Update Banjir Kalsel: Sudah 6 Kabupaten Terdampak! Parah, Empat Titik Longsor Sempat Tutup Akses Utama Loksado-Kandangan UPDATE Tinggi Air Jelang Puncak Banjir HST BREAKING! Bupati HST Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir Banjir di Pusat Kota HST Meluas, Ratusan Jiwa Mengungsi

Pesan Terakhir Mbah Moen Jelang Gus Yasin ke Makkah

- Apahabar.com     Kamis, 8 Agustus 2019 - 05:15 WITA

Pesan Terakhir Mbah Moen Jelang Gus Yasin ke Makkah

Taj Yasin (kiri) saat berdialog dengan ulama kharismatik yang juga ayahnya Maimoen Zubair (tengah). Foto-Republika

apahabar.com, SEMARANG — Sehari setelah ulama kharismatik, KH Maimoen Zubair tutup, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen baru bertolak ke tanah suci, Rabu (7/8) pagi.

Keberangkatan Gus Yasin, panggilan akrab Taj Yasin Maimoen, yang juga putra KH Maimoen Zubair tersebut, untuk berziarah di tempat peristirahatan terakhir ayahandannya, makam Ma’la, Makkah.

Di balik keberangkatan Gus Yasin, terungkap pesan terakhir Almarhum KH Maimoen Zubair kepada Gus Yasin, termasuk kenangan terakhir Gus Yasin terhadap ayahnya tersebut, sebelum berangkat menunaikan ibadah haji.

“Saya mendapat pesan khusus dari beliau, KH Maimoen Zubair untuk Jawa Tengah. Pesan khusus tersebut agar sebagai pemimpin di Jawa Tengah terus bersinergi, membawa perubahan untuk Jawa Tengah,” kata Gus yasin.

Pesan tersebut disampaikan KH Maimoen Zubair kepada Gus Yasin sebelum berangkat ke tanah suci. Namun Gus Yasin tidak menyangka, pesan itu adalah wejangan terakhir Almarhun KH Maimoen Zubair untuk dirinya.

Mbah Moen, lanjutnya, menginginkan Jawa Tengah berubah menjadi lebih maju dan masyarakatnya lebih sejahtera. Selain untuk Jawa Tengah, Mbah Moen juga berpesan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Pesannya sederhana, yakni agar selalu menjaga kebersamaan dan menjunjung tinggi falsafah Bhineka Tunggal Ika,” kata Wagub Jawa Tengah.

Mbah Moen bahkan mencontohkan bagaimana beliau mengapresiasi pertemuan antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto, pun demikian pertemuan pak Prabowo dengan bu Megawati. “Menurut beliau, hal semacam itu penting untuk menjaga kebersamaan dan kebhinekaan,” tambahnya.

Saat melepas keberangkatan KH maimoen Zubair, Gus Yasin sendiri mengaku memiliki kenangan khusus. Saat mengantar keberangkatan untuk ibadah haji, Gus Yasin melihat ada sikap Mbah Moen yang tak seperti biasanya.

Pada saat mengantar ayahnya tersebut sampai garbarata, Gus Yasin sempat minta doa kepada KH maimoen Zubair. Namun Mbah Moen hanya terdiam dan memandangnya hingga beberapa saat.

“Yang saya lihat, beliau ingin menangis, kemudian berkata lirih, ‘ya saya doakan’. Itu terakhir saya bertemu dengan beliau,” tambah Gus Yasin.

Di lain pihak, Gus Yasin mengucapkan banyak terimakasih kepada Presiden, para menteri, para pejabat, jajaran instansi pemerintahan dan seluruh masyarakat Indonesia yang mendoakan almarhum Mbah Moen.  Dia juga mengucapkan terimakasih secara khusus kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo karena telah memberikan dukungan moral kepada dirinya dan seluruh keluarga yang telah ditinggalkan.

“Terimakasih untuk semuanya, terimakasih Mas Ganjar, semoga amal ibadah panjenengan semua dibalas oleh Allah. Kami juga minta didoakan agar keluarga diberi ketabahan untuk menghadapi ujian ini,” lanjutnya.

Baca Juga: Kemenag Sumatera Imbau Salat Gaib untuk Mbah Moen

Baca Juga: Mbah Moen Wafat, Jokowi: Beliau Gigih Soal NKRI

Sumber: Republika
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jialyka Maharani, Milenial Muda yang Ingin Jadi Ketua DPD
apahabar.com

Nasional

Rencana Pengerahan Massa di Monas 19 April, PMJ: Belum Berizin
apahabar.com

Nasional

Indonesia Resmi Masuk Jurang Resesi Ekonomi Mulai Hari Ini, BPS Sebut Faktor Penyebabnya
apahabar.com

Nasional

Menjadi Sukses di Usia Muda, Hipmi: Pembuktiannya itu yang Penting
Covid-19 di Surabaya

Nasional

Kasus Covid-19 di Surabaya Meningkat, Sejumlah Rumah Sakit Rujukan Hampir Penuh

Nasional

Akhirnya! Ryan Jombang dan Bahar Smith Damai
apahabar.com

Nasional

IDI: Aksi Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law UU Ciptaker Berpotensi Munculkan Klaster Baru Covid-19
apahabar.com

Nasional

Ini 5 Jenis Surat Suara Pemilu 2019
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com