Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru Kena PHP, Buruh Tebar Ancaman ke Wakil Rakyat Kalsel di Senayan

Nah, ASN Bakal Boleh Kerja di Rumah

- Apahabar.com Kamis, 8 Agustus 2019 - 17:48 WIB

Nah, ASN Bakal Boleh Kerja di Rumah

Ilustrasi ASN. Foto-net.

apahabar.com, JAKARTA – Menjadi Aparatur Negara Sipil (ASN) memang jadi impian sebagian orang. Wajar, jika demikian mengingat gaji mereka selalu ada kenaikan.

Terbaru, pemerintah membuka wacara ASN ke depannya bisa kerja di rumah. Kementerian Pemberdaayaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi saat ini sedang mendesain sistem kerja ASN di kementerian dan lembaga, agar bisa meniru gaya perusahaan rintisan atau startup.

“Nanti akan bisa kerja dari rumah, tinggal ngatur aturannya kayak bagaimana,” kata Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja dalam Forum Merdeka Barat di Auditorium KemenPAN-RB dikutip dari detikcom, Kamis (8/8).

Dengan begitu ASN akan memiliki fleksibilitas kerja. Hal tersebut merupakan salah satu indikator birokrasi yang ditetapkan pihaknya.

Wanga membeberkan, data Global Talent Competitiveness Index di tahun 2018, Indonesia berada pada peringkat 77 dari 119 negara.

Skor terkecil yang didapat yakni pada poin global knowledge skills, terutama penguasaan IT. Oleh karenanya sejak 2014, rekrutmen Calon Pegawan Negri Sipil (CPNS) dilakukan dengan sistem IT.

Selain untuk efisiensi, rekrutmen dengan cara baru itu bertujuan agar mereka yang direkrut memahami IT. Diharapkan hal tersebut diterapkan dalam pekerjaan.

Sejak 2014-2018, jumlah rekrutmen CPNS mencapai 317.979 orang. Sejak pendaftaran mereka harus menggunakan sistem computerize.

Diharapkan di 2024, PNS kita memiliki basis IT yang cukup kuat karena jumlahnya akan 50 persen dari total PNS. “Dengan asumsi per tahun rekrutmen 200 ribu formasi,” ungkap Wangsa.

Ketika memiliki pemahaman mengenai pemanfaatan IT, pihaknya pun yakin akan terjadi percepatan, efisiensi, dan akurasi pelayanan, serta berdampak sosial. Oleh karenanya untuk posisi tertentu akan diberikan fleksibilitas kerja.

“Kami yakin mereka (ASN yang menguasai IT) adalah tulang punggung kita ke depan. Fleksibilitas kerja ini masuk dalam indikator birokrasi,” tegasnya.

Baca Juga: Naik Pangkat, ASN Pemprov Kalsel Wajib Tanam Pohon di TPA Banjarbakula

Baca Juga: Penegakan Sanksi Pelanggaran Netralitas ASN Masih Lemah

Sumber: detikcom
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Nasional

Pemerintah Indonesia Upayakan Pemerataan Penerima Vaksin Covid-19
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi Serahkan 6.000 Sertifikat Tanah
apahabar.com

Nasional

Lima Kapal Perang Indonesia Amankan Perairan Natuna
apahabar.com

Nasional

BJ Habibie Pergi, Wali Kota Banjarmasin Ikut Berduka
apahabar.com

Nasional

Berbekal Teori Matematika, Siswa SMA Jakarta Atasi Sampah via Aplikasi
apahabar.com

Kalsel

Jejak Pejuang Banjar Ratu Zaleha Melawan Belanda, Sempat Terasing di Bogor
apahabar.com

Nasional

Tanggapi Isu kebangkitan PKI, Jenderal (Purn) Agum Gumelar: Basi!
apahabar.com

Nasional

Opsi Reshuffle, Jokowi Peringatkan untuk Para Menteri Masih Kerja Biasa-biasa Saja
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com