13 Menit di SDL, Jokowi Disambut Meriah Ribuan Pengungsi Banjir Kalsel Titah Jokowi di Mataraman Kalsel: Segera Perbaiki Jembatan BREAKING! Jokowi Tiba di Kalsel, Langsung Blusukan Bagi Sembako Hujan Deras, Ribuan Korban Banjir Nantikan Kedatangan Jokowi di SDL Geger! Kakek Tak Bernyawa di Bak Truk Trisaksti Banjarmasin

Terjaring Razia, Mobil New Avanza Bawa Ratusan Liter BBM Ilegal

- Apahabar.com Kamis, 15 Agustus 2019 - 17:24 WIB

Terjaring Razia, Mobil New Avanza Bawa Ratusan Liter BBM Ilegal

Anggota Polsek Amuntai Utara amankan mobil New Avanza angkut BBM Ilegal. Foto - Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Anggota Polsek Amuntai Utara berhasil menggagalkan penyelundupan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi pada Selasa (13/08) malam. Dari hasil operasi polisi ini, ratusan liter bahan bakar minyak yang diduga ilegal beserta seorang sopir bernama Andi Ardi Septiawan alias Andi (24) yang turut dibekuk.

Pengungkapan kasus pengangkutan dan atau niaga BBM tanpa ijin usaha berawal dari tertangkapnya pengemudi mobil New Avanza yang dikendarai Andi Ardi Septiawan alias Andi, warga Jalan Lambung Mangkurat RT 05 Desa Palampitan Hulu, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Mobil warna silver itu dihentikan polisi saat menggelar kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (KKYD) di Jalan Rakha Desa Pamintangan RT 04, Kecamatan Amuntai Utara, HSU. KKYD tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Amuntai Ipda Rahman Ramadhani.

“Sebelumnya anggota melaksanakan patroli dan melakukan pemeriksaan terhadap ranmor yang dicurigai dan kemudian memberhentikan ranmor avanza silver yang dikemudikan tersangka dan setelah diperiksa dalamnya ditemukan BBM dalam jerigen,” ujar Kapolsek Amuntai Utara Ipda Ramadhani kepada apahabar.com melalui sambungan telepon, Kamis (15/08).

Pada saat dilakukan pemeriksaan sopir tidak bisa menunjukan surat dokumen dari minyak yang dia bawa. Ketika diintrogasi oleh petugas, sang sopir tersebut mengaku, bahwa bahan bakar yang dia bawa diambil dari salah satu SPBU di kawasan hulu sungai.

Sementara barang bukti BBM yang diamankan sebanyak 190 liter. Yang terdiri dari pertamax sebanyak 130 liter dan disimpan dengan menggunakan 4 buah jerigen. Kemudian jenis Pertalite sebanyak 60 liter dalam wadah dua jerigen.

“Kemudian anggota melakukan pengembangan di rumah pelaku di Desa Palampitan Hulu RT 05 Kecamatan Amuntai Tengah. Di situ kita kembali temukan ditemukan bensin premium sebanyak 186 liter yang belum sempat terjual,” ungkapnya.

Untuk kepentingan dan proses lebih lanjut, kendaraan berikut muatan, sopir mobil New Avanza tersebut telah dibawa dan diamankan di Mapolsek Amuntai Utara.

“Di sini, kasus bbm ilegal ini tetap kita tindak lanjuti terkait tindak pidana penyalahgunaan pengangkutan bahan bakar minyak (BBM) dan gas bumi tanpa izin usaha yang sah. Sebagaimana tertuang dalam pasal 53 huruf (b) jo pasal 23 huruf (b) UU. RI No. 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi. Barang bukti kasus minyak itu sudah diamankan di Polsek Amuntai Utara,” pungkasnya.

Baca Juga: Transaksi Sabu, 2 Lelaki Diamankan di Pangkalan Ojek Batu Benawa

Baca Juga: Cinta Terlarang Terbongkar, Oknum RT Keluarkan Jurus Bacok  

Baca Juga: Ribuan Napi di Kalsel Dapat Remisi HUT RI Ke-74, Dominan Kasus Narkotika

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Aprianoor

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Satpol PP Perempuan Korban Dibegal Usai Pulang Piket Malam
apahabar.com

Hukum

Satresnarkoba Tanbu Blender Puluhan Gram Sabu dan Ribuan Pil G
apahabar.com

Hukum

Perangi Kriminalitas, Polres Tapin Musnahkan 798 Botol Miras
apahabar.com

Hukum

Ditinggal Shalat Berjemaah, Motor Raib
apahabar.com

Hukum

Mendadak Akun @riskii125 Penghina Abah Guru Sekumpul Menghilang, Penyelidikan Terhenti?
apahabar.com

Hukum

Pembunuhan Pria Bertato Karena Salah Paham
apahabar.com

Hukum

Kasus Order Fiktif Ojol di Banjarbaru Berakhir Damai, Simak Modus Pelaku
Komix

Hukum

Malu-maluin! Pemuda di Kotabaru Jambret Wanita demi Komix
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com