Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Travellindo Tak Kantongi Izin di Banjarmasin, Simak Penjelasan Kemenag Kalsel

- Apahabar.com Jumat, 2 Agustus 2019 - 14:14 WIB

Travellindo Tak Kantongi Izin di Banjarmasin, Simak Penjelasan Kemenag Kalsel

Merasa tertipu oleh agen keberangkatan umrah dan haji, puluhan calon jemaah haji plus mendatangi kantor Travellindo Tours & Travel, Jalan Pangeran Hidayatullah, Banjarmasin, Kamis pagi. Foto-apahabar.com/Bahaudin

apahabar.com, BANJARMASIN – Kementerian Agama Kalimantan Selatan memastikan agen perjalanan Haji dan Umrah PT Travellindo Tours & Travel belum mengantongi izin cabang di Banjarmasin.

“Izinnya ada di Kemenag Pusat dan data pada kami Travellindo tidak ada cabang di Banjarmasin,” ucap Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, H Noor Fahmi saat ditemui apahabar.com di kantornya, Jumat (2/8) siang.

Sekalipun telah mengantongi izin dari Kementerian Pusat, namun Travellindo belum mendapat pengesahan dari Kanwil Kemenag Kalsel.

“Seharusnya dia melapor kemudian menyampaikan beberapa persyaratan, lalu akan dikeluarkan pengesahannya bahwa dia adalah cabang dari Travellindo pusat,” ungkap Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah, Hidayaturrahman menambahkan via seluler.

Untuk mendapatkan izin, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Dari Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 8 tahun 2018 tentang penyelenggaraan ibadah umrah, jasa perjalanan atau travel harus mendapat pengesahan dari Kanwil setempat.

“Dulu Travellindo memang cabang di Kalsel, tetapi sebelum keluarnya PMA itu,” katanya.

Dalam kurun waktu setahun ini, Travellindo sempat mengajukan pemindahan kantor pusat ke Banjarmasin. Namun hanya meminta pengesahan tanpa melengkapi persyaratan yang diajukan Kanwil Kemenag Kalsel.

“Kami kan ada prosedurnya, tidak sembarangan. Syarat tadi dikaji, lalu diidentifikasi ke lapangan apakah layak atau tidak. Kemudian baru diserahkan ke Pak Kanwil untuk disetujui,” paparnya.

apahabar.com

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, H Noor Fahmi saat ditemui apahabar.com di kantornya, Jumat (2/8) Siang. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

Kemenag memang ingin selektif dalam memberikan pengesahan bagi travel-travel haji dan umrah. Pasalnya tak sedikit CJH yang menggunakan travel tanpa izin usaha.

“Mereka tetap bisa berangkat karena memiliki visa dan terdaftar di pusat,” tuturnya.

Untuk menghindari kasus serupa terulang, para calon haji dapat berkonsultasi dengan Kemenag terdekat untuk mengetahui travel mana saja CJH yang terdaftar. Saat ini telah terdata sebanyak 49 travel, baik itu cabang maupun pusat.

Untuk diketahui sebanyak 53 calon jemaah haji khusus terancam gagal berangkat ke tanah suci. Mereka merasa tertipu oleh Travellindo Tours & Travel, padahal biaya keberangkatan hingga puluhan juta telah dilunasi.

Pertemuan pun telah dilakukan antara para CJH dan penanggung jawab Travellindo Tours & Travel, Supriadi di kantor mereka Jalan Pangeran Hidayatullah, Kamis malam.

“Dari pusat langsung turun bersama kita dari bidang penyelenggara haji dan umrah mendampingi pihak pusat sub bagian hukum dan Dirjen PHU [Penyelenggaraan Haji dan Umrah],” ujar Fahmi.

Baca Juga: Kisruh Jemaah Travellindo, Calon Haji asal HSS Tak Kuasa Tahan Tangis

Baca Juga: Kisruh Jemaah Travellindo, Tetap Berangkat tapi….

Baca Juga: Kisruh Calon Haji Travellindo Banjarmasin, Intip Reaksi YLK Kalsel

Reporter: Musnita Sari
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Duh, Sebagian Warga Desa Binawara Tanbu Masih BAB di Sungai
apahabar.com

Kalsel

BRI Peduli Serahkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Fasilitasi Pendaftaran Kartu Prakerja, DPC PDIP Tapin Buka Posko
apahabar.com

Kalsel

Kebakaran Pasar Kotabaru, Pedagang Ikan Rugi Miliaran
apahabar.com

Kalsel

Cerita Kopral Parhan, Kakek Pahlawan Penyeberang Jalan yang Sudah 4 Kali Ditabrak
apahabar.com

Kalsel

Polres Tala Kembali Distribusikan Paket Bapok dan Masker
apahabar.com

Kalsel

Mengintip Langkah Koalisi Adil Makmur Pada Pilkada 2020 Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Agar Tak ‘Tumbang’ saat Pemilu, Polisi di Kalsel Diberi Vitamin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com