Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

Ikatan Pustakawan Indonesia Kalteng Puji Dispersip Kalsel

- Apahabar.com     Jumat, 9 Agustus 2019 - 06:00 WITA

Ikatan Pustakawan Indonesia Kalteng Puji Dispersip Kalsel

Kunjungan Dispersip Kalteng ke Perpus Palnam Banjarmasin. Foto-apahabar.com/Musnita

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispersip) terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Upaya itu pun kerap menuai banyak pujian.

Salah satunya datang dari provinsi tetangga, Kalteng. “Kami dengar di sini luar biasa. Bahkan pada saat rapat nasional Kalsel sering disebut sebagai salah satu perpustakaan terbaik di Indonesia,” ungkap Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kalteng, Damber Liwan mengenai alasannya berkunjungan ke Persputakaan Pal Enam, Kamis (8/8).

Kunjungan kali ini dalam rangka menambah wawasan pengetahuan para pustakawan dan pejabat di lingkungan Dispersip Kalteng.

apahabar.com

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie dan Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kalteng, Damber Liwan dihadapan awak media. Foto-apahabar.com/Musnita

“Jadi kami di sini sepatutnya ingin berdiskusi dengan teman-teman. (Nurlianie, kepala Dipersip Kalsel) sebagai leader sangat luar biasa. Baik dalam membangun perpustakaan maupun berkoordinasi dengan pemerintah daerah,” puji Damber

Perpustakaan sebagai lembaga terpenting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Konsep yang dihadirkan Perpus Palnam sebutnya, dapat menjadi acuan dalam meningkatkan minat baca masyarakat lewat pendekatan yang dilakukan.

“Perpustakaan tidak hanya menjadi tempat membaca, tapi sudah seperti menjadi ruang rekreasi. Jadi kami berikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Ibu Kepala Dinas dan seluruh jajaran,” imbuh Danber mengakhiri wawancara.

Sinergitas antar keluarga besar perpustakaan pun ditunjukkan dalam pertemuan ini. Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardi mengungkapkan, sebagai tetangga yang baik, tentu saja menyambut hangat ingin mereka berkunjung ke sini. “Jadi barangkali bisa saling sharing lah,” ucap Bunda Nunung begitu, Nurliani Dardie dipanggil, disela kegiatan.

Ia sangat antusias menunjukkan setiap ruang pelayanan yang ada di Perpus Palnam. Mulai dari ruang baca anak, pelayanan umum, hingga menunjukkan koleksi-koleksi buku yang tersedia.

Menuju waktu makan siang, rombongan juga diajak untuk berdiskusi di Aula Perpus Palnam. Sebagai tuan rumah, Nurliani tak segan untuk bertukar informasi dan pengalaman bersama para pustakawan.

“Ada dua indikator. Pertama, mereka punya dua orang pustakawan ahli, sedangkan (Dispersip) Kalsel belum. Selain itu, ada pustakawan utama sekaligus sebagai ketua IPI Kalteng. Kalau Kalsel ada di UIN, tapi saling kerjasama,” terangnya.

Perpus Pal Enam yang berlamat di Jl A Yani Km 6, persis berada di dekat pintu gerbang masuk Kota Banjarmasin memang meningkat pesat. Suasananya lebih hidup, bahkan pada malam hari lebih terang dengan banyak cahaya lampu.

Baca Juga: Polemik Akses Menuju RS Haji Boejasin, Pemkab Tala Terpaksa Cari Alternatif Lain

Baca Juga: Heboh, Warga Kapar HST Temukan Sesosok Mayat di Semak-semak

Baca Juga: Pendapatan dari Kekayaan Daerah yang Dipisahkan Kalsel Anjlok

Baca Juga: Dikerjakan 15 Agustus, Jembatan Gardu 1 Ditutup 2 Bulan

Reporter: Musnita Sari
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Atasi PDP Berat, Tabalong Kini Siapkan 9 Unit Ventilator
Mantan Wabup HSU

HSU

Mantan Wabup HSU Sekaligus Legislator Kalsel Meninggal karena COVID-19
apahabar.com

Kalsel

Enam Bulan Pandemi Corona di Kalsel, ICU dan Ruang Isolasi Makin Sesak
apahabar.com

Kalsel

DPD TMP Kalsel Soroti Permenristekdikti Nomor 55 tahun 2018
apahabar.com

Kalsel

Puncak HPN 2020; Hasnur Group Berharap Pers Lebih Profesional

Kalsel

Jasad Bayi Temuan di Hilir Kotabaru Dimakamkan
apahabar.com

Kalsel

Stok Pangan di Batola, DKPP: Aman Hingga Akhir 2020
apahabar.com

Kalsel

APBD Banjarmasin 2021 Rp 1,5 Triliun Disahkan, Berikut Keperluan Prioritas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com