Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan 13 Menit di SDL, Jokowi Disambut Meriah Ribuan Pengungsi Banjir Kalsel

Telat Panas, Barito Pulang Tanpa Poin dari Kanjuruhan

- Apahabar.com Senin, 19 Agustus 2019 - 20:56 WIB

Telat Panas, Barito Pulang Tanpa Poin dari Kanjuruhan

Kiper Barito Putera, Muhammad Riyandi yang dipercaya tampil melawan Arema FC. Foto-Instagram

apahabar.com, MALANG – Belum satupun kemenangan tandang diperoleh Barito Putera hingga menjelang akhir putaran pertama Liga 1 2019.

Pertandingan tandang terakhir yang dilakoni di Stadion Kanjuruhan melawan Arema FC, Senin (19/8), justru berakhir kekalahan 1-2.

Baca Juga: Timnas Rebut Peringkat Tiga Piala AFF U-18, Bomber Barito Gagal Raih Gelar Top Skor

Kekalahan tersebut juga diwarnai kegagalan Barito bermain dengan lebih banyak variasi, terutama di lini depan yang minus Rafael Silva akibat kartu merah dari pertandingan sebelumnya.

Pertandingan sebenarnya berlangsung dalam tempo sedang. Namun baru semenit berlalu pasca kickoff, Agil Munawar menjajal Muhammad Riyandi dengan sepakan dari luar kotak penalti. Bola sempat terlepas dari tangan Riyandi, sebelum dapat diamankan.

Barito yang mengenakan pita Merah Putih di lengan kanan, sempat menekan selama beberapa menit kemudian. Namun usaha itu belum menghasilkan peluang bagus.

Selanjutnya permainan relatif dikuasai Arema yang memanfaatkan lebar lapangan, mengingat Barito menumpuk cukup banyak pemain di pertahanan.

Adi Setiawan kembali mendapat tugas sebagai pemain bertahan. Bedanya Adi beroperasi di lini tengah dengan tugas menutup pergerakan Makan Konate yang merupakan motor permainan Arema.

Meski sesekali menyerang, Barito sempat mengancam di menit 18, ketika Rizky Rizaldi Pora menyontek umpan lambung Samsul Arif di dalam kotak penalti.

Arema yang kemudian berhasil mencetak gol di menit 24. Diawali sepak pojok Konate, Hamka Hamzah leluasa menyongsong bola dengan kepala dan diarahkan ke tiang jauh.

Tak lama kemudian, akselerasi Konate membelah pertahanan Barito dan menyepak ke gawang. Beruntung Riyandi dalam posisi tepat menangkap si kulit bundar.

Memasuki menit 36, Evan Dimas melakukan blunder di depan kotak penalti, sehingga bola dapat direbut Hendro Siswanto. Kembali Barito masih beruntung, karena tendangan Hendro mudah diamankan Riyandi.

Hendro kembali membuang peluang di menit 40. Diawali bola yang direbut dari Dandi Maulana, Konate berlari ke ujung kiri kotak penalti dan melepas umpan tarik.

Hendro yang datang dari belakang dan berdiri tanpa kawalan di depan gawang, malah mengarahkan bola jauh ke atas.

Menjelang turun minum, peluang Barito melalui sepakan menyilang Rizky, dapat ditepis Kurniawan Kartika Aji. Bola rebound yang berusaha disambar Samsul, keburu disapu Agil.

Selepas turun minum, Barito berusaha bermain lebih agresif. Mereka sebenarnya dapat menembus sepertiga akhir lawan, karena pressing Arema kurang ketat.

Namun demikian, pengambilan keputusan akhir yang dilakukan Barito kerap tergesa-gesa. Baik dengan umpan silang maupun tendangan dari luar kotak penalti.

Arema yang nyaris menggandakan keunggulan di menit 56. Sudah melewati adangan Dandi di kotak penalti, tendangan Ricky Kayame dapat dimentahkan Riyandi.

Barito melakukan pergantian pertama di menit 57. Pelatih Yunan Helmi berusaha mempertajam serangan dari flank dengan memasukkan Gavin Kwan Adsit yang menggantikan Andri Ibo.

Justru Arema berhasil mencetak gol kedua di menit 59. Berawal dari through pass Hanif Sjahbandi, bola dikuasai Konate di kiri kotak penalti. Bola kemudian diumpankan ke depan gawang dan dicocor Kayame.

Keunggulan selisih gol membuat Arema bermain lebih santai dan sabar memainkan bola. Sebaliknya Barito berusaha secepatnya membawa bola ke depan.

Tetapi Barito kesulitan mengkreasikan peluang. Satu-satunya kesempatan diperoleh melalui sundulan Gavin yang mudah ditangkap Kartika.

Usaha Barito baru berhasil menggoyang jala gawang tuan rumah di menit 88. Memanfaatkan rebound sepakan Samsul yang diblok Kartika, Gavin dengan cepat menyambar bola.

Barito bahkan bisa saja menyamakan kedudukan semenit berselang, seandainya tendangan Samsul dari kiri kotak penalti tak dimentahkan tiang. Padahal Samsul sudah berhasil melewati tiga pemain lawan.

Dengan kekalahan ketujuh tersebut, Barito tidak beranjak dari peringkat 14 klasemen sementara dengan 12 poin.

Sedangkan Arema naik ke peringkat ketiga dengan 25 poin, berselisih 7 poin dari pemuncak klasemen Tira Persikabo.

Susunan Pemain

Arema FC (4-3-3)
Kartika Aji; Agil Munawar, Arthur, Hamka Hamzah, Alfin Tuasalamony; Hanif Sjahbandi (M Rafli ’68), Hendro Siswanto, Makan Konate; Dandi Santoso, Sylvano Comvalius (Ahmad Nur Hardianto ’53), Richard Kayame (Rifaldi Bawuo ’81).

Barito Putera (4-3-3)
Muhammad Riyandi; Nazar Nurzaidin, Dandi Maulana, Donni Monim, Andri Ibo (Gavin Kwan Adsit ’57); Evan Dimas (Ferdiansyah ’79), Lucas Rodriguez, Ady Setiawan; Rizky Rizaldi Pora (Roni Beroperay ’67), Samsul Arif, Yakob Sayuri.

Baca Juga: Awas Amukan Singo Edan, Simak Link Live Streaming Arema FC vs Barito Malam Ini

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

Paman Birin Cetak Quattrick, Gilas Tim Walikota 14-5
apahabar.com

Sport

PSSI Serahkan Nasib Laga Liga 1 ke Tangan Pemerintah
apahabar.com

Sport

5 September, Barito Seleksi Striker Latin
apahabar.com

Sport

Bos Persipura Pertahankan Eks Pelatih Barito
apahabar.com

Sport

Hasil Piala Liga Inggris, Singkirkan Liverpool, Arsenal Lolos ke Perempatfinal, Skor Akhir 5-4
apahabar.com

Sport

Maung Bandung Yakin Tiga Angka!
apahabar.com

Sport

GP Azerbaijan, Misi Ferrari Kembangkan SF90
apahabar.com

Sport

Hadapi PON XX, KONI Kalsel Gelar Rapat Bersama
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com