VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang

Puluhan Hektar Lahan Kembali Terbakar di Kabupaten Banjar

- Apahabar.com Sabtu, 10 Agustus 2019 - 20:06 WIB

Puluhan Hektar Lahan Kembali Terbakar di Kabupaten Banjar

Anggota Polsek Mataraman saat memadamkan api menggunakan parang agar api tidak merambat ke semak yang lain. Foto – apahabar.com/Muhammad Al Madani

apahabar.com, MARTAPURA – Kebakaran lahan kembali terjadi di Kabupaten Banjar. Kali ini kobaran api menghanguskan sekitar 20 ribu hektar lahan semak belukar di lokasi kebun karet milik masyarakat di Kampung Gunung Asam, Desa Bawahan Selan, Kecamatan Mataraman, Sabtu (10/08) sekitar pukul 16.00 Wita.

Menurut warga sekitar, Sunarto (46) kebakaran lahan tersebut diindikasi sengaja dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Kemungkinan kebakaran ini dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Pasalnya pernah ada terjadi kita menemui obat nyamuk bakar yang dikasih pentol korek di bagian ujungnya lalu dikasih bensin, hal tersebut akan bisa menjadi seperti ‘bom waktu’. Namun sayangnya kali ini kita tidak melihat orang yang melakukannya,” ujarnya.

Sunarto mengatakan, pada kejadian itu kobaran api sangat cepat membesar dan menghanguskan semak belukar di lahan kebunan karet tersebut. Api sulit dikendalikan lagi, dalam upaya pemadaman, masyarakat sekitar dibantu anggota Polsek Mataraman yang dipimpin oleh Kanit Reskrim, Aiptu Andi Pratekjo.

“Upaya pemadaman kali ini terkendala dengan sumber air yang letaknya lumayan jauh dari titik api. Bahkan anggota Polsek Mataraman sampai menggunakan parang untuk menebas semak belukar agar tidak merambat ke semak belukar yang lain,” katanya.

Sementara Kapolsek Mataraman, Iptu Embang Pramono melalui Kanit Reskrim, Aiptu Andi Prateknjo mengatakan, bahwa pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin untuk memadamkan api, namun karena sumber air yang lumayan jauh dari titik api jadi sulit dipadamkan.

“Kami sudah mengerahkan segala upaya untuk memadamkan api, namun karena sumber air yang sangat jauh dari titik kejadian, hal tersebut mengakibatkan kami kesulitan untuk memadamkan,” ungkapnya.

Meski demikian api berhasil dipadamkan oleh Anggota Polsek dan juga masyarakat sekitar pukul 17.00 Wita, dan api hanya mengeluarkan asap putih. “Setelah api padam kami baru bisa meninggalkan tempat kejadian,” ucapnya.

Berkaca pada kejadian tersebut, Andi mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar atau dengan sengaja membakar, karena hal tersebut dapat mengakibatkan bahaya yang cukup serius baik untuk keselamatan dan kesehatan.

“Selain itu akibat pembakaran lahan dapat mengakibatkan kabut asap, yang menganggu kesehatan,” pungkasnya.

apahabar.com

Baca Juga: BREAKING NEWS!!! Malam Iduladha Kebakaran Hebat Terjadi di Jalan Belitung

Baca Juga: Kepala BPBD Tala Sebut Penyebab Kebakaran Hutan dan Lahan Makin Sering

Reporter: Ahc 15
Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Honorer di Balangan Banyak yang Gaptek! Simak Siasat Bupati Ansharuddin
Program ‘Cash For Work’ Baznas Kalsel, Libatkan Buruh Harian Salurkan Bantuan Covid-19

Kalsel

Program ‘Cash For Work’ Baznas Kalsel, Libatkan Buruh Harian Salurkan Bantuan Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Pelaku Koboi Jalanan di Banjarbaru Dibekuk Tim Macan Polda Kalsel
apahabar.com

Kalsel

DPD PDIP Kalsel Salurkan Daging Kurban ke Warga Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Waspada Ancaman Cuaca Ekstrem di Kalsel Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Mulai Melandai, Hari Ini Kalsel Catat 31 Pasien Covid-19 Sembuh
apahabar.com

Kalsel

Mahasiswa Kalsel Gelar Aksi ke Jalan Tolak RUU Omnibus law
apahabar.com

Kalsel

HSS Bersholawat, Ribuan Jemaah Sambut Kehadiran Habib Syech
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com