Sapi Kurban Bebas Penyakit

Dalam menentukan posisi hilal, Kemenag berkoordinasi dengan pemantau yang disebarkan ke 92 titik hilal di seluruh Indonesia. Amin menjelaskan, dari keseluruhan, sudah terdapat 10 pemantau yang melihat keberadaan hilal.

“Kita putuskan bahwa 1 Zulhijah jatuh pada hari Jumat, 2 Agustus 2019, dengan begitu bahwa 10 Zulhijah atau hari raya Idul Adha jatuh ada Ahad, 11 Agustus 2019. Itulah hasil sidang isbat ada malam ini,” ujar Amin saat konferensi pers di Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2019).

Lantas untuk melakukan konfirmasi atas posisi hilal tersebut, maka pada saat itu Kemenag melihat sebanyak 92 titik. “Berdasarkan laporan dari beberapa area yang melibat hilal dan telah disumpah ada 10 titik yang melihat langsung,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua MUI Abdullah Jaidi mengingatkan agar perayaan Idul Adha ini dijadikan momentum untuk bersyukur. Sekaligus mempererat ikatan persaudaraan seusai pilpres.

“Intinya bahwa dalam menyongsong Idul Adha, marilah kita umat silam menjadikan momentum sebagai hari saya bersyukur, hari raya berkorban,” tuturnya.

“Harapan kami, MUI, bahwa agar setelah selesainya kita melaksanakan pilres, marilah kita, khususnya umat Islam, bangsa Indonesia kembali bersama dalam menyongsong masa depan Indonesia lebih baik,” lanjutnya.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Pemkot Banjarmasin Awasi Kesehatan Hewan Kurban

Sumber: detikcom
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Pasca Tsunami, Warga Pesisir Pandeglang Belum Berani Kembali ke Rumah
apahabar.com

Nasional

Viral, Jasad Kiai di Blitar Utuh Meski Terkubur 31 Tahun
apahabar.com

Nasional

Tangani Covid-19, Muhadjir Pinta IDI Kerahkan Semua Dokter
apahabar.com

Nasional

Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Jakarta Internasional Stadium
apahabar.com

Nasional

Gegara Korsleting, 90 Rumah Ludes Terbakar
apahabar.com

Nasional

Rapat dengan Komisi VIII DPR RI, Menteri PPPA Refocusing Kegiatan dan Anggaran Tangani Covid-19
apahabar.com

Nasional

Horeee, Temuan Vaksin Bikin Rupiah Berpeluang Menguat
apahabar.com

Nasional

KPAI Dorong Pelaksanaan Mudik yang Ramah Anak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com