Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru Kena PHP, Buruh Tebar Ancaman ke Wakil Rakyat Kalsel di Senayan Daftar Lengkap 64 Link Pengumuman CPNS 2019, sscn.bkn.go.id & Berkas Online yang Harus Disiapkan! Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru

Kapolda Kalsel: Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Jadi Fokus Utama!

- Apahabar.com Senin, 12 Agustus 2019 - 14:59 WIB

Kapolda Kalsel: Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Jadi Fokus Utama!

Kapolda Kalsel, Irjen Pol Yazid Fanani saat memipin apel pagi personil di Lapangan Mapolda Kalsel. Foto - Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Kalimantan Selatan (Kalsel) memberikan atensi lebih terhadap masifnya kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Banua. Khususnya pada musim kemarau panjang sekarang ini.

“Antisipasi dan penanganan karhutla di Kalsel dan daerah lainnya merupakan tanggung jawab bersama,” ucap Kapolda Kalsel, Irjen Pol Yazid Fanani di sela memimpin apel pagi personil di Lapangan Mapolda Kalsel, Senin (12/08).

Menurutnya, kebakaran lahan yang terjadi sangat berdampak terhadap kehidupan manusia. Terutama terhadap anak-anak dan hilangnya keragaman hayati.

Bukan hanya itu, juga terganggunya aktivitas ekonomi karena terjadinya pembatalan penerbangan, baik internasional maupun domestik. Fenomena itu terjadi hampir di sebagian pulau besar Indonesia khususnya Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

“Kita mengetahui bahwa Kalsel memiliki kondisi geografis yang sangat luas. Terimakasih pula lahan perkebunan dan pertanian. Ditambah adanya hamparan lahan gambut, sehingga menjadi tanggung jawab semua pihak untuk saling mengingatkan agar kembali siaga dan tanggap terhadap kemungkinan terjadinya karhutla. Salah satunya tidak membakar lahan,” katanya.

Menurut Jenderal bintang dua tersebut, TNI-Polri telah melakukan langkah-langkah konkret dalam melakukan penanggulangan karhutla. Dengan mengedepankan personil-personil Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta Kades atau Lurah sebagai kekuatan tiga pilar yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Ketiganya diberdayakan secara intensif untuk membangun pemahaman dan kesadaran masyarakat akan bahaya serta dampak karhutla,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda menerangkan bahwa saat ini Kalsel dihadapkan kepada dinamika tantangan yang berulang. Menurutnya, jangan dianggap sebagai rutinitas, melainkan dijadikan tantangan baru dalam pelaksanaan tugas.

“Selain berita Hoaks yang masih sering terjadi, penanggulangan karhutla harus menjadi perhatian kita bersama. Upaya pencegahan, penanggulangan dan penegakan hukum harus terus di tegakkan. Semua itu merupakan esensi penting yang harus kita hadapi bersama stakeholder lainnya, sehingga kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi lagi di wilayah kita,” tandasnya.

apahabar.com

Sejumlah personil kepolisian Polda Kalsel mengikuti apel pagi di Lapangan Mapolda Kalsel. Foto-Istimewa

Baca Juga: Per Agustus 2019, Luas Kawasan Hutan dan Lahan Terbakar di Kalsel Mencapai 705,28 Hektar!

Baca Juga: BMKG: Lahan dan Hutan di Kalteng Rawan Terbakar

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Peringati Hari Jadi Polwan, Polwan Polda Kalsel Bagi-bagi Sembako
apahabar.com

Kalsel

Hari Ini Puluhan Pengendara Terjaring Razia di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Guru Kapuh Ajak Warga Binaan Rutan Kandangan Cinta Rasullullah dan Wali Allah
apahabar.com

Kalsel

Ada SD tak Mampu Penuhi Kuota Siswa, Disdik Diminta Melek
apahabar.com

Kalsel

Juara Kampung Tangguh, Tiga Desa Raih Hadiah Total Puluhan Juta Rupiah
apahabar.com

Kalsel

Langgar Protokol Covid-19 di Banjarmasin, Siap-Siap Kena Sanksi
apahabar.com

Kalsel

Jasad di Jembatan Dewi, Motif Pembunuhan Dipicu Miras
apahabar.com

Kalsel

Rapid Tes Calon PPDP, KPUD Tabalong: 30 Orang Dinyatakan Reaktif
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com