Tim Macan Kalsel Gerebek Wanita Buronan Kasus Penggelapan Kapal Indef: Setahun Jokowi-Ma’ruf Amin ULN Melonjak, Setiap Penduduk Warisi Utang Rp 20,5 juta Demo di Pelaihari Berbuntut Laporan Polisi, Sekda Tala Minta Maaf Harga Tiket Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin Turun, Simak Daftar Lengkapnya Kedai Terapung, Unggulan Wisata Baru di Barito Kuala

Kotawaringin Timur Terimbas Jika Kalteng Ibu Kota Negara

- Apahabar.com Selasa, 20 Agustus 2019 - 05:15 WIB

Kotawaringin Timur Terimbas Jika Kalteng Ibu Kota Negara

Presiden Joko Widodo saat berjalan di kawasan hutan untuk meninjau salah satu lokasi calon ibu kota negara di Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Foto-Antara

apahabar.com, SAMPIT – Dukungan wacana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Tengah (Kalteng) terus bergema hingga di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Diyakini jika ibu kota negara pindah ke Kalteng, Kotawaringin Timur akan kena imbas positif.

“Jika betul Kalteng dipilih menjadi ibu kota negara, maka peran strategis Kotawaringin Timur sebagai gerbang ekonomi, khususnya salah satu pintu masuk perdagangan, akan semakin besar. Ini tentunya akan berdampak positif untuk percepatan pembangunan di wilayah Kotawaringin Timur,” kata anggota DPRD Kotawaringin Timur Riskon Fabiansyah.

Seperti diketahui, Kalimantan Tengah menjadi salah satu kandidat lokasi pemindahan ibu kota negara.

Bahkan belum lama ini Presiden Joko Widodo dan jajarannya sudah meninjau sejumlah titik di Kabupaten Gunung Mas yang untuk melihat secara langsung kondisi di lapangan dan memetakan kawasan yang dicadangkan menjadi lokasi pemindahan ibu kota.

Saat Pidato Kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Jumat (16/8), presiden secara terbuka menyampaikan sekaligus meminta izin rencana pemindahan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan.

Meski presiden belum menyebut provinsi mana yang dipilih, namun pernyataan itu semakin menguatkan peluang ibu kota negara dipindah ke Kalimantan Tengah. Tidak berlebihan pula jika hal itu disikapi oleh pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota di Kalimantan Tengah.

Selama ini, Kotawaringin Timur memiliki peran sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah, khususnya melalui aktivitas pelabuhan laut dan bandaranya. Jika Kalimantan Tengah menjadi ibu kota negara, maka aktivitas ekonomi di Kotawaringin Timur dipastikan akan meningkat tajam dan akan berimbas positif terhadap sektor lain seperti pariwisata, jasa dan lainnya.

“Tetapi kita juga jangan lupa mempersiapkan sumber daya manusia yang siap bersaing, karena tidak bisa dipungkiri jika pemindahan ibu kota akan menyebabkan meningkatnya para pendatang. Jangan sampai nanti timbul masalah kesenjangan sosial,” kata Riskon atau akrab disapa Eko Syailendra.

Politisi muda Partai Golkar ini mengaku sangat mendukung pemindahan ibu kota ke Kalimantan Tengah. Langkah itu akan mempercepat pemerataan pembangunan yang saat ini terkesan terfokus di Pulau Jawa, sehingga di wilayah tengah dan timur akan semakin cepat dan merata.

Antusias serupa juga diungkapkan Bupati H Supian Hadi. Dia sangat yakin pemindahan ibu kota ke Kalimantan Tengah akan membawa dampak besar, tidak hanya bagi kabupaten dan kota di provinsi, tetapi Kalimantan secara umum.

“Terlebih bagi Kotawaringin Timur, tentunya dampak ekonominya akan sangat besar. Peran daerah ini sebagai pintu gerbang ekonomi Kalimantan Tengah akan semakin besar. Saya yakin Kotawaringin Timur akan semakin maju dan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat,” kata Supian.

Dia mengajak masyarakat terus meningkatkan kemampuan diri sehingga mampu bersaing dalam peluang kerja dan usaha. Pemerintah daerah juga terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia dan membekali masyarakat dengan menggelar berbagai pelatihan keterampilan kerja dan pengetahuan lainnya.

Baca Juga: Andai Ibu Kota ke Kalimantan, Repnas: Kalsel Berpotensi Kembangkan Wisata Religi

Baca Juga: Gubernur Se-Kalimantan Kumpul di Balikpapan, Bahas Ibu Kota?

Baca Juga: Seandainya Kaltim Ibu Kota Negara, Pengamat: Investasi di Kalsel akan Meningkat!

Baca Juga: Ibu Kota Pindah, Kalbar Klaim Paling Diuntungkan

Baca Juga: Prabowo Subianto Soal Ibu Kota Pindah ke Kalimantan

Baca Juga: Ibu Kota, Lautan Asap, dan Cakar Pertambangan

Baca Juga: Dibayangi Pro-Kontra, Bupati Paser Dukung Pemindahan Ibu Kota

Sumber: Antara
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Polresta Palangka Raya Panen Perdana Hasil Perkebunan Sendiri

Kalteng

Asyik Gosok Gigi, Nenek di Kalteng Disambar Buaya
apahabar.com

Kalteng

Kabut Asap Semakin Tebal, BPBD Barut Bagikan 10 Ribu Masker
apahabar.com

Kalteng

Satu Pasien Suspect dari Barut Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Dear Warga Kobar Kalteng, Biaya Rapid Tes Kini Turun Drastis
apahabar.com

Kalteng

2 Pasien Covid-19 di Kalteng Sembuh
apahabar.com

Kalteng

Pemkab Barut Izinkan Warga Beribadah Berjemaah, Termasuk Salat Id
apahabar.com

Kalteng

Kalteng Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com