Maladministrasi, Pemkot Banjarmasin Diminta Setop Tertibkan Reklame Sepihak BREAKING NEWS: BNN Benarkan Tangkap Oknum DPRD Tala Saat Pesta Sabu Bisnis Terselubung, Polisi Kotabaru Tangkap 2 Pelaku TV Kabel Rekonstruksi Pembunuhan di Buncit Indah, Satu Pelaku Sakit Dikabarkan Tertangkap Pesta Sabu, SRN Anggota DPRD Tanah Laut Buka Suara

Semarak 74 Tahun Kemerdekaan RI, Pentas Seni Meriahkan HST

- Apahabar.com Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:32 WIB

Semarak 74 Tahun Kemerdekaan RI, Pentas Seni Meriahkan HST

1Siswa SMAN 4 Barabai memeriahkan HUT 74 RI dengab menampilkan tarian Jukung Bagampir di halaman Balai Rakyat, Sabtu (24/8). Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Para seniman Hulu Sungai Tengah (HST) memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dengan menggelar pentas seni semarak kemerdekaan di halaman Balai Rakyat Barabai, Sabtu (24/8) malam.

Berbagai pertunjukan seni disuguhkan dihadapan ratusan penonton yang memadati lokasi kegiatan.

Ada musik panting dari Sanggar Kumbang Banaung dan penayangan seni film serta visualisasi (Misbar) dari SMAN 3 dan SMKN 2 Barabai. Kemudian ada penampilan musikalisasi puisi yang dibawakan siswa SMAN 1 Barabai.

Tak luput pertunjukan tari tradisional Panyambung Rajaki dari Sanggar SMAN 1 dan Tari Jukung Bagampir dari SMAN 4 Barabai serta penampilan silat tradisional Kuntau dari Kompak Borneo HST.

Wakil Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Hulu Sungai Tengah (DKK HST), M Ikhwansyah mengatakan, tujuan dilaksanakannya pentas seni itu merupakan rangkaian dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

“Selain itu, pentas seni ini juga digelar dalam rangka menjalin silaturahmi antar para seniman HST dan sebagai upaya melestarikan seni dan budaya Banjar khususnya di Kabupaten HST,” kata Ikhwansyah yang juga seniman lukis.

Mewakili para seniman, dia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab HST yang selama memfasilitasi para seniman untuk bisa berkarya dan menunjukkan eksistensinya di bidang seni dan budaya.

“Terima kasih bapak Bupati HST, pak Sekda dan jajaran pejabat lainnya karena selama ini selalu memberikan ruang dan gerak bagi para seniman HST untuk mengembangkan kreativitas seni dan budaya baik di daerah maupun sampai ke tingkat nasional dan manca negara,” ucap Ikhwansyah.

Tokoh seniman HST, Kaspul Anwar AK menilai bahwa saat ini seni dan budaya di HST sudah mulai ada kemajuan dan mulai menunjukkan eksistensinya.  Karena pemerintah daerah mendukung penuh bagi pelestarian dan kemajuan seni dan budaya.

“Proses regenerasi mesti terus dilakukan, seni dan budaya adalah salah satu tonggak berdirinya peradaban. Pelaku seni, pegiat budaya harus bersinergi dengan pemerintah dalam usaha melestarikan itu semua” kata Kaspul, seniman yang bergelut lebih dari 50 tahun di dunia seni ini.

Pentas seni diakhiri dengan penampilan para sastrawan Kalimantan Selatan asal HST, Kaspul Anwar AK, Rezki Atmanegara, Asna Sepriawati, Masruswian, M. Ikhwansyah dan Rahmiati yang masing masing membacakan puisi tentang kemerdekaan.

Agenda pentas seni dalam menyemarakkan HUT ke 74 RI ini nantinya pada Selasa (27/8/2019) juga diadakaan pertunjukan Wayang Kulit Purwa Banjar oleh Dalang Nala Reza dengan Lelakun, Gerimis Melanda Hati.

Baca Juga: Raih Prestasi Nasional, Pemerintah Daerah Belum Lirik Gapura Karya Warga Banjarmasin

Baca Juga: Bahaya Kebakaran Masih Mengintai, Potensi Kabut Asap Mulai Terlihat

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Terkepung Asap Karhutla, 5 Pelajar SMKS Tunas Bangsa Sempat Pingsan
apahabar.com

Kalsel

Tanggapan Dewan Kalsel Terkait Ibu Kota Baru
apahabar.com

Kalsel

Cegah ISPA, Dinas Kesehatan Banjarmasin Bagikan 10 ribu Masker Ramah Lingkungan
apahabar.com

Kalsel

Musisi Lokal Banjar Tampil Memukau di Duta Mall
apahabar.com

Kalsel

Kabupaten Banjar Kantongi 3 Penghargaan Nasional Selama Guru Khalil Menjabat
apahabar.com

Kalsel

Bripka Kity, Anak Buruh Bangunan Peraih Nilai Tertinggi Seleksi Calon Perwira
Andai Tak Diperbaiki, Dermaga Pasar Marabahan Bisa Makan Korban

Kalsel

Andai Tak Diperbaiki, Dermaga Pasar Marabahan Bisa Makan Korban
apahabar.com

Kalsel

BNN Tes Urine Anggota Denpom VI/2 Banjarmasin, Ada Apa!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com