Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri

Ratusan Pendaki akan Kibarkan Merah Putih di Gunung Halau-Halau

- Apahabar.com Kamis, 15 Agustus 2019 - 20:13 WIB

Ratusan Pendaki akan Kibarkan Merah Putih di Gunung Halau-Halau

Para pendaki dari Mapala Kalsel dan masyarakat umum akan mengibarkan merah putih di Gunung Halau-Halau, berfoto bersama di kantor Pemkab HST. Foto – apahabar.com/HN Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Setiap memperingati Ulang Tahun ke-74 RI dan merupakan tradisi tahunan para Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) dari berbagai universitas dan sekolah tinggi di Kalsel akan melakukan pendakian gunung, untuk mengibarkan bendera merah putih di puncak.

Kali ini sebanyak 156 pendaki terdiri dari Mapala dan masyarakat umum akan mendaki Gunung Halau-Halau dengan ketinggian 1.900 meter di atas permukaan laut (Mdpl) di Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang merupakan gunung tertinggi di Kalsel dan berada di pegunungan meratus.

Baca Juga: Tempuh 2000 Kilometer Perjalanan, Tim Touring Kemerdekaan Tiba di Malaysia

Sebagai pelakasana pendakian dengan misi mengibarkan merah putih di puncak dengan ketinggian 1.900 Mdpl itu adalah Mapala Redox dari STIE Indonesia Banjarmasin.

“Pendakian sekaligus pengibaran sang merah putih di Halau-Halau dimaksudkan untuk mengingat kembali jasa para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raga hanya untuk kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Ketua Pelaksana, Andreas Prasetya Budhi di depan Kantor Bupati HST sebelum keberangkatan rombongannya menuju Gunung Halau-Halau, Kamis (15/08).

Pemerintah Kabupaten HST menyambut sekaligus melepas keberangkatan mereka untuk melakukan pendakian dalam rangka peringatan HUT ke 74 RI.

“Atas nama Bupati serta mewakili masyarakat HST, saya mengucapkan terima kasih, penghargaan dan apresiasi yang tak terhingga atas pendakian dengan misi pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan HUT ke-74 RI yang dilaksanakan oleh Mapala STIE Banjarmasin ini,” kata Sekda HST, HA Tamzil.

Sebelum melapas rombongan itu, Tamzil berpesan agar momentum HUT RI dapat membangkitkan semangat patriotisme para pendahulu bangsa yang dengan penuh semangat, gagah berani, mengorbankan jiwa raga demi meraih kemerdekaan.

Dengan pendakian ini, lanjut Tamzil, menunjukkan mahasiswa pencinta alam telah merefleksikan perjuangan para pahlawan yang gagah berani, berjalan bercucur keringat, membakar semangat, dalam berjuang merebut kemerdekaan.

“Semangat ini hendaknya bisa ditiru generasi muda untuk melanjutkan dan mengisi kemerdekaan dengan nilai semangat patriotisme, rela berkorban dan meningkatkan nasionalisme,” pesan Tamzil.

apahabar.com

Sebelum melepas 156 pendaki, Sekda HST, HA Tamzil mendapatkan kaos #savemeratus dari perwakilan Mapala Redox. Foto – apahabar.com/HN Lazuardi

Baca Juga: Gapura Perumahan Kelapa Gading Keliru Pasang Tahun Kemerdekaan

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Respon Dinsos Batola Terkait Pengembalian Dana BST dari Salah Satu Warga
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Hujan, Simak Ramalan BMKG
apahabar.com

Kalsel

Pemuda Pengrajin Kayu Bekas Tabalong Tampil di Ajang The 21St Jakarta International Handicraft Trade Fair 2019
apahabar.com

Kalsel

Jelang ‘New Normal’, Aparat Gabungan Tinjau Sejumlah Pasar Tradisional
apahabar.com

Kalsel

Jadi Khatib, Bupati Banjar Ajak Jemaah Berdoa Corona Cepat Diangkat
apahabar.com

Kalsel

Breaking News! Korban Tenggelam di Sungai Barito Ditemukan
apahabar.com

Kalsel

H2 Juli, Kalsel Tambah Ratusan Kasus Baru Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Dirawat di RSUD Barabai, OTG asal BAT Keluhkan Gejala Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com