Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

Pemkab Tanbu Kelebihan Ribuan Pegawai Non-PNS, Bagaimana Nasibnya?

- Apahabar.com Jumat, 2 Agustus 2019 - 12:58 WIB

Pemkab Tanbu Kelebihan Ribuan Pegawai Non-PNS, Bagaimana Nasibnya?

Ilustrasi pegawai. Foto-Liputan 6

apahabar.com, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mengalami surplus 1.011 pegawai non-PNS. Kelebihan tersebut dinilai sudah membebani anggaran daerah.

Untuk membayar gaji mereka pemerintah daerah harus menggelontorkan anggaran sebesar Rp140 miliar per tahun.

“Itu sudah membebani anggaran daerah. Karena itu, kita buat moratorium sejak 2019 dengan tidak menerima PTT atau tenaga kontrak lagi,” sebut Sekda Tanah Bumbu, Rooswandi Salem, kepada apahabar.com, Jumat (02/08).

Saat ini, Pemkab Tanah Bumbu memiliki 9.052 pegawai yang terdiri dari 4.144 PNS, 2.589 PTT, dan 2.217 pegawai dengan status tenaga kontrak.

Terkait kelebihan 1.011 pegawai non-PNS, pihaknya akan segera melakukan pembahasan untuk memutuskan nasib para pegawai tersebut.

Di samping itu, Rooswandi mengatakan kebijakan pemerintah daerah yang tidak menerima pegawai baru harus didukung sebagai upaya memperbaiki tata kelola manajemen kepagawaian.

“Ini harus diputuskan bersama,” katanya.

Pada Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada pasal 96 menyatakan PPK dilarang untuk mengangkat pegawai non PNS atau non PPPK.

Lalu, dalam ayat (3) pasal tersebut jelas menyatakan PPK akan diberikan sanksi jika mengangkat pegawai non-PNS atau non PPPK.

Persoalan ini juga disampaikan Rooswandi pada Rapat Paripurna Jawaban Bupati atas Pemandangan Umum Fraksi tentang RAPBD Perubahan 2019 di gedung DPRD Tanah Bumbu, Jumat (02/08).

Dalam rapat paripurna tersebut, Rooswandi menyampaikan tentang kebutuhan PNS di Kabupaten Tanah Bumbu. Dengan perbandingan antara analisis beban kerja sebanyak 8.041 berbanding dengan jumlah PNS sebanyak 4.144 pegawai, Pemkab Tanah Bumbu saat ini memerlukan 3.987 ASN yang apabila diproyeksikan selama 5 tahun, maka per tahun pemerintah daerah idealnya menerima ASN sebanyak kurang lebih 797 pegawai.

Saat ini, lanjut Rooswandi, pemerintah daerah telah mengajukan kebutuhan formasi ASN kepada Kemenpan-RB dan Badan Kepegawaian Negara berupa usulan formasi CPNS dan PPPK dengan ketentuan yang telah ditentukan oleh Kemenpan-RB yaitu dengan besaran 70 % usulan formasi PPPK dan 30% usulan formasi CPNS.

Reporter: Puja Mandela
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Jalan Nasional di Angsana Dalam Tahap Perkerasan, Maulida Bersyukur
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pastikan Pemilu Lancar, Ready Kambo Tinjau Gudang Logistik KPU
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Raih 1 Emas dan 4 Perak di Kejurprov, Percasi Tanbu Targetkan Lolos Seleksi Pra PON 2019
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Puluhan Anjing Liar Dieliminasi
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Gerakan Literasi Nasional di Tanbu Ditutup, Peserta Diharapkan Mampu Menulis Feature Sastrawi
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Rooswandi Salem Terima 18 Dokter Magang di RSUD dr. Andi Abdurrahman Noor
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Unit Endoskopi RSUD Tanbu Mulai Layani Penderita Gangguan Pencernaan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Tunggul Ulin Diyakini Bisa Kabulkan Hajat, Apa Respon MUI?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com