apahabar.com
Jamaah Haji Embarkasi Banjarmasin bersiap menuju Makkah untuk melaksankan Tawaf dan Sa’I untuk menyempurnakan kewajiban rangkaian ibadah haji. Foto-Muayyad for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Jemaah haji dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang tergabung dalam kloter 4, 9 dan 19 Embarkasi Banjarmasin saat ini sudah menuju Makkah, Rabu (14/8).

Laporan petugas kesehatan HST yang ditugaskan mendampingi jemaah, Hendra mengatakan, saat ini ada beberapa jemaah yang mengalami flu, batuk dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Usai Lempar Jumrah, Satu Jemaah Haji Barut Kesasar

Namun hal itu tidak begitu berarti karena ketersediaan obat untuk jamaah sangat cukup dan tim setiap saat selalu mendampingi.

Flu dan batuk serta tekanan darah tinggi, kata Hendra disebabkan cuaca panas disertai hujan yang begitu deras saat berada di Arafah dan Mina.

“Di samping karena faktor kelelahan, mengingat hampir setiap hari para jemaah harus jalan kaki dari kemah menuju palontaran yang berjarak kurang lebih 6 km pulang pergi,” jelas Hendra.

Dia bersama tim kesehatan selalu memonitor seluruh keadaan jemaah haji terlebih sewaktu berada di Arafah maupun di Mina guna memberikan pelayanan terbaik.

Sementara itu, Kasubbag Peliputan dan Publikasi Setda HST, Muayyad serta rombongan jemaah haji embarkasi Banjarmasin saat ini dalam perjalanan dari Mina menuju Makkah.

Mereka akan melaksanakan Tawaf dan Sa’I untuk menyempurnakan kewajiban rangkaian ibadah haji.

Jemaah haji mulai bergerak meninggalkan Mina setelah sebelumnya melaksanakan wukuf di Arafah, abit di Muzdhalifah dan bermalam di Mina guna melontar jumrah dari tanggal 10 hingga 13 Zulhijjah 1440 H.

“Jemaah haji asal HST juga mengambil Nafar Tsani dari 10 hingga 13 Zulhijjah.. Setelah itu baru melaksanakan tawaf ifadah dan sa’i di Makkah,” kata Muayyad melalui pesan WhatApp.

Baca Juga: Menag Minta Masyarakat Tak Tergiur Haji Ilegal

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Syarif