Demonstrasi di DPRD Kalteng, Massa Protes Penertiban Tambang Emas Tradisional Tanpa Solusi Dugaan Penggelapan Mobil Rental, IRT Tabalong Terpaksa Diamankan Polisi Cuaca Kalsel Hari Ini: Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan Ringan Teten Masduki Sebut Pengembangan Produk Kriya Perlu Libatkan Agregator IPW Desak Kapolda Kalsel Copot AKBP AB Dkk
agustus

Prajurit TNI Sigap Bantu Evakuasi dan Padamkan Kebakaran Rumah Warga

- Apahabar.com     Senin, 26 Agustus 2019 - 19:40 WITA

Prajurit TNI Sigap Bantu Evakuasi dan Padamkan Kebakaran Rumah Warga

Anggota TNI saat membantu memadamkan api dalam kebakaran di Desa Kelampayan Tengah RT 01, Kecamatan Astambul Martapura Kabupaten Banjar. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Prajurit TNI dari Kodim 1006/Martapura dan jajaran Koramil- 4 Astambul dibawah komando Letkol Arm Siswo Budiarto membantu warga memadamkan api yang membakar 3 buah rumah di Desa Kelampayan Tengah RT 01, Kecamatan Astambul Martapura Kabupaten Banjar pada Senin pagi.

“Kejadian kebakaran tersebut menghanguskan tiga buah rumah milik Arsyad (30)

Muhammad (60) dan  Riky (30 ),” kata Letkol Arm Siswo Budiarto ketika dihubungi apahabar.com.

Menurut dia, awal mulanya sejumlah prajurit Koramil- 4 Astambul sedang melaksanakan kegiatan sehari-hari di mako, tiba-tiba mereka melihat ada kepulan asap tebal dari rumah warga yang berjarak kurang lebih 1 kilo meter.

“Melihat hal ini, Danramil Astambul mengirim personel untuk mengecek dan membantu bila hal itu terjadi kebakaran rumah. Selanjutnya beliau berkomunikasi dengan kita di Kodim Martapura,” ungkapnya.

Saat prajurit Koramil- 4 Astambul tiba dilokasi kebakaran, api ternyatasudah membumbung dan melahap 3 buah rumah semi permanen tersebut sehingga personel bersama warga bahu membahu dengan peralatan yang ada untuk segera memadamkan api agar tidak menjalar ke berbagai ruangan rumah.

“Babinsa dibantu rekan TNI dan masyarakat serta Damkar tiba di lokasi kejadian langsung membantu memadamkan api serta mengevaluasi barang – barang dalam rumah milik warga,” ucapnya.

Berkat upaya kerja keras personil dan masyarakat selama kurang lebih satu jam berjuang memadamkan api, akhirnya berhasil dan sebagian barang-barang dapat diselamatkan.

Selain itu, Letkol Arm Siswo Budiarto menghimbau Kepada masyarakat bahwa musim panas sudah masuk puncak kerawanan kebakaran, dan sangat  disesalkan kegiatan seperti itu tidak perlu terjadi karena kompor terlalu lama nyala tanpa diawasi akan patal apalagi ditinggal lupa mematikan.

“Kita tentu berharap, hindari sekecil apapun yang berhubungan dengan api, karena memasuki kemarau sangat mudah terbakar. Dari TNI Koramil sudah kita kerahkan turun membantu warga membersihkan dan membantu evakuasi barang,” pungkas Dandim Martapura itu.

Baca Juga: Imbas Pelebaran Jalan, Tiga Desa Di Alalak Krisis Air

Baca Juga: Polsekta Banjarmasin Tengah Amankan Dua Pelaku Jambret di Siring 0 Km

Baca Juga: Peringati HUT RI ke-74, Sekdakot Banjarbaru dan Warga Bersihkan Sungai

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Catat, Bundaran Banjarbaru-Martapura Sistem Buka-Tutup
PMI

Kalsel

PMI HST Terus Distribusikan Ribuan Liter Air Bersih
apahabar.com

Kalsel

Jembatan Gantung di Pengaron Runtuh Karena Lapuk
Grafis data sebaran Covid-19 di Tanah Bumbu. Foto: Istimewa

Kalsel

Sembuh 6 Orang, Covid-19 Tanbu Melandai
apahabar.com

Kalsel

Societeit De Kapel: Gedung di Banjarmasin yang Dipercaya Tempat Berkumpulnya Setan
apahabar.com

Kalsel

Penertiban Reklame Jalan Ahmad Yani Dihentikan, Mantan Kepala Satpol PP Banjarmasin Angkat Bicara
apahabar.com

Kalsel

World Cleanup Day di Banjarmasin: Pilah Sampah, Bersihkan Sungai
PDAM

Kalsel

Mengendus Pencurian Meter Air di Banjarmasin, Bak Jarum di Tumpukan Jerami
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com