Dikira Diare, Wakil Gubernur Kalbar Ternyata Positif Covid-19 Disergap Timsus di Kotabaru, Simak Sepak Terjang Buronan Korupsi Kejagung RI Bank Data Pilkada Kalsel 2020: 1 Pilgub, 2 Pilwali, 5 Pilbup, Peta Kekuatan 24 Paslon Enam Bulan Pandemi Corona di Kalsel, ICU dan Ruang Isolasi Makin Sesak Resmi, Sandiaga Uno Dukung Cuncung-Alpiya di Pilbup Tanbu 2020

Lestarikan Kain Sasirangan, Utuh dan Aluh Terpilih Punya Tugas Itu

- Apahabar.com Minggu, 25 Agustus 2019 - 15:20 WIB

Lestarikan Kain Sasirangan, Utuh dan Aluh Terpilih Punya Tugas Itu

Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Grand Final Utuh dan Aluh Sasirangan 2019 yang dilaksanakan di Hotel Aria Barito, Banjarmasin, diikuti empat belas orang finalis, yang terdiri 7 orang laki-laki (Utuh) dan 7 orang perempuan (Aluh).

Sebelumnya, jumlah seluruh peserta kegiatan yang dilaksanakan Yayasan Pencinta Sasirangan (YPS) itu berjumlah 106 orang. Setelah dilakukan penyaringan, terpilihlah 14 orang finalis yang masuk dalam malam grand final.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, dengan adanya kegiatan tersebut, selain dapat mempertahankan budaya dan kearifan lokal, secara tidak langsung juga bisa memperkenalkan kain sasirangan kepada khalayak dunia.

Terlebih, lanjutnya, kain yang dulunya khusus dipakai kaum bangsawan Banjar itu, kini semakin banyak motif dan coraknya, sehingga kian diminati semua kalangan.

“Saya kira tidak salah rasanya kalau kemudian kain sasirangan mendunia, dan saat ini berbagai macam inovasi dan kreativitas dilakukan untuk melestarikan kain sasirangan. Mudah-mudahan kain sasirangan tetap lestari sebagai salah satu warisan budaya yang harus kita jaga,” ujarnya, saat menyampaikan sambutannya.

Tak lama lagi Kota Banjarmasin akan berusia 493 tahun. Di peringatan hari jadinya nanti, kata Ibnu, Kota Banjarmasin akan kedatangan tamu sebanyak 491 orang kepala daerah, yang tergabung dalam Organisasi City Sanitation Summit (CSS).

Kesempatan tersebut, lanjutnya, bisa digunakan masyarakat kota ini untuk membuat souvenir dan cenderamata.

“Mudah-mudahan kedatangan tamu-tamu ini semakin banyak membawa kesejahteraan dan juga membawa semangat bagi kawan-kawan yang ikut membuat souvenir, oleh-oleh dan juga menjadi cendera mata bagi kawan-kawan kita yang hadir,” harapnya.

Sementara itu, Ketua YPS, Agus Sasirangan mengatakan, selain menyelenggarakan kegiatan Utuh dan Aluh Sasirangan, YPS juga bergerak dalam hal pelestarian,

mempromosikan dan juga mengembangkan kain sasirangan.

“Kain sasirangan itu merupakan warisan budaya daerah, jadi kalau bukan kita siapa lagi, kalau tidak sekarang kapan lagi,” ucapnya.

Di tahun 2019 ini, katanya, YPS berusia genap 6 tahun, dan seluruh pengurus YPS berkomitmen untuk terus belajar, berproses dan terus memberikan kontribusi dalam hal pelestarian kain sasirangan khas Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Semarak 74 Tahun Kemerdekaan RI, Pentas Seni Meriahkan HST

Baca Juga: Raih Prestasi Nasional, Pemerintah Daerah Belum Lirik Gapura Karya Warga Banjarmasin

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Busana Daur Ulang Semarakkan Banjarmasin Nite Karnaval
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Jelang HUT ke-493 Banjarmasin, Pemkot Gelar Sayembara Pembuatan Logo Hari Jadi
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Banjarmasin Expo 2019 Dibuka, Hermansyah Bangga Produk Banua Dikenal Luas
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Ramaikan Puncak Hari Jadi Banjarmasin, Intip Harapan Paman Birin
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Serunya “Night Ride” di Kota Banjarmasin
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Pengelolaan Sanitasi Kota Banjarmasin Terbaik di Indonesia
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Adu ‘Pingsut’ Meriahkan Harjad Banjarmasin ke-493
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Berkiblat pada Kewiraswastaan Baru, Kick Off Harjad Banjarmasin ke-493 Dimulai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com