apahabar.com
Warga menyajikan buah durian PontiKayan ke timTouring Kemerdekaan Jelajah Negeri Serumpun 2019 yang tiba di Entikong, Kalbar, Rabu (14/8/2019). Foto- apahabar.com/Ahya Firmansyah

apahabar.com, ENTIKONG – Mungkin hanya sedikit orang yang kurang suka memakan buah durian. Alasan orang tidak suka memakan buah ini sebab buah ini memang memiliki aroma bau yang menyengat dan memiliki tekstur daging buah yang lembek pada buahnya dan juga diduga sebagai pemicu penyakit darah tinggi dan kolesterol.

Kendati demikian, lebih banyak juga orang yang menyukai buah durian dan sangat suka memakan buah berkulit keras dan berduri ini. Durian sendiri memiliki banyak jenis dan nama.

Salah satu dari sekian banyak jenis durian yang ada yaitu durian PontiKayan asal Entikong, Kalimantan Barat.

Durian satu ini menjadi buah buruan para pecinta buah durian. Pasalnya, durian PontiKayan menjadi durian primadona. Tekstur daging buahnya yang tebal dan rasanya yang begitu kuat menjadi ciri lain dari durian lainnya.

“Durian PontiKayan ini paling dicari-cari. Durian jenis ini pernah juara pada lomba durian di kontes durian yang diadakan di Balai Karangan tahun 2018 lalu di Entikong. Mengalahkan durian jenis lain yang sudah dikenal seperti musang king asal Malaysia,” ungkap Angga warga Entikong, Rabu (14/08).

Menurut Angga, Durian PontiKayan ini sangat laris bila sudah musim buah durian. “Banyak pedagang datang ke sini untuk membeli durian PontiKayan untuk dijual lagi ke daerah lain,” ungkapnya.

Selain Angga, Wahyudi salah satu warga Entikong lainnya yang menyambut tim touring kemerdekaan, membenarkan kalau buah durian PontiKayan menjadi primadona yang paling dicari-cari.

“Durian ini pernah menjadi buah sajian kepada Presiden Jokowi,” kata Wahyudi.

Baca Juga: Tiba di Perbatasan Indonesia-Malaysia, Tim Touring Kemerdekaan Disambut Hangat Polsek Entikong

Baca Juga: Kalbar-Kalteng Sepakat Segera Selesaikan Masalah Tapal Batas

Reporter: AhyaFirmansyah
Editor: Aprianoor