apahabar.com
Peringatan haul ke-254 Datu Sanggul di kubah yang beralamat di Desa Tatakan, Kecamantan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin, Sabtu (31/08). Foto-apahabar.com/M. Fauzi Fadillah

apahabar. com, RANTAU – Haul ke-254 Syekh Abdussamad atau dikenal Datu Sanggul di Desa Tatakan, Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin, dihadiri puluhan ribu jemaah, Sabtu (31/08).

Jemaah tak hanya berasal dari Kalimantan Selatan, tapi juga dari Kalimantan Timur. Nampak pula hadir sejumlah habib, alim ulama, tokoh masyarakat, Dandim 1010 Rantau, Kapolres Tapin, dan Kabag Kesra Kabupaten Tapin.

“Tamu yang hadir berkisar sekitar 25.000 orang penuhi desa tatakan di kawasan komplek Makam Datu Sanggul. Jumlah ini terhitung dari nasi bungkus yang habis dibagikan sebanyak 25.000,” ujar ketua pelaksana sekaligus Kepala Desa Tatakan, Ilhamsyah kepada apahabar.com.

Mereka yang hadir kata Ilhamsyah, tak hanya sekadar mencari berkah, tapi lebih dulu mereka ada yang menyumbang materil untuk pelaksanaan haul.

“Selain mengunjungi haul, rombongan dari Kalimantan Timur juga menyumbangkan materil dalam acara haul ini, semoga berkah, ” ujar Ilham.

Meski jemaah membludak, terpantau arus lalu lintas pelaksanaan haul tahun ini berjalan tertib.

“Ya, salut untuk pihak keamanan yang selalu sigap untuk mengamankan dan mengatur lalu lintas, terkhusus untuk Sat Polsek Tapin Selatan,” ujarnya Iham.

Acara dimulai dengan pembacaan maulid habsy, kemudian pembacaan manakib Datu Sanggul. Setelahnya dilanjutkan dengan tausiah dari Habib Alidrus dari Martapura. Kali ini jemaah haul terlihat khidmat mendengarkannya.

Selepas itu, baru ditutup dengan pembacaan surah Yasin dan tahlil. “Semoga kita yang menghadiri haul mendapatkan syafaat dan barokah. Saya selaku ketua pelaksana mengucapkan maaf apabila ada kekurangan,” pinta Ilham seraya mengucapkan terima kasih kepada para seluruh donator yang menyisihkan sedikit hartanya untuk kegiatan ini.

Baca Juga: Jelang Haul Datu Sanggul, Polsek Tapin Selatan Kumpulkan Lintas Sektor Pengamanan

Baca Juga: Haul Syekh Samman, Cara Warga Kalsel Mengenang Ulama

Baca Juga: Jemaah Haul Syekh Samman Meluber hingga Badan Jalan

Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin