apahabar.com
Gerbang memasuki Dusun Danau Canting di Desa Hinas Kiri Kecamatan BAT, HST. Foto-Indra KAT for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Republik Indonesia (RI), warga Pegunungan Meratus di Kecamatan Batang Alai Timur (BAT), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) masih mempersiapkan upacara pengibaran bendera merah putih.

Lokasinya akan dipusatkan di Desa Hinas Kiri Dusun Danau Canting.

Selain upacara, beberapa perlombaan juga akan memeriahkan HUT RI. Diantaranya lomba menyanyi lagu nasional dan permainan yang membangun kreativitas seperti cerdas cermat serta tarian khas Bakanjar yang akan memeriahkan HUT itu.

Baca Juga: Gapura Perumahan Kelapa Gading Keliru Pasang Tahun Kemerdekaan

Menariknya, warga akan menggunakan pakaian khas adat Meratus untuk penyelenggaraannya yakni, pakaian khas Balian.

Menurut Pendamping Komunitas Adat Terpencil (KAT) asal Riau, Pekanbaru utusan Kemensos RI, Indra Fironi, kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka pembinaan masyarakat terhadap rasa cinta akan tanah air, NKRI, Pancasila, dan UUD 45.

Selain itu, terpilihnya kegiatan itu di Danau Canting juga untuk mendongkrak pesona Meratus.

“Karena Desember ini di sini (Danau Canting) nantinya juga dijadikan lokasi peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN),” kata Indra.

Dari awal Agustus 2019 hingga sekarang warga bersama anggota KAT dan gabungan Mapala masih melakukan persiapan. Diantaranya memasang bendera, pengecatan pagar rumah, gotong royong membersihkan lokasi upacara serta latihan untuk petugas upacara nantinya.

“Semua dilakukan secara swadaya oleh warga. Pengerjaan hampir 100 persen. Tinggal mempersiapkan petugas-petugas pengibaran bendera lagi,” kata Indra.

Upacara HUT RI itu nantinya juga dihadiri dan disuport Mapala Redox STIE Banjarmasin, Organisasi Pencinta Alam Gabungan Anak Rimba Meratus Batang Alai Selatan (Garimbas) dan Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat.

apahabar.com
Warga Dusun Danau Canting tengah berlatih membaca Proklamsi Kemerdekaan RI. Foto-Indra KAT for apahabar.com

Jarak menuju Dusun Danau Canting di BAT ini, sekitar 50 km dari kota Barabai atau sekitar 1,5 jam. Hanya bisa menggunakan sepeda motor untuk sampai ke tujuan.

Jika Anda menggunakan kendaraan Roda 4, maka hanya sampai di Desa Kiyu. Sisanya jalan kaki menuju Danau Canting atau menggunakan jasa ojek warga sekitar.

Sebelum memasuki Dusun Danau Canting, Anda akan melihat gerbang bertuliskan Danau Canting yang merupakan singkatan dari Damai, Aman, Nyaman, Asri, Unggul. Cerdas, Agamis, Nasionalis, Tentram, Indah, Normatif, Gotong Royong.

Mata Anda juga akan dimanjakan dengan keindahan panorama alam. Hawa pegunungannya terasa sejuk dan air sungainya pun segar.

Deretan rumah KAT yang berjumlah 31 unit di atas bukit tersusun rapi dan bersih pun turut memanjakan mata Anda. Di tempat inilah nantinya HKSN 2019 Desmber nanti diselenggarakan.

Keramahan warga di sana pun terasa saat kita berkomunikasi dengan mereka.

apahabar.com
Deretan rumah KAT Dusun Danau Canting yang telah selesai dihiasi pagar dengan cat merah putih. Foto-Indra KAT for apahabar.com

Baca Juga: Tiba di Perbatasan Indonesia-Malaysia, Tim Touring Kemerdekaan Disambut Hangat Polsek Entikong

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Syarif