Terduga Penyusup Diamankan, Kapolda Kalsel Angkat Bicara Ingat Setahun Jokowi tapi Mahasiswa di Banjarmasin Lupa Prokes Refleksi Setahun Jokowi-Ma’ruf, BEM Kalsel Ancam Demo Tiap Pekan NASA Tunjuk Nokia untuk Bangun Jaringan Seluler di Bulan, 2024 Kirim Manusia Bermukim di Sana Demo Setahun Jokowi-Ma’ruf, Pelajar di Banjarmasin Kepergok Bawa Miras

Penyandang Disabilitas asal Tanbu Lakukan Pengukuran Tangan dan Kaki Palsu

- Apahabar.com Rabu, 7 Agustus 2019 - 12:34 WIB

Penyandang Disabilitas asal Tanbu Lakukan Pengukuran Tangan dan Kaki Palsu

Proses pengukuran kaki dan tangan palsu bagi penyandang disabilitas. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Delapan penyandang disabilitas asal Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti pengukuran tangan dan kaki palsu di Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan.

Dari delapan penyandang disabilitas, enam di antaranya mengikuti pengukuran kaki palsu dan sisanya mengukur tangan palsu.

“Ini ada dua tahapan. Pertama pengukuran, lalu proses pemasangan. Kemarin itu baru proses pengukurannya,” ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu melalui Kasi Penyandang Disabilitas, Tuna Sosial, dan Korban Perdagangan Orang, Siti Zaleha, kepada apahabar.com, Rabu (07/08).

Delapan penyandang disabilitas tersebut berasal dari Kecamatan Kusan Hilir, Satui, dan Simpang Empat. Dua di antara penyandang disabilitas merupakan pelajar SD dan SLTA. Salah seorang di antaranya tercatat sebagai pelajar Sekolah Luar Biasa Tanah Bumbu.

“Sebelumnya kami memang sudah punya data penyandang disabilitas. Tapi ada juga yang melakukan pengajuan. Kebetulan ada program dari Kementerian Sosial ini,” jelasnya.

Rencana pemasangan tangan dan kaki palsu ini tentu menjadi berkah bagi penyandang disabilitas. Apalagi biaya pemasangan kaki dan tangan palsu tidak bisa dibilang murah. Untuk pemasangan kaki palsu, misalnya, dibutuhkan biaya Rp17 juta. Sedangkan biaya pemasangan tangan palsu sekira Rp13 jutaan.

Siti Zaleha menerangkan sebelumnya Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu mendapatkan undangan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia untuk memfasilitasi pengukuran kaki dan tangan palsu bagi penyandang disabilitas yang mengalami gangguan motorik. Hal itu dilakukan dalam rangkaian peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2019.

Berdasarkan Undang-Undang nomor 19 tahun 2011 tentang konversi hak-hak penyandang disabilitas secara tersirat dinyatakan penyandang disabilitas merupakan kelompok rentan di dalam lingkungan masyarakat yang harus mendapatkan perlindungan dari negara.

Hal-hal yang mengatur tentang pelaksanaan aksi di bidang penyandang disabilitas tertuang juga dalam UU nomor 18/2016 tentang penyandang disabilitas.

Menindaklanjuti undangan tersebut, pada 6 Agustus 2019 Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu diwakili oleh Kabid Rehabilitasi Sosial membantu memfasilitasi dan mendampingi keberangkatan delapan orang penyandang disabilitas untuk melakukan pengukuran yang bertempat di Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan.

Siti Zaleha berharap ke depannya bantuan seperti ini dapat terus diadakan oleh Kementerian Sosial RI agar makin banyak penyandang disabilitas yang terbantu.

“Setelah ini para penyandang disabilitas diharapkan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari seperti orang normal sehingga keberfungsian sosialnya pun dapat berjalan dengan baik,” tandasnya.

Baca Juga: Event PUBG Mobile Offline Tanbu Berakhir, Bman Bhampaz Sabet Juara Pertama

Baca Juga: DKBP3A Tanbu: Bayi Hasil Hubungan Gelap Punya Hak untuk Hidup

Baca Juga: 23 CJH Lansia Asal Tanbu Berangkat Menuju Tanah Suci

Baca Juga: Pemkab Tanbu Kelebihan Ribuan Pegawai Non-PNS, Bagaimana Nasibnya?

Reporter: Puja Mandela
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Peduli Masyarakat, PMI Tanbu Bagikan Ratusan Makanan dan Masker
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Rock N Roll Jahat Bikin Video Klip “Jokowi Lagi”
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Salurkan APD di Kecamatan Karang Bintang, Dinkes Tanbu: Stok Masih Ada
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Resmikan Pasar Rakyat di Sungai Cuka, Ini Harapan Bupati Tanbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Sudian Noor Salurkan Bansos ke Karang Bintang
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Siap-Siap, Pendaftaran CPNS di Tanbu Segera Dibuka
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Peringati Arba Mustamir, Warga Sari Gadung Gelar Tolak Bala
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Ribuan Jemaah Hadiri “Tanah Bumbu Berselawat” di Masjid Al Falah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com