Dievakuasi ke Banjarmasin, 7 Korban KM Ladang Pertiwi Selamat DITANGKAP! Terduga Pembunuh Undur di Bungur Tapin Fakta Baru Duel Maut di Arena Judi Datarlaga HST KM Ladang Pertiwi Tenggelam, Penumpang Dievakuasi ke Banjarmasin Makin Gacor, Atlet Panjat Tebing Kiromal Katibin Pertajam Rekor Dunia

Intip Keseruan Peringatan HUT RI ke-74 di Bulgaria

- Apahabar.com     Senin, 19 Agustus 2019 - 12:09 WITA

Intip Keseruan Peringatan HUT RI ke-74 di Bulgaria

Makan kerupuk menjadi salah satu lomba yang digelar dalam Peringatan HUT RI ke-74 di Bulgaria. Foto-KBRI Sofia for apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Jauh dari kampung halaman bukan halangan bagi warga Indonesia di Bulgaria untuk memeriahkan HUT RI ke-74. Berbagai lomba pun digelar layaknya berada di Tanah Air.

Lomba yang digelar pada 17 Agustus 2019 tersebut di antaranya lomba makan krupuk, membawa gundu, scrable, dart, voli, karaoke, hingga workshop mengolah bahan daur ulang bagi anak-anak.

Khusus untuk workshop mengolah bahan daur ulang, menurut Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Sofia Nurul, disesuaikan dengan motto HUT RI kali ini, yakni “SDM Unggul Indonesia maju”.

“Lomba-lomba ini juga diikuti warga Bulgaria, para pasangan WNI, yang menambah kelucuan dan kemeriahan acara,” kata Nurul dalam keterangan yang diterima apahabar.com pada Senin (19/8/2019).

Nurul membeberkan, upacara peringatan detik-detik proklamasi berlangsung di KBRI Sofia pada tanggal 17 Agustus 2019 dipimpin oleh Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid.

“Khusus untuk peringatan HUT RI tahun ini, KBRI Sofia memberikan penghargaan kepada warga Bulgaria yang telah berdedikasi dan berperan aktif dalam mengembangkan budaya Indonesia di Bulgaria. Penghargaan diberikan kepada dua klub batik di Bulgaria yaitu Klub Batik Targovishte yang sudah mengembangkan teknik batik kepada anak-anak Bulgaria,” terangnya.

Selain itu, sambung Nurul, KBRI Sofia juga memberikan penghargaan kepada grup tari binaan KBRI, Pesona Mawar Nusantara yang sudah berusia 15 tahun.

“Grup tari ini beranggotakan pemuda-pemudi Bulgaria yang cinta terhadap seni budaya Indonesia,” ungkapnya.

Acara peringatan HUT RI ini dihadiri oleh keluarga KBRI, Kosul Kehormatan RI di Kota Varna dan di Kota Bansko serta masyarakat dan diaspora Indonesia di Bulgaria.

Setelah upacara, diadakan acara potong tumpeng, ramah tamah, berbagai pertandingan, serta pembagian hadiah.

“Acara ini juga dinanti-nanti warga sebagai ajang silaturahmi karena warga dari luar kota juga datang ke Sofia. Masyarakat dihibur dengan acara karaoke bersama dan juga hidangan berbagai kuliner nusantara.”

Dubes RI Sri Astari Rasjid, lanjut Nurul, menyampaikan bahwa HUT RI ini penting diperingati untuk terus menumbuhkan rasa nasionalisme pada warga Indonesia di luar negeri.

Sementara itu, salah satu warga negara Bulgaria yang hadir, Slavka Georgieva yang merupakan pendiri klub batik Targovishte, juga sangat menikmati rangkaian acara yang digelar. Mengingat, hal ini adalah HUT RI pertama yang dia ikuti. Slavka Georgieva merasa, peringatan kemerdekaan RI lebih meriah dari hari kemerdekaan negaranya.

“Acara peringatan tahun ini juga spesial, karena jatuh di hari Sabtu sehingga masyarakat cukup banyak yang hadir,” pungkas Nurul.

Baca Juga: HUT RI, Ratusan Warga Sungai Lulut Ikut Jalan Santai Berhadiah

Baca Juga: Meriahkan HUT RI ke-74, Polres Tapin Gelar Aneka Lomba

Baca Juga: VIDEO: Lomba Jukung Berlatar Jembatan Ambruk Meriahkan HUT RI ke-74

Baca Juga: Cara Jemaah Haji HST Peringati HUT RI ke-74 di Tanah Suci

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Dibayangi Pro-Kontra, Bupati Paser Dukung Pemindahan Ibu Kota
apahabar.com

Nasional

Dituding Dalang Kerusuhan ‘98, Wiranto Tantang Prabowo dan Kivlan Zen Sumpah Pocong

Nasional

Ketahui Kriteria Ibu Hamil yang Boleh Divaksin Covid-19

Nasional

Moeldoko Sebut Pemerintah Tidak Pernah Abaikan Kesejahteraan Buruh
apahabar.com

Nasional

Masuk Kakbah, Jemaah Serukan Nama ‘Jokowi’
apahabar.com

Nasional

Jokowi Sebut Teladan Nabi, Tuntunan Membangun Indonesia Maju
apahabar.com

Nasional

Miris! CSR Arutmin Hanya Sumbang 20 Dus Mi Instan untuk Korban Banjir Satui
HIPMI

Nasional

HIPMI dan Jatim AKSI Vaksinasi 10.000 Warga Pesisir Gresik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com