Begal Sadis Mengintai Sopir Travel, Simak Imbauan Tim Macan Kalsel  Vonis Mati Pembawa Sabu Ratusan Kilo di Tabalong, Terdakwa Langsung Banding Dihantam Covid-19, Pajak Hiburan Kota Banjarmasin 0 Persen! Pembantaian Sekeluarga di Sigi Sulteng, TNI Terjunkan Pasukan Khusus Berjuang untuk Keluarga, Legimin Tetap Semangat Jualan Kerupuk di Tengah Pandemi

Paman Birin Minta Ramai-Ramai Kepung Titik Api

- Apahabar.com Selasa, 6 Agustus 2019 - 22:33 WIB

Paman Birin Minta Ramai-Ramai Kepung Titik Api

Ilustrasi. Foto-Republika

apahabar.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor berharap adanya keterlibatan banyak pihak dalam upaya penanggulangan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

Semua pihak diminta untuk terus mencari dan mengepung titik api sehingga tidak membesar seperti kejadian beberapa tahun lalu.

Saat bertemu Presiden Jokowi di Jakarta, Gubernur mengatakan pencegahan dan penanggulangan Karhutla sesungguhnya merupakan ikhtiar dengan melibatkan masyarakat.

“Pola pikir lama terkait penanggulangan Karhutla dengan giat bergerak jika ada potensi titik api, perlu kita ubah dengan giat mencari potensi titik api. Jika dulu titik api yang mengepung kita, maka sekarang kita semua, seluruh komponen yang mengepung potensi titik api,” kata Gubernur.

Menurut dia, di Kalimantan Selatan upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla terus dilakukan dengan giat mencari potensi titik api.

Semua pihak harus berperan aktif dalam mencegah hal-hal yang memicu timbulnya kebakaran hutan dan lahan, baik dengan cara penyuluhan, kampanye, serta sosialisasi, yang dapat mencegah kebakaran hutan dan lahan, ujarnya.

Pada Selasa ini, digelar Apel Siaga Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla. Jumlah personel yang turun untuk mencegah karhutla mencapai sekitar 1.500 orang yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, perusahaan, relawan, dan yang lainnya.

‚ÄúPengendalian kebakaran hutan dan lahan merupakan tanggung jawab kita bersama, termasuk seluruh lapisan masyarakat,” lanjutnya.

Oleh karena itu, upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan, tidak akan efektif dan tidak akan berhasil optimal, tanpa peran serta dan komitmen yang kuat dari semua pihak.

Acara tersebut juga dihadiri Gubernur, Bupati/Wali Kota, Pangdam, Kapolda, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD), Dinas Kehutanan Provinsi di wilayah rawan karhutla dan instansi terkait lainnya.

Sebelumnya, Gubernur Kalsel cukup intensif melakukan kampanye dan sosialisasi ke masyarakat, terkait upaya pencegahan kebakaran lahan dan hutan.

Setiap kali kunjungan ke beberapa daerah, pesan agar masyarakat berhati-hati dan tidak membakar lahan selalu disampaikan.

Sumber: Antara
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

Pemko Banjarmasin Hibahkan Dana Pilkada Rp 48 Miliar
apahabar.com

Kalsel

Geger Pria Bersajam Ngamuk di Pasar Kalindo, Lukai Pedagang dan Warga
apahabar.com

Kalsel

Bertambah Dua, Tabalong Kini Punya Lima TPS 3R
apahabar.com

Kalsel

Imbas Covid-19, Penerbangan Hanya Satu Kali Per Maskapai di Syamsuddin Noor
apahabar.com

Kalsel

Ojek Gratis Berpartisipasi di Haul Guru Sekumpul
apahabar.com

Kalsel

Tujuh Warga Hulu Sungai Selatan Tersandung Narkoba Sepanjang Januari 2019
apahabar.com

Kalsel

Pembunuhan Ayah Tiri di Sungai Andai, Pelaku dan Korban Pernah Bentrok Sebelumnya
apahabar.com

Kalsel

Tanaman Dirusak, Warga di Kotabaru Tuntut Ganti Rugi ke Perusahaan Tambang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com