Sejumlah pengunjung pameran sedang melihat foto dan arsip bersejarah di Tanbu. Foto – apahabar.com/Puja Mandela

apahabar.com, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten menggelar Pameran Arsip dan Buku tahun 2019 di Kantor Bupati, Rabu (14/08).

Arsip yang dipamerkan di lobi Kantor Bupati Tanah Bumbu terdiri dari 84 foto 30 teks dokumen yang terkait dengan Kabupaten Tanah Bumbu dan sejarah Republik Indonesia.

Beberapa foto merupakan dokumentasi saat awal-awal Kabupaten Tanah Bumbu berdiri. Pada salah satu foto terlihat 12 orang sedang berpose di depan plang bertuliskan Kantor Bupati Tanah Bumbu, sementara di belakangnya masih terhampar lahan kosong dengan rerumputan hijau.

Ada juga foto spanduk dukungan pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu yang dipasang di salah satu sudut kota di Batulicin.

“Ini untuk membuka pintu arsip  yang selama ini tersebar di masyarakat. Kita mulai dari sini,” sebut Kepala Bidang Kearsipan, Arif Rahman Hakim, kepada apahabar.com, Rabu (14/08).

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah terus berupaya mengumpulkan arsip-arsip penting tersebut. Menurut Arif, pihaknya butuh waktu satu tahun untuk mengumpulkan dokumen sejarah dari beberapa tokoh masyarakat yang masih menyimpan arsip di rumahnya.

Tahun lalu pihaknya juga sempat sowan ke rumah mendiang Fadly Zour untuk mengumpulkan dokumen-dokumen yang masih tersimpan. Tokoh lain yang juga dikunjungi adalah Andi Satria Jaya yang tercatat sebagai keturunan Raja Pagatan.

Sekda Tanah Bumbu, Rooswandi Salem, mengharapkan pameran tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran kepada generasi muda terkait pentingnya menjaga dokumen sejarah.

“Ini juga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme karena kita dapat mengetahui sejarah para pejuang,” kata Rooswandi.

Pameran Arsip dan Buku tahun 2019 akan digelar sampai 17 Agustus 2019. Pameran secara resmi dibuka oleh Sekda Rooswandi Salem melalui proses pemotongan pita yang disaksikan sejumlah pejabat.

apahabar.com
Salah satu foto bersejarah yang dipamerkan. Foto – apahabar.com/Puja Mandela

Baca Juga: Jelang Rapat Paripurna, Ketua DPRD Tanbu Dapat Kejutan

Baca Juga: Kemarau di Tanbu; Sumur Kering, Warga Mandi di Danau

Reporter: Puja Mandela
Editor: Aprianoor