Malam Lebaran, Kebakaran Gegerkan Warga Kuin Banjarmasin! Ngenes! Mau Tutup, Pengunjung Duta Mall Banjarmasin Malah Menurun H-1 Lebaran, Puluhan Pemudik Diputarbalik di Pos Penyekatan Tabalong! Buat Jalur Khusus Jemaah, Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin Gelar Salat Ied Hore! Remisi Lebaran Warga Binaan di Kalsel Diusulkan Bertambah, Segini Jumlahnya

Tiga Lembaga Hukum Balangan Sepakat Wujudkan Wilayah Bebas Korupsi

- Apahabar.com Selasa, 27 Agustus 2019 - 19:15 WIB

Tiga Lembaga Hukum Balangan Sepakat Wujudkan Wilayah Bebas Korupsi

Kapolres Balangan, PN Paringin dan Kejari Balangan usai penandatanganan MoU. Foto-apahabar.com/Agus Suhadi.

apahabar.com, PARINGIN – Upaya tiga lembaga hukum di Kabupaten Balangan menciptakan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) terus digalakkan. Khususnya koordinasi dalam penanganan perkara tindak pidana di sana.

Ketiga lembaga hukum itu yakni, Polres Balangan, Kejaksaan Negeri Balangan dan Pengadilan Negeri Paringin. Ketiganya sepakat dengan ditandai penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) di Aula Pesat Gatra Mapolres Balangan, Kecamatan Paringin Selatan, Selasa (27/8).

Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh ketiga pemimpin di lembaga hukum tersebut. Masing-masing Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni, Kajari Balangan Tommy Kristanto, dan Ketua Pengadilan Negeri Paringin Rios Rahmanto.

Zamroni mengatakan, MoU ini merupakan langkah untuk mempercepat proses penanganan hukum tindak pidana di wilayah Balangan. “Kami sudah melakukan kooordinasi sebelumnya masalah penegagkan hukum, namun hanya secara non formal. Untuk itu pendatanganan MoU yang disepakati ini akan mempermudah kami dalam hal penanganan hukum yang cepat dan profesional,” ucapnya Kapolres Balangan ini.

Sementara itu Rios Rahmanto menambahkan, dengan MoU ini perkara pidana dapat diselesaikan sampai tahap putusan. Mengingat selama ini kasus yang muncul beragam dan jumlahnya selalu bertambah.

“Tuntutan penegak hukum ini semakin banyak, tindak pidana juga bermacam-macam, dan UU baru pun akan banyak muncul. Nah, dengan MoU ini maka senergi kita akan terjalin,” timpal Kepala PN tersebut.

Apresiasi juga disampaikan oleh Tommy Kristanto. Ia menyebut MoU penanganan penegakan hukum perkara pidana ini menjadi atensi bagi penegakan hukum kasus pidana. Tujuannya, agar lebih cepat dari proses penyidikan sampai proses putusan.

“Kami juga mengapresiasi rangkaian kesepahaman melalui MoU ini yang juga merupakan langkah untuk perancangan menuju zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK),” harap Kejati Balangan ini.

Hadir dalam penandatanganan MoU ini Bupati Balangan yang diwakili Asisten 2, Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan serta perwakilan Kodim 1001 Amuntai/Balangan.

Baca Juga: Ibu Kota di Kaltim, dan Relevansi Pemikiran Bung Karno

Baca Juga: Tak Masuk APBD Murni, Pilkada 2020 Kabupaten Banjar Hambar

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pilwali Banjarmasin 2020, Empat Paslon Dapat Pengawal Pribadi Terlatih

Kalsel

Sepanjang 2020, RSUD dHAAN Tanbu Tangani 366 Pasien DBD, 9 Orang Meninggal

Kalsel

Sindikat Penipuan Janjian Kencan via Facebook di Banjarmasin Dibongkar, 46 Kali Beraksi
apahabar.com

Kalsel

Lewat Video Call, Kerinduan Warga Rutan Marabahan Terobati

Kalsel

Geger Malam Tahun Baru Islam, Warung di Tapin Ludes Terbakar
banjir

Kalsel

Warga Kalsel Kebanjiran: Uuu Paman Birin… Bergerak Paman!
apahabar.com

Kalsel

UTD RS H Damanhuri Barabai Kekurangan Stok, Puluhan Atlet Sumbang Darah di HUT KONI

Kalsel

Angka Cantik, Hari ini Positif Covid-19 Tanbu Tembus 2.222 Kasus
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com