Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah Pembelajaran Tatap Muka SMP di Banjarmasin Siap Dibuka, Catat Bulannya VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat

Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Mulai Pulang 20 Agustus

- Apahabar.com Senin, 19 Agustus 2019 - 06:15 WIB

Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Mulai Pulang 20 Agustus

Usai menunaikan ibadah haji, jemaah kini bersiap untuk pulang. Foto-Republika

apahabar.com, BANJARMASIN – Usai menunaikan ibadah haji, jemaah kini bersiap untuk balik ke kampung halaman. Untuk jemaah haji embarkasi Banjarmasin dijadwalkan balik mulai 20 Agustus 2019 dari Bandara King Abdul Aziz, Mekkah menuju Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

Kabid Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Matnor menjelaskan, kloter pertama jemaah haji Embarkasi Banjarmasin yang akan tiba berasal dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kota Banjarmasin.

“Jadwal keberangkatan kloter pertama pada pukul 00.00 waktu Arab Saudi, diperkirakan sampai ke Tanah Air pukul 16.00 WITA pada 20 Agustus 2019,” katanya.

Sejauh ini, kata dia, para jamaah haji yang akan dipulangkan tersebut sudah mulai bersiap-siap, karena sudah selesai melaksanakan segala proses rukun dan wajib haji.

“Mereka saat ini banyak ziarah dan istirahat untuk memulihkan stamina, karena melaksanakan ibadah yang cukup memakan tenaga,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan laporan pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah saat ini, jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat  berjumlah tiga orang, ditambah satu lagi saat hendak diberangkatkan, hingga totalnya empat orang.

Yang terakhir wafat adalah Darmawi Antar Taip (76) dari kloter 13 asal Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng) pada 12 Agustus 2019 di tempat Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah Arab Saudi.

Kemudian jamaah haji asal Banjarmasin bernama Siti Hawariyah Utuh Hasan (93) dari kloter 19 usai melaksanakan wukuf di Arafah.

Selanjutnya jamaah haji Kloter 5 dari Kabupaten Tabalong bernama Nasram Saleh Saat bin Saleh (62) juga wafat di Mekkah dan satu jamaah wafat sebelum diberangkatkan.

Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan jamaah haji yang tergabung di 19 kloter sejak 8 Juli hingga 5 Agustus 2019 ke Tanah Suci dengan jumlah 6.112 orang.

Jamaah yang sudah diberangkatkan itu sebanyak 4.172 orang asal Kalimantan Selatan yang terbagi dalam 13 kloter dan sebanyak 1.940 orang asal Kalimantan Tengah yang terbagi dalam enam kloter.

Baca Juga: Selamat Datang Jemaah Haji! Kloter Pertama Disambut Tim Kemenkes

Baca Juga: Jemaah Haji Pulang, Menag: Jaga Kemabruran

Sumber: Antara
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

VIDEO: Nyawa Menantu Melayang di Tangan Mertua
apahabar.com

Kalsel

Warga Kecewa, Aparatur Desa Baroqah Tidak Mengantor Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Kabar Terbaru 2 Positif Corona di Banjarmasin yang Karantina Diri Mandiri
apahabar.com

Kalsel

Mulai Hari Ini, BPN Kalsel Berlakukan Layanan Hak Tanggungan Elektronik
Vihara Budha Sasana Pelaihari Siap Sambut Imlek Besok

Kalsel

Vihara Budha Sasana Pelaihari Siap Sambut Imlek Besok
apahabar.com

Kalsel

43 Paskibra Balangan Siap Kibarkan Merah Putih  
apahabar.com

Kalsel

Tiga Lembaga Hukum Balangan Sepakat Wujudkan Wilayah Bebas Korupsi
apahabar.com

Kalsel

Kapolda Kalsel Keluarkan Maklumat Cegah Karhutla, Sanksi Hingga Rp 15 Miliar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com