Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah Pembelajaran Tatap Muka SMP di Banjarmasin Siap Dibuka, Catat Bulannya VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat

Tiga Wilayah Berpotensi Hujan, Kebakaran Hutan dan Lahan Tetap Mengintai Kalsel Hari Ini

- Apahabar.com Jumat, 16 Agustus 2019 - 04:50 WIB

Tiga Wilayah Berpotensi Hujan, Kebakaran Hutan dan Lahan Tetap Mengintai Kalsel Hari Ini

Prakiraan Cuaca. Foto-apahabar.com/Infografis

apahabar.com, BANJARMASIN – Hujan ringan berpotensi terjadi di tiga kab/kota di Kalsel hari ini. Meski demikian, potensi kebakaran hutan dan lahan tetap mengintai 7 wilayah lainnya.

Seperti kemarin, meski cuaca panas, namun hujan sempat turun di Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar. Nah, untuk hari ini hujan berpotensi terjadi Banjarbaru, Amuntai (Kab Hulu Sungai Utara) dan Kandangan (Kab Hulu Sungai Selatan).

Baca Juga: Ratusan Pendaki akan Kibarkan Merah Putih di Gunung Halau-Halau

Hujar diprakirakan kemungkinan besar terjadi pada siang atau sore hari. Meski demikian, hujan lokal dan intensitasnya ringan. Artinya hanya beberapa titik di tiga wilayah itu mengalami hujan.

Kondisi itu terpantau dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jumat (16/8). Meski demikian, BMKG malah menyebut adanya potensi kebakaran hutan dan lahan yang mengintai 7 kabupaten di Kalsel.

Mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau, BMKG pun menghimbau warga untuk waspada akan adanya potensi kebakaran hutan dan lahan.

“Waspada potensi kemudahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kab/Kota Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Banjar, Tapin, Barito Kuala, Balangan dan sekitarnya,” demikian peringatan dini BMKG dalam laman resminya hari ini.

Hal itu tak luput dari cuaca panas ditengarai dapat memicu sejumlah titik api di 7 lokasi tersebut. Untuk hari ini, BMKG memprakirakan suhu cuaca tertinggi berada pada 34 derajat celcius. Sedangkan tingkat kelembaban sebesar 95 persen.

Kondisi itu berlaku pada siang/sore hari. Pasalnya, sejak pagi hari, cuaca di 13 kab/kota dalam keadaan cerah, bahkan cenderung panas terik.

Namun, seperti umumnya musim kemarau, cuaca pada malam hingga dini hari cukup dingin. Bahkan dapat menusuk ketulang, mengingat suhu terendah dapat mencapai 23 derajat celcius dan tingkat kelembaban sebesar 45 persen.

Karenanya, ada baiknya warga untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Khususnya dengan banyak mengkonsumsi air putih pada siang hari agar tidak dehidrasi. Kemudian jika malam hari usaha tidak usah keluar rumah, agar tidak masuk angin sehingga bisa menimbulkan penyakit yang umum terjadi, seperti batuk dan pilek.

Untuk kecepatan angin sendiri di Kalsel relatif normal, yakni bergerak dari 0-19 km/jam.

Baca Juga: BPBD Banjarmasin: Kerugian Kebakaran di Alalak Diperkirakan Capai Miliaran Rupiah

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Alasan Banjir di HSU Lebih Parah daripada Tabalong
apahabar.com

Kalsel

Tampung Keluhan Masyarakat, Kesbangpol: Kita Adakan Seminar Secara Luas
apahabar.com

Kalsel

Siang Ini 5 Kabupaten/Kota di Kalsel Diprakirakan Hujan Berpetir
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kotabaru: Lagi, 1 Orang Meninggal Dunia
apahabar.com

Kalsel

Pemkab HSS Kembali Laksanakan Safari Gerakan Salat Subuh Berjamaah
apahabar.com

Kalsel

Tambah 35, Total Positif Covid-19 di Tabalong 187 Orang
apahabar.com

Kalsel

Konvoi Sungai, Bank Kalsel Jadi Klotok Favorit
apahabar.com

Kalsel

Siang Hari, BMKG Prakirakan 6 Daerah di Kalsel Hujan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com