Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru Kena PHP, Buruh Tebar Ancaman ke Wakil Rakyat Kalsel di Senayan

Kodim 1002 Beri Wawasan Kebangsaan pada Siswa SMKN Barabai

- Apahabar.com Selasa, 6 Agustus 2019 - 08:37 WIB

Kodim 1002 Beri Wawasan Kebangsaan pada Siswa SMKN Barabai

Pasi Pers Kodim 1002 Barabai, Kapten Inf Rudi Hartono memberikan materi wawasan kebangsaan kepada ratusan siswa SMKN 2 Barabai, Senin (5/8). Foto-Maskuri for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Siswa SMKN 2 Barabai mendapatkan Pendidikan Karakter Bela Negara (PKBN) dari Kodim 1002 Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) pada Senin (5/8/2019). Para peserta PKBN itu wawasan kebangsaan tentang kesadaran berbangsa dan bernegara.

Dalam kesempatan itu, Pasi Pers Kodim, Kapten Rudi Hartono menyampaikan, sebagai generasi penerus bangsa, harus mampu menyaring budaya asing yang masuk ke negara Indonesia.

“Jangan sampai kalian menghancurkan masa depan dengan hal-hal yang tidak bermanfaat.” kata Rudi saat memberikan materi wawasan kebangsaan pada peserta Pendidikan Karakter Bela Negara (PKBN) yakni, SMKN 2 Barabai.

Negara ini kata Rudi, suatu organisasi, sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang bersama-sama mendiami satu wilayah tertentu.  Serta mengakui adanya pemerintahan yang mengurus tata tertib serta keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia tersebut.

Konsep bernegara, terang Rudi, merupakan kesadaran individu yang mempunyai kepentingan dan menyatakan diri sebagai satu bangsa di dalam satu wilayah Indonesia.

Sedangkan Pancasila merupakan paham yang didasarkan atas kesadaran kebangsaan yang kuat. Esensi nilai-nilainya religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan serta mampu untuk membela tanah air yang kita cintai.

Keragaman dalam satu kesatuan NKRI menyatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang terdiri dari suku bangsa, ras, bahasa, tapak budaya penduduk yang mendiami pulau di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Keragaman harus menjadi kekuatan untuk bisa mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Nasional dalam bingkai NKRI,” tegas Rudi.

Pada kesempatan itu, Rudi pun memaparkan bahaya narkoba. Selain mengakibatkan hancurnya masa depan generasi muda, juga bisa memecah persatuan bangsa.

Baca Juga: Hipmikindo Kalsel Dorong UMKM Lewat Wawasan Kebangsaan

Baca Juga: Menambah Wawasan Pola Asuh Anak Dharma Wanita HSS

Reporter HN Lazuardi
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Nekat Tak Pakai Masker, Warga Banjarmasin Bakal Disanksi Berat
apahabar.com

Kalsel

Warganet Desak Polisi Usut Akun IG @Riskii25 Penghina Guru Sekumpul dan 4 Ulama Besar Kalimantan di Medsos
apahabar.com

Kalsel

Hari Pertama Masa Tenang, Bawaslu Tapin Sapu Bersih Atribut Kampanye
apahabar.com

Kalsel

Sembunyi di Kebun, Terduga Penculik Anak di Tanah Bumbu Dibekuk
apahabar.com

Kalsel

Diteror Kabut Asap, Pemkab Balangan Sebar Ribuan Masker Gratis
apahabar.com

Kalsel

Pemudik di Bandara Syamsudin Noor Banyak Darah Tinggi
apahabar.com

Kalsel

SMAN 1 Juai Balangan Laksanakan Kegiatan PLS dan PSB untuk Siswa Baru
apahabar.com

Kalsel

April, SMP di Tanah Bumbu Berbasis Komputer
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com