Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

TNI AU Turunkan Pesawat Super Canggih Cari Korban Tenggelam KM Pieces

- Apahabar.com Senin, 5 Agustus 2019 - 22:44 WIB

TNI AU Turunkan Pesawat Super Canggih Cari Korban Tenggelam KM Pieces

Letkol Laut (P) Bambang Edi Saputro saat berada di Aula Badan Sar Nasional Banjarbaru. Foto- Muhammad Al Madani

apahabar.com, BANJARBARU – Pencarian korban tenggelam KM Pieces berlanjut. TNI Angkatan Udara (AU) pun menurunkan pesawat terbang terbaik super canggih untuk mencari korban yang tenggelam berikut puing  kapal.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Komandan (Wadan) Wing Udara I Pusnerbal TNI AU, Letkol Laut (P) Bambang Edi Saputro menyampaikan, pesawat yang diturunkan biasanya digunakan untuk patroli sepanjang tahun di wilayah Indonesia bagian Barat dan Indonesia Bagian Timur.

Pesawat tersebut bernama CN 235-220 MPA, buatan PT Dirgantara Indonesia (DI).

“Ini merupakan satu-satunya pesawat TNI AU yang paling canggih, karena menggunakan misen. Ini sangat luar biasa untuk melakukan pencarian para korban,” ungkapnya kepada apahabar.com, Senin (8/8/2019) malam.

Pencarian menggunakan pesawat tersebut dinyatakan oleh Letkol Bambang Edi Saputro, sangat efektif untuk melakukan pencarian di darat maupun laut.

Pesawat untuk melakukan pencarian korban KM Pieces yang tenggelam tersebut dilengkapi dengan kamera dan juga video serta radar untuk menyorot ke bawah saat pesawat terbang di atas laut. Kecanggihan alat tersebut membuat tidak ada celah yang terlewatkan oleh jangkauan kapal.

“Kamera yang kita pakai ini juga efektif saat kita melakukan pencarian di malam hari, jadi untuk kita menemukan korban saya rasa sangat bagus, kemudian kita bisa melihat titik yang kita curigai adanya korban. Kita bisa zoom untuk melihat korban dari jarak jauh,” ucapnya.

Dirinya juga mengatakan jika pesawat yang digunakan pihaknya memiliki kemampuan untuk terbang rendah serta terbang tinggi. Hingga menambah kemudahan untuk menemukan korban.

“Sebenarnya pesawat kita yang efektifnya terbang di atas 5000 kaki, dan kita dapat mendeteksi sekitar 70 sampai 100 mil untuk target kapal, dan untuk korban untuk jarak yang lebih dekat dan lebih rendah untuk lebih jelasnya,” ujarnya.

CN 235-220 MPA dapat terbang selama 9 Jam, untuk dilakukan dalam SAR atau pencarian korban hanya dilakukan selama 7 Jam.

Letkol Laut (P) Bambang Edi Saputro mengharapkan. Saat pencarian besok pagi, pihaknya dapat melakukan pencarian dengan maksimal karena pencarian yang tersebut adalah pencarian terahir.

“Semoga besok kita bisa melakukan pencarian secara maksimum dan pencarian berjalan dengan lancar. Karena besok adalah pencarian yang terakhir, kita melakukan pencarian dari Banjarmasin dengan tujuan ke Surabaya. Kita siapkan selama 7 Jam. Kita semua berdoa semoga bisa berjalan dan baik, serta korban bisa segera kita temukan baik yang selamat atau yang tidak selamat,” pungkasnya.

Baca Juga: Gelombang Tinggi Menjadi Kendala Pencarian Korban Tenggelam KM Pieces

Baca Juga: H+6 Pencarian 30 Korban Tenggelam KM Pieces Masih Nihil!!!

Baca Juga: Nasib Korban KM Pieces Belum Jelas, Keluarga Dimohon Bersabar

Reporter: AHC 15
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pemasok Dokumen Palsu ke Eks Kades Batola Ditangkap!
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Diperkirakan Hujan, BMKG: Waspada Angin Kencang dan Petir
apahabar.com

Kalsel

BMKG: Waspada! Batulicin dan Kotabaru Diprakirakan Hujan Disertai Petir pada Pagi Hari
apahabar.com

Kalsel

Proyek Tugu Banjarbaru-Banjar Berpotensi Molor, Kontraktor Dihantui Denda

Kalsel

VIDEO: Korban Tenggelam di Sungai Alalak Ditemukan Tewas Mengapung!
apahabar.com

Kalsel

Oknum Pejabat Terseret Pencabulan, Wali Kota Banjarmasin Buka Suara
apahabar.com

Kalsel

Kecanduan Parah, Oknum Petugas SAR Banjarmasin Lama Ditarget
apahabar.com

Kalsel

Sempat Kabur, Pelaku Penggelapan di Barut Diringkus di Banjar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com