2021, Kemenhub Kaji Wacana Pembangunan Bandara di Barabai HST Kalsel Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan

Kelurahan Jawa Gelar Pelatihan Membuat Kue Kekinian

- Apahabar.com Kamis, 8 Agustus 2019 - 13:35 WIB

Kelurahan Jawa Gelar Pelatihan Membuat Kue Kekinian

Ibu Camat, Siti Kalsum saat sedang memberikan arahan kepada ibu-ibu dan uga kaum millennial untuk membuat kue kekinian. Foto-apahabar.com/AHC 15

apahabar.com, MARTAPURA – Kelurahan Jawa, Kecamatan Martapura Kota, Kabupaten Banjar menggelar pelatihan memasak untuk ibu-ibu dan para kaum millenial yang langsung dilatih oleh Istri Camat Martapura Kota, Siti Kalsum, Kamis (8/8/2019).

Pada kesempatan tersebut, Lurah Jawa, Hathayerin menyampaikan, pihaknya menggelar pelatihan tersebut dengan menggunakan dana kelurahan, sehingga peserta yang ikut tidak dipungut biaya.

“Kita disini tidak hanya berfokus kepada ibu rumah tangga, tapi (juga) kepada kaum millenial,” ujarnya.

Pelatih sekaligus istri camat Martapura Kota, Siti Kalsum mengungkapkan pelatihan tersebut lebih mengarah pada pembuatan kue kekinian, yakni Naget Pisang.

“Jika kue Banjar mereka sebenarnya sudah bisa, cuman kan seperti itu saja. Intinya pelatihan ini adalah pembuatan, penghiasan, dan bagaimana cara pemasarannya,” ungkap Siti Kalsum.

Siti Kalsum mengharapkan agar ilmu yang disampaikannya tidak sampai di pelatihan saja, tapi diterapkan di kehidupan.

“Bahan yang kita gunakan untuk membuat kue ini juga murah meriah (pisang). karena pisang jika sudah terlalu matang kebiasaannya dibuang, jadi saya mengasih tau ke mereka, pisang yang sudah terlalu matang juga bisa kita jadikan makanan yang bergizi dan enak,” ucapnya.

Pembuatan kue kekinian tersebut, tidak sulit dan juga tidak memakan waktu lama. Dalam pembuatan tersebut hanya memakan waktu 30 menit dan sudah siapa untuk disajikan.

“Pembuatan kue kekinian ini paling kita hanya menghancur pisangnya, terus kita tambahkan sedikit gula, karena kan sudah manis, baru ditambah keju, lalu dikukus. Setelah dikukus baru kita potong dan siap digoreng,” bebernya.

Siti Kalsum menyampaikan kenapa dirinya memilih bahan pisang untuk pelatihan kali ini, karena pisang adalah bahan yang sangat mudah dijumpai, bahkan pisang tidak memiliki musim.

“Jika ibu menggunakan, ubi ada musimnya, kalau pisang kapan saja kita ada pisang ini,” ujarnya.

Selain itu, dirinya mengatakan jika peserta yang mengikuti pelatihan kali ini tidak untuk usaha, setidaknya mereka bisa membuat makanan sehat untuk keluarganya.

Baca Juga: Buah Tangan Kue Cincin dari Kota Apam

Baca Juga: Mengintip Dapur Kue Lam Bakar Syarifah Khas Barabai

Reporter: AHC 15
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kabar Kalsel Hari Ini: Tambah 9 Positif dan 2 Sembuh dari Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Kecelakaan Maut di Batola, Mahasiswi Banjarmasin Tewas
apahabar.com

Kalsel

Dapur Umum Diperpanjang, Korban Alalak Butuh Uluran Tangan
apahabar.com

Kalsel

Tak Kuat Menanjak, Truk ‘Jumping’ Bikin Lalu Lintas Tersendat

Kalsel

Barista Banua Akui Geliat UMKM Muncul di Era Jokowi
apahabar.com

Kalsel

Dandim 1007/Banjarmasin Kunjungi Guru Zuhdi
apahabar.com

Kalsel

Awalnya Garang, Penodong Leher Petugas KPH Kotabaru Ciut Setelah Diborgol
apahabar.com

Kalsel

Catatan Simulasi Satu Arah Jalan Piere Tendean
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com