Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Ini Alasan PSK di Lokalisasi Merong Tolak Didata Dinas Sosial

- Apahabar.com Sabtu, 3 Agustus 2019 - 17:31 WIB

Ini Alasan PSK di Lokalisasi Merong Tolak Didata Dinas Sosial

PSK di lokalisasi Merong, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. Foto–Kaltengpos.co

apahabar.com, MUARA TEWEH – Tidak semuanya rencana Dinas Sosial Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah untuk mendata dan memulangkan para pekerja seks komersial (PSK) di lokalisasi Lembah Durian atau yang lebih dikenal dengan sebutan Merong mendapat sambutan baik.

Padahal untuk memulangkan para PSK di lokalisasi itu pemerintah akan memberikan uang pemulangan Rp 5 juta per orang ditambah tiket pesawat gratis, dengan syarat harus siap diantarkan sampai rumah masing-masing.

Dengan alasan menolak diantar sampai rumah itu, ada beberapa penghuni lokalisasi Merong yang menolak masuk dalam data penerima bantuan Rp 5 juta, jika tidak mengikuti aturan main mereka. Yakni mereka meminta tidak perlu harus diantarkan ke tempat tinggal masing-masing.

Seperti Bunga nama samaran kepada apahabar.com mengatakan bahwa dirinya enggan ikut pendataan yang dilakukan oleh Dinas Sosial sebagai penerima bantuan uang untuk modal serta biaya tiket pesawat gratis dari pemerintah, jika syaratnya harus diantar sampai rumah.

Penolakan ini sangat beralasan karena menurutnya kalau waktu pulang diantar oleh pihak Dinas Sosial tentunya akan menimbulkan tanda tanya di lingkungan keluarga mereka.

“Tidak mungkin kami harus diantar petugas Dinas Sosial ke rumah karena akan membuat tanda tanya besar. Apalagi selama ini orang tua dan keluarga tidak mengetahui pekerjaan yang kami lakukan sekarang,” kata Bunga yang sudah lebih kurang 5 tahun bekerja sebagai wanita penghibur di Lokalisasi Merong, Sabtu (03/08).

Dari pada seperti itu, menurut dia lebih baik pulang dengan biaya sendiri agar keluarga tidak curiga.

Hal sama juga diungkapkan oleh Cinta juga nama samaran penghuni Merong yang merasa sangat tidak enak kalau pulang didampingi oleh petugas Dinas Sosial.

“Biarlah kalau memang Merong dinyatakan akan ditutup dan semua penghuninya harus balik kampung maka saya akan membiayai sendiri transportasi dan tidak menerima uang pemulangan dari Dinas Sosial,” katanya.

Sebelumnya, selain Pemerintah Pusat telah mengeluarkan peraturan bahwa pada 2019 ini Indonesia bebas prostitusi. Pemerintah juga sudah mengalokasikan dana pemulangan para PSK ke daerah asalnya sebanyak Rp 5 juta dan gratis biaya pesawat.

Kemudian bagi yang masuk pendataan Dinas Sosial, maka selain dana dari pusat juga akan mendapat bantuan lagi dari pemerintah daerah yang jumlahnya masih dalam rancangan peraturan daerah yang saat ini sedang digodok oleh DPRD Barut.

Baca Juga: Lokalisasi Merong Gulung Tikar, Ini yang Diungkapkan Jiin

Baca Juga: Kapolres Kobar Gagas Olahraga Malam

Baca Juga: Ketua DPRD Barut Kali Ini Jatah Partai Demokrat

Baca Juga: DKPP Temukan Sejumlah Hewan Tak Layak Kurban

Reporter: Ahc17
Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

ASN di Kalteng Siap-Siap Kerja dengan Sistem New Normal
apahabar.com

Kalteng

Pembangunan Jembatan Muara Teweh-Jingah Rampung
apahabar.com

Kalteng

6 Oktober, Taman Nasional Tanjung Puting Kalteng Kembali Dibuka
apahabar.com

Kalteng

Picu Kebakaran 5 Hektar Lahan, Pembuat Arang Ditangkap
apahabar.com

Kalteng

Rapid Test Rp150 Ribu, RSDS Palangka Coba Menyesuaikan
apahabar.com

Kalteng

Korban Tenggelam di Sungai Kahayan Berhasil Ditemukan
apahabar.com

Kalteng

40 Rumah Warga di Kelurahan Selat Utara Kapuas Dapat Bantuan Perbaikan
apahabar.com

Kalteng

25 Caleg Terpilih DPRD Barut Ditetapkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com