apahabar.com
Wali Kota Balikpapan Rizal Effendy, bersama jajaran forum komunikasi pimpinan daerah membentangkan spanduk ucapan usai menyaksikan siaran tunda pidato kenegaraan. Foto: Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Belum lagi disebutkan lokasi spesifik ibu kota baru Indonesia, Pemerintah Kota Balikpapan sudah membentangkan spanduk ucapan terima kasih.

“Terima Kasih Presiden Jokowi, Alhamdulillah Ibu Kota di Kalimantan Timur,” isi ucapan spanduk terkait pemindahan ibu kota itu.

Baca Juga: Jokowi Izin Pindah Ibu Kota ke Kalimantan

Spanduk dibentangkan oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendy, bersama jajaran forum komunikasi pimpinan daerah, usai menyaksikan siaran tunda pidato kenegaraan.

“Ya mudah-mudahan, karena doanya Kiai Idris kan mintanya (ibu kota negara) di Kalimantan Timur,” kata Rizal dikutip apahabar.com dari Korankaltim.com.

KH Muhammad Idris adalah anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Kaltim.

Doa dimunajatkan dalam sidang bersama DPD RI dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI untuk memperingati HUT ke-74 Indonesia di gedung parlemen, Jumat (16/08).

Di hadapan ratusan para wakil rakyat dan senator itu, Presiden Jokowi minta izin untuk memindahkan pusat pemerintahan sekaligus ibu kota dari DKI Jakarta ke Kalimantan.

“Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke pulau Kalimantan,” tegas Jokowi.

Ibu kota baru nantinya tidak hanya menjadi simbol identitas bangsa. Tapi juga representasi kemajuan bangsa Indonesia. Terutama dalam mewujudkan pemerataan dan keadilan.

“Ini demi visi Indonesia maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya,” tegas Jokowi.

Sayangnya, meskipun sudah meminta izin memindahkan Ibu Kota, Jokowi tidak secara spesifik menyebut lokasi calon ibu kota baru.

Jokowi sempat menyebut bahwa calon ibu kota baru telah mengerucut, antara Kalsel, Kaltim, dan Kalteng.

Baca Juga: Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Paman Birin Diminta Jokowi Siapkan Lahan

Editor: Fariz Fadhillah