apahabar.com
Pelatih Barito Putera, Yunan Helmi. Foto-Instagram

apahabar.com, MAKASSAR – Sehari jelang laga melawan PSM Makassar di Stadion Andy Mattallatta Mattoangin, Makassar, besok, pelatih Barito Putera Yunan Helmi mengungkapkan targetnya. Ia pun sudah menganalisis seperti apa kekuatan dan kelemahan tim Ayam Jantan Timur itu.

Barito menghadapi tuan rumah di pekan ke-14 Shopee Liga 1 2019 dengan berbekal kekalahan 2-4 dari Tira Persikabo. Meski demikian, kekalahan itu jadi pelajaran menghadapi laga nanti yang akan digelar besok sore.

Meski tak menjelaskan secara gamblang, namun Yunan memastikan jika Barito telah siap menghadapi laga itu.

“Yang pasti Barito Putera sudah menyiapkan diri untuk menghadapi laga ini. Karena memang dari kemarin melawan Tira Persikabo mendapatkan hasil kurang nyaman buat kami, pastinya kami cepat berbenah. Mudah-mudahan apa yang kami lakukan juga mendapatkan hasil yang bagus,” kata Yunan membuka sesi jumpa pers jelang laga melawan PSM melalui kiriman rekan wartawan apahabar.com di sana, Selasa (13/8).

Pasca kebobolan 4 gol dari Tira, evaluasi sudah. Tidak hanya soal pembenahan tiap individu, tapi juga tim secara keseluruhan. “Ketika Barito kemarin banyak kebobolan dan tentunya itu harus kami benahi. Nantinya seperti disiplin kemudian mental untuk bertahan dari seluruh tim juga kita tingkatkan,” paparnya.

Disinggung mengenai dua pertemuan musim lalu, Yunan sendiri mengaku sudah melihatnya. Namun bukan jadi patokan dari analisanya. Pasalnya PSM dan Barito sekarang sudah berubah.

“Di dua laga musim pertandingan sebelumnya, itu jadi catatan juga buat kami, tentunya mudah-mudahan juga harapannya sama dengan tahun kemarin. Saya berpikir mana tim yang siap yang bisa memetik hasil bagus,” jelasnya.

Dari dua pertemuan sebelumnya, Barito sukses mengemas 4 poin berkat hasil sekali imbang dan menang. Tepatnya 16 April 2018, saat bermain di Stadion 17 Mei, Barito sukses menang 2-1, kemudian imbang 1-1 di Makassar.

“Pastinya setiap menghadapi pertandingan, semua tim melakukan persiapan ya, baik PSM maupun Barito mau turun full tim atau tidak, pasti sudah memiliki rencana untuk dipertandingan nanti,” papar Yunan.

“Kami hanya fokus kepada tim sendiri, mudah-mudahan apa yang kami praktekkan dapat berjalan sesuai dengan rencana. Pasti kita akan berusaha sekuat mungkin untuk meraih poin di sini,” pungkas Yunan.

Menemani Yunan jumpa pers, Dandi Maulana mengaku bersyukur dipercaya tampil untuk laga besok.

“Mungkin persiapan kami sudah matang juga, dan coach sudah memberikan strategi untuk menghadapi pertandingan besok. Ini juga suatu kebanggaan saya diberikan kepercayaan untuk bermain besok melawan tim yang habis juara (Piala Indonesia) Itu motivasi saya untuk memenangkan pertandingan besok,” kata Dandi.

“Kalau menurut saya tidak ada strategi khusus. Cuma sebelum pertandingan, kami ada analisis tim, jadi coach memberi tahu tentang kelebihan dan kekurangan lawan. Jadi saya berpikir bagaimana saya bisa menghentikan koordinasi lawan,” paparnya panjang lebar.

Menjamu Barito, tuan rumah PSM sendiri berbekal dengan kekalahan dari Borneo FC, 1-2. Meski demikian, di kandang sendiri mereka selalu tampil perkasa, tanpa kekalahan.

Terakhir, mereka sukses merengkuh gelar Piala Indonesia 2019 dengan menumbangkan juara bertahan Liga 1 2019, Persija, 2-0.

Baca Juga: Yoo Jae Hoon dan Bahtiar Pergi, Hasnur Siap Umumkan Pemain Baru

Baca Juga: The Maczman Banjarbaru Optimis PSM Makassar Tekuk Barito 3-0 Besok

Baca Juga: Hadapi PSM dan Arema, Barito Boyong 20 Pemain

Reporter: Fathurrahman
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin