Akhir Pekan Ini, Wisata Siring Banjarmasin Resmi Ditutup Lagi Dokter Kalsel Gugur karena Covid-19, IDI: Sudah 55 Terjangkit! Ibunya Reaktif Tes Covid-19, Bayi di Banjarmasin Meninggal Dunia Rapid Test di Banjarmasin Rp 500 Ribu, Dinkes Siapkan Sanksi Klarifikasi Oknum Dokter Banjarbaru Dugaan KDRT Istri Pertama




Home Kalsel

Senin, 12 Agustus 2019 - 18:04 WIB

RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin Mulai Beroperasi

Redaksi - Apahabar.com

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mentes peralatan medis di RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin. Foto-Istimewa

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mentes peralatan medis di RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Soft opening Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Suriansyah Banjarmasin digelar Senin (12/08). Ini menandai mulai beroperasi sejumlah pelayanan medis di sana.

RSUD ini memiliki 12 layanan poliklinik yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Pasalnya, RSUD di Jl Rantauan Darat, Kelayan Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan ini telah ditunjang peralatan medis serta SDM mumpuni. Seperti pelayanan instalasi gawat darurat selama 24 jam.

Baca Juga: Soft Opening RSUD Sultan Suriansyah, Baru 24 Tempat Tidur Tersedia

Kemudian 12 pelayanan poliklinik itu yakni Poliklinik Penyakit Dalam, Poliklinik Kebidaan dan Kandungan, Poliklinik Bedah, Poliklinik Anak, Poliklinik Saraf, Poliklinik Rehabilitasi Medis, Poliklinik THT, Poliklinik Jiwa, Poliklinik Gigi dan Mulut, Poliklinik Gizi, Poliklinik Patologi Anatomi, Poliklinik Medical Check up, dan pelayanan pemeriksaan laboratorium.

Pengoperasian total seluruh pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut akan dilaksanakan pada September nanti, atau bertepatan dengan hari jadi Kota Banjarmasin ke 493.

Menurut Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, pengoperasian rumah sakit tersebut merupakan sebuah catatat sejarah. Pasalnya dari beberapa kota di provinsi ini, hanya Banjarmasin yang belum memiliki rumah sakit milik pemko.

Baca juga :  Bina Silaturahmi, Wakapolda Kalsel Kunjungi Walikota Banjarmasin

Namun, dengan dilakukannya ujicoba pengoperasian rumah sakit tersebut, maka pelayanan kesehatan bagi warga kota berjuluk seribu sungai, sudah sama dengan daerah lain.

“Mudah-mudahan ini menjadi rumah sakit kebanggaan kita semua. Inilah hasil kolaborasi dan juga kerjasama kita, Kayuh Baimbai untuk mewujudkan rumah sakit kebanggaan,” ujarnya.

Pelayanan kesehatan dasar yang dimiliki kota ini terdiri dari 26 Puskesmas, 32 Puskesmas Pembantu, 24 Puskesmas Keliling, 50 Puskesdes, kemudian 354 posyandu, apotik dan balai pengobatan yang tersebar di seluruh kecamatan.

Dari hasil penelitian, lanjut H Ibnu Sina, tahun 2016 lalu, jumlah kunjungan di Puskesmas dan jaringannya sekira 700 ribu kunjungan.

Sehingga, dengan pengoperasian RSUD Sultan Suriansyah ini, ia berharap seluruh lapisan bisa bersyukur dan ikut bangga karena akhirnya Kota Banjarmasin diusiannya yang ke 493 tahun, bisa memiliki rumah sakit umum daerah sendiri.

Kadis Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi dalam kesempatan tersebut menjelaskan, sejak tanggal 1 Agustus 2019 lalu, rumah sakit tersebut telah memiliki izin operasional.

Atas dasar itu, maka upaya persiapan pengoperasiannya pun dilakukan jajaran Pemko Banjarmasin.

Baca juga :  Dibujuk Bupati, Seorang Ibu di Jejangkit Muara Mau Ikut PCR

“Jadi persiapannya itu baik menyangkut sumber daya manusianya seperti berbagai macam kegiatan pelatihan, workshop dan seminar, dan juga beberapa karyawan telah dilakukan. Termasuk melakukan persiapan pengadaan alat-alat kesehatan dan non kesehatan, 95 persen sudah terpenuhi semua,” katanya.

Terkait dengan akreditasi rumah sakit, mantan Wadir RSJ Sambang Lihum Kalsel ini kembali mengatakan, saat ini pihaknya telah mempersiapkan dengan membentuk panitia tim akreditasi Rumah Sakit Sultan Suriansyah.

Bahkan, tuturnya, Tim Komite Akreditasi Rumah Sakit Jakarta sudah memberikan isyarat akan melakukan akreditasi pada bulan November nanti dengan mengevaluasi 3 bidang pelayanan, yang menjadi bahan evaluasi dari tim KARS.

Soft opening rumah sakit tersebut, selain dihadiri Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah, seluruh kepala SKPD lingkup Pemko Banjarmasin juga terlihat dalam kegiatan tersebut.

Usai meresmikan uji coba pengoperasian rumah sakit tersebut, H Ibnu Sina dan H Hermansyah didampingi Kadis Kesehatan Kota Banjarmasin dan Direktur RSUD Sultan Suriansyah, melakukan visit tour keseluruh ruang pelayanan medis.

Baca Juga: Agustus, RSUD Sultan Suriansyah Sudah Beroperasi Layani Kesehatan

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pemprov Harus Membuat Regulasi Cegah Dokter Asing

Kalsel

Esok, Sandiaga Uno ke Sekumpul, Mau Apa?
apahabar.com

Kalsel

Jasa Penyeberangan Kecipratan Tuah Penutupan Jembatan Alalak I
apahabar.com

Kalsel

Tak Patuhi Protokol Kesehatan di Banjarmasin, Simak Sanksinya
apahabar.com

Kalsel

2 Kali Membunuh, Kejiwaan Penjagal Bocah SD Limpasu HST Masih Tanda Tanya
apahabar.com

Kalsel

Hindari Penyalahgunaan, Disdukcapil Banjar Musnahkan 20.973 E-KTP Invalid
apahabar.com

Kalsel

BMKG Kembali Ingatkan Potensi Karhutla Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Waspada, Warga Banjarbaru Perhatikan Peringatan BMKG Hari Ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com