Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Ketua DPRD Barut Kali Ini Jatah Partai Demokrat

- Apahabar.com Jumat, 2 Agustus 2019 - 18:03 WIB

Ketua DPRD Barut Kali Ini Jatah Partai Demokrat

Ilustrasi. Foto-Jabar Ekpres

apahabar.com, MUARA TEWEH – Partai Demokrat mampu menggeser posisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah.

Karena mampu menempatkan 5 kader di DPRD Barut, Partai Demokrat dipastikan mendapat jatah Ketua DPRD Barut.

Hasil Pemilu Legislatif 17 April 2019 lalu, Partai Demokrat meraih 5 kursi, disusul PDIP dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masing-masing 4 kursi. Sementara PPP 3 kursi, Nasdem 2 kursi, kemudian PKS, PAN, Golkar dan Partai Hanura masing-masing dapat 1 kursi.

Pada periode 2014 – 2019 lalu tampuk Ketua DPRD Barut ditempati kader PDIP dengan perolehan  6 kursi, Demokrat 4 kursi dan duduk sebagai wakil ketua 1, kemudian PAN dengan 3 kursi,  duduk di kursi wakil ketua II,

Kini komposisi itu berubah, Partai Demokrat dapat jatah ketua, PKB dan PDIP duduk sebagai wakil I dan II.

Selain itu pula ada 9 wajah baru bakal menghiasi DPRD Kabupaten Barut periode 2019-2024. Terbanyak legislator anyar berasal dari PKB, yakni 3 orang.

Mungkin ini menandakan PKB sukses dalam regenerasi kader politik, sekaligus mencapai hasil signifikan, dari dua kursi menjadi empat kursi, sehingga berhak mendudukkan kadernya sebagai Wakil Ketua I DPRD Barito Utara.

Tiga muka baru asal PKB adalah Permana Setiawan (Dapil I), Suhendra (Dapil III), dan Benny Siswanto (Dapil IV). Satunya lagi, Sinaryati merupakan petahana yang terpilih kembali di dapil II.

Sedangkan enam caleg terpilih lainnya adalah Iqbal Reza Erlanda dan Riza Faisal (Demokrat), Edi Fran Aji dan Nety Herawati (Nasdem), Muhammad Haris Fitriadi (Gerindra), dan Nuriyanto (PPP).

“25 nama yang telah ditetapkan dalam rapat pleno penetapan dan akan diteruskan kepada Gubernur Kalteng melalui Bupati Barut untuk ditetapkan dan dilantik sebagai anggota DPRD masa bakti 2019-2024,” kata Ketua KPU Barito Utara Malik Muliawan.

Jika dilihat dari asal daerah pemilihan, caleg terpilih yang baru kebanyakan berasal dari Dapil Barut IV, Kecamatan Teweh Selatan dan Teweh Baru, yakni lima orang.

Baca Juga: Resmi Jabat Sekda Banjar, Intip Pesan Guru Khalil ke Hilman

Baca Juga: Jabat Sekda Banjar, Percepatan Pembangunan Jadi Atensi M Hilman

Reporter: AHC17
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Kapuas Perpanjang Masa Status Tanggap Darurat Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Covid-19 di Kalteng Kembali Melonjak, Sudah 60 Orang Positif
apahabar.com

Kalteng

Miliki Navigasi Tangani Covid-19, Letjen Doni Apresiasi Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Hari Ketiga Operasi Zebra Telabang, Satlantas Jerat 91 Pelanggar
apahabar.com

Kalteng

2 Pasien Covid-19 di Kalteng Sembuh
apahabar.com

Kalteng

Ini Harapan Masyarakat Adat Kalteng Terhadap Ibu Kota Baru
apahabar.com

Kalteng

Satgas Covid-19 IDI Kalteng Terharu Terima Donasi BI
apahabar.com

Kalteng

Tingkatkan Produksi Padi, Dinas Pertanian Barut Perbaiki Jaringan Irigasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com