Pemilu Ulang di Banjarmasin Selatan, Cucu Habib Basirih Pinta Jauhi Politik Uang H-2 Ramadan, Distribusi Elpiji di Kalsel Macet Lagi Gara-Gara Jalan Rusak Terungkap! Alasan Oknum Pemuda LAS HST Hina Buser yang Tenggelam di Banjarmasin Sadarkan Diri, Dokter Ungkap Kondisi Terkini Echa Si Putri Tidur Banjarmasin POPULER SEPEKAN: Waspada Air Pasang, Ambruknya Pasar Ujung Murung, hingga Viral Putri Tidur

IJTI Segera Terbentuk di Kalbar

- Apahabar.com Selasa, 6 Agustus 2019 - 06:00 WIB

IJTI Segera Terbentuk di Kalbar

IJTI. Foto-SINDOnews

apahabar.com, PONTIANAK – Kepengurusan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) dalam waktu akan dibentuk. Pembentukan diawali dengan musyawarah daerah (Musda) IJTI yang pertama kalinya, kata Ketua Panitia Musda, Yan Andria. sang merupakan jurnalis Trans7/CNN Indonesia.

“Musda IJTI Kalbar akan digelar, Sabtu besok (03/08) di Pontianak, sebanyak 55 jurnalis televisi se-Kalbar akan mendeklarasikan terbentuknya IJTI, sekaligus akan memilih Ketua Pengda IJTI Kalbar masa bakti 2019 hingga 2022,” ujarnya di Potianak, Jumat.

Ia menambahkan, peningkatan kapasitas dan kompetensi jurnalis menjadi isu sentral yang mendorong para pewarta televisi ini membentuk IJTI.

“Karya jurnalistik, saat ini dan di masa mendatang, mau tidak mau harus terus memberi peningkatan dalam penyajian kepada pemirsanya agar terbangun masyarakat yang cerdas,” lanjutnya.

Selain itu, tuntutan mengedepankan nilai-nilai jurnalistik yang sejalan dengan kode etik jurnalis maupun pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran (P3SPS), merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi, terangnya.

Apalagi, menurut dia jurnalis televisi sebagai pewarta yang menyajikan video dalam karya jurnalistiknya, harus berani memerankan diri sebagai ujung tombak dalam mengedukasi masyarakat melalui apa yang disiarkannya.

Selain itu, sinergitas antarorganisasi profesi jurnalis lainnya seperti Aliansi Jurnalis Independen (AJI) maupun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) juga menjadi harapan yang mendorong para jurnalis televisi di Kalbar ini membentuk IJTI.

“Soliditas antara sesama organisasi profesi kewartawanan ini penting dalam konteks perlindungan dan pembelaan terhadap tugas jurnalistik. Hal ini selaras juga dengan semangat kemerdekaan pers seperti yang tertuang dalam Undang Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers,” jelasnya.

Baca Juga: Kalbar-Kalteng Sepakat Segera Selesaikan Masalah Tapal Batas

Baca Juga: Ini 5 Warga Negara Terbanyak Ajukan Izin Tinggal di Kalbar

Sumber: Antara
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalbar

Tiba di Perbatasan Indonesia-Malaysia, Tim Touring Kemerdekaan Disambut Hangat Polsek Entikong
Banjarmasin

Kalbar

Tenang, Stok Elpiji dan BBM Warga Kalimantan Aman Selama Nataru
apahabar.com

Kalbar

Pontianak Dapat Dana Kelurahan Rp10 Miliar
apahabar.com

Kalbar

Selasa Pagi, Kabut Asap di Pontianak Semakin Pekat
apahabar.com

Kalbar

Massa Tutup Ruas Jalan Menuju Jembatan Kapuas I Pontianak
apahabar.com

Kalbar

Ponti Kayan asal Entikong, Paling Diburu Penikmat Buah Durian
Pilkada 2020, Kajati Kalbar Siap Turunkan Jaksa Terbaik

Kalbar

Pilkada 2020, Kajati Kalbar Siap Turunkan Jaksa Terbaik
Polda Kalbar

Kalbar

Polda Kalbar Tangkap Penyerang Polisi di Aksi 1812 Pontianak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com