Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka

Pelajar di Batola Dilarang Berkendaraan ke Sekolah

- Apahabar.com     Rabu, 21 Agustus 2019 - 13:21 WITA

Pelajar di Batola Dilarang Berkendaraan ke Sekolah

Melalui Polisi Mengajar, Polres Barito Kuala juga memasukkan pengetahuan safety riding. Foto-Polres Batola

apahabar.com, MARABAHAN – Menekan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan generasi milenial, Polres Barito Kuala melarang pelajar SD dan SMP sederajat menggunakan kendaraan bermotor ke sekolah.

Sebelumnya dengan pertimbangan jarak dari rumah ke sekolah, terutama sebelum pemberlakukan sistem zonasi, Dinas Pendidikan dan Polres Batola bersepakat memberi dispensasi kepada pelajar yang belum cukup umur memperoleh SIM.

Mereka diizinkan berkendara sendiri ke sekolah, dengan catatan surat-surat kendaraan lengkap dan perangkat keamanan lain. Kesepakatan tersebut berdurasi dua tahun sejak 2016.

Namun dispensasi tersebut sekarang otomatis sudah berakhir, seiring ketiadaan pembaruan kesepakatan antara Disdik dengan Polres Batola.

“Kesepakatan itu hanya berlaku dua tahun. Kalau setelah dua tahun tak diperpanjang, berarti sudah selesai. Andai tanpa ketentuan dua tahun, kesepakatan itu bisa berlaku seterusnya,” tukas Kepala Dinas Pendidikan Batola, H Sumarji, Rabu (21/8).

“Terlepas dari kemungkinan terjadi kesepakatan baru, pelajar yang belum cukup umur memang semestinya tak diperkenankan memakai kendaraan sendiri,” imbuhnya.

Kendati demikian, Disdik Batola masih memiliki kesepakatan lain dengan Polres Batola melalui program Polisi Mengajar.

Ditandatangani Agustus 2017, program tersebut memasukkan materi lalu lintas dan bahaya penyalahgunaan obat-obatan terlarang dalam pelajaran SD dan SMP.

“Hanya terdapat kesepakatan program Polisi Mengajar, bukan dispensasi penggunaan kendaraan,” tegas Sumarji.

Sementara Sat Lantas Polres Batola memastikan tak lagi membuat kesepakatan dispensasi tersebut. Hal ini dipertegas edaran Ditlantas Polda Kalimantan Selatan yang melarang anak dibawah umur berkendara sendiri ke sekolah.

“Sudah terdapat edaran dari Ditlantas Polda Kalsel bahwa pelajar SMP tak boleh membawa kendaraan sendiri,” sahut Kasat Lantas Polres Batola AKP Didik Suhartanto.

“Pun kami tidak pernah mengizinkan anak di bawah umur menggunakan kendaraan, sehingga kesepakatan dispensasi itu tak diperpanjang. Kesepakatan dengan Disdik Batola tinggal Polisi Mengajar,” imbuhnya.

Justru dispensasi tersebut menjadi dasar orang tua memberikan anak-anak mereka kendaraan. Bahkan tak jarang kesepakatan itu menjadi tameng dari pelanggaran lalu lintas.

Sekarang setelah dengan tegas melarang, Sat Lantas Polres Batola gencar menganjurkan agar pelajar SMP kembali menggunakan Transportasi Sehat Merakyat (TSM) seperti sepeda.

Sepeda menjadi solusi keberatan orangtua yang mengantar anak mereka ke sekolah karena alasan jarak.

“Dalam dua bulan terakhir, kami sudah berkeliling ke sekolah-sekolah untuk mengimbau pelajar SMP agar kembali memakai TSM. Setiap upacara Senin, kami menjadi pembina upacara,” beber Didik.

“Kami memulai sosialisasi ini dari MTsN Marabahan, SMP 1 dan SMP 3 Marabahan, SMP Alalak, selanjutnya SMP Anjir Pasar, Anjir Muara dan SMP sederajat lain,” imbuhnya.

Mengutip data yang dirilis Ditlantas Polda Kalsel, bahwa 50 persen lebih kecelakaan lalu lintas melibatkan anak dibawah umur, terutama usia sekolah.

“Larangan ini merupakan bentuk tanggungjawab kami menekan jumlah kecelakaan yang melibatkan usia milenial,” beber Didik.

“Andai masih nekat, kami siap menilang dan kalau perlu motor mereka ditahan sebulan. Faktanya banyak kecelakaan berawal dari pelanggaran. Juga dengan menekan angka pelanggaran, kami sekaligus menurunkan angka kecelakaan,” tandasnya.

Baca Juga: Tanamkan Disiplin Berlalu Lintas Sejak Dini, Upaya Tekan Laka Lantas

Baca Juga: Menanam Kesadaran Tertib Berlalu Lintas Sejak Dini

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ratusan Orang Iringi Pemakaman Wali Kota Banjarbaru, Simak Pesan Terakhirnya
apahabar.com

Kalsel

SAKIP Wilayah II Hemat Rp22,3 Triliun
Polres Tabalong

Kalsel

Tiba di Polres Tabalong, Bintara Remaja Disambut Siraman Air Kembang
apahabar.com

Kalsel

Berharap Berkah Haul Guru Sekumpul, Wong Solo Bagikan 4.600 Nasi Kotak Gratis
Perpanjang Status Tanggap Darurat, Akses Bandara dan Pelabuhan Dibatasi

Kalsel

Perpanjang Status Tanggap Darurat, Akses Bandara dan Pelabuhan Dibatasi

Kalsel

Cara KNPI Banjarmasin Apresiasi Program Vaksinasi
apahabar.com

Kalsel

Blakblakan Jaksa Soal Dugaan Aliran Sesat Abah Pal Lima di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Soal Mutasi Dokter Zainal, IDI Kotabaru Turun Tangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com