Update Covid RI 15 Oktober, Kalsel Sembilan Terbawah, Jakarta Teratas PDIP Pamer Jago Capres 2024: Puan, Ganjar hingga Mardani H Maming KPK Tinggalkan Markas Brimob Tabalong, Penyidikan Berlanjut Acil Pasar Terapung Siap-Siap, Siring Piere Tendean Bakal Dibuka Lagi! OTT Amuntai, Enam Mobil Tiba di Brimob Tabalong

Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Mulai Pulang 20 Agustus

- Apahabar.com     Senin, 19 Agustus 2019 - 06:15 WITA

Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Mulai Pulang 20 Agustus

Usai menunaikan ibadah haji, jemaah kini bersiap untuk pulang. Foto-Republika

apahabar.com, BANJARMASIN – Usai menunaikan ibadah haji, jemaah kini bersiap untuk balik ke kampung halaman. Untuk jemaah haji embarkasi Banjarmasin dijadwalkan balik mulai 20 Agustus 2019 dari Bandara King Abdul Aziz, Mekkah menuju Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

Kabid Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Matnor menjelaskan, kloter pertama jemaah haji Embarkasi Banjarmasin yang akan tiba berasal dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kota Banjarmasin.

“Jadwal keberangkatan kloter pertama pada pukul 00.00 waktu Arab Saudi, diperkirakan sampai ke Tanah Air pukul 16.00 WITA pada 20 Agustus 2019,” katanya.

Sejauh ini, kata dia, para jamaah haji yang akan dipulangkan tersebut sudah mulai bersiap-siap, karena sudah selesai melaksanakan segala proses rukun dan wajib haji.

“Mereka saat ini banyak ziarah dan istirahat untuk memulihkan stamina, karena melaksanakan ibadah yang cukup memakan tenaga,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan laporan pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah saat ini, jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat  berjumlah tiga orang, ditambah satu lagi saat hendak diberangkatkan, hingga totalnya empat orang.

Yang terakhir wafat adalah Darmawi Antar Taip (76) dari kloter 13 asal Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng) pada 12 Agustus 2019 di tempat Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah Arab Saudi.

Kemudian jamaah haji asal Banjarmasin bernama Siti Hawariyah Utuh Hasan (93) dari kloter 19 usai melaksanakan wukuf di Arafah.

Selanjutnya jamaah haji Kloter 5 dari Kabupaten Tabalong bernama Nasram Saleh Saat bin Saleh (62) juga wafat di Mekkah dan satu jamaah wafat sebelum diberangkatkan.

Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan jamaah haji yang tergabung di 19 kloter sejak 8 Juli hingga 5 Agustus 2019 ke Tanah Suci dengan jumlah 6.112 orang.

Jamaah yang sudah diberangkatkan itu sebanyak 4.172 orang asal Kalimantan Selatan yang terbagi dalam 13 kloter dan sebanyak 1.940 orang asal Kalimantan Tengah yang terbagi dalam enam kloter.

Baca Juga: Selamat Datang Jemaah Haji! Kloter Pertama Disambut Tim Kemenkes

Baca Juga: Jemaah Haji Pulang, Menag: Jaga Kemabruran

Sumber: Antara
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Menanam Kesadaran Tertib Berlalu Lintas Sejak Dini
apahabar.com

Kalsel

Menpora Tantang Tour de Batola
apahabar.com

Kalsel

Korban Disambar Buaya di Tanbu Ditemukan Tewas
apahabar.com

Kalsel

Resmi, Pekapuran Raya-Pemurus Dalam Zona Hitam Covid-19!
apahabar.com

Kalsel

Penurunan Signifikan Hotspot di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Walikota Banjarbaru Tegaskan ASN Tidak Mudik
apahabar.com

Kalsel

Adaro Spectrapreuner Berhasil Ciptakan UMKM Mandiri
apahabar.com

Kalsel

Cegah Balapan Liar, Polsek Banjarbaru Timur Gelar Patroli Sore 
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com