apahabar.com
Penyerahan tali asih kepada pejuang HSS oleh Wabup Syamsuri Arsyad. Foto-Kominfo HSS.

apahabar.com, KANDANGAN – Peringatan Kemerdekaan RI ke-74 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) diisi dengan penyerahan tali asih kepada veteran dan janda pejuang di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Sabtu (17/8).

Tak hanya itu, bagi mereka yang memiliki prestasi juga mendapat penghargaan dari pemerintah setempat.

Penyerahan itu secara simbolis dilakukan Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad yang sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara. Syamsuri mewakili bupati H Achmad Fikry yang duduk di belakang karena masih dalam pemulihan kondisi fisik.

Meski demikian, Fikry menyampaikan atas nama pemerintah mengucapkan selamat memperingati hari kemerdekaan RI bagi seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya di HSS.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para panitia penyelenggara yang melaksanakan tugas dengan baik dan lancar, dan sengaja menugaskan Wakil Bupati HSS bertindak sebagai inspektur upacara.

“Saya tidak ingin menganggu kekhidmatan pelaksanaan acara karena kondisi masih dalam tahap pemulihan kesehatan, sehingga Wakil Bupati HSS yang memimpin,” katanya.

Ia berharap peringatan kali ini dapat dimaknai dengan bersyukur kepada Tuhan YME dan mengajak masyarakat agar mengisi kemerdekaan dengan pembangunan dan tugas bersama dalam mengentaskan kemiskinan, kebodohan serta mensejahterakan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) HSS, Hendro Martono, kegiatan ini dirangkai dengan penyerahan tali asih yang diserahkan oleh Wakil Bupati HSS kepada para veteran dan janda pejuang. “Serta penyerahan berbagai penghargaan lainnya,” katanya.

Dijelaskannya, penghargaan tersebut antara lain diserahkan kepada penyuluh pertanian teladan tingkat kabupaten, guru berprestasi, kepala sekolah berprestasi, pengawas sekolah berprestasi, dan juga penyerahan remisi kepada narapidana.

Peringatan ini juga dimeriahkan dengan penampilan polisi cilik binaan Polres HSS serta paduan suara “Sehati Voice”. Dan keseruan usai peringatan juga dirasakan saat Bupati HSS, Wabup dan Forkopimda HSS berkenan menyanyi bersama dilanjutkan foto bersama.

Sebelumnya, Wakil Bupati HSS mengikuti apel kehormatan dan renungan suci dalam rangka memperingati kemerdekaan yang digelar di Taman Makam Pahlawan Pusara Bakti Banua, Kecamatan Padang Batung, Jumat (17/8).

Hadir dalam acara itu personil TNI dan Polri, Sekda HSS H M Noor, Dandim 1003 Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji Sriwijayanto, Ketua sementara DPRD HSS H Akhmad Fahmi, Kepala Kejaksaan HSS Sugeng Riyadi, serta para kepala SKPD HSS dan juga anggota pramuka.

Apel berlangsung penuh khidmat dan juga sebagai wujud penghormatan atas jasa-jasa pahlawan yang telah gugur untuk merebut, meraih dan mempertahankan kemerdekaan RI.

apahabar.com
Bupati H Achmad Fikry MAP foto bersama Wabup Syamsuri Arsyad serta polisi cilik dalam perayaan HUT RI ke-74. Foto-Kominfo HSS.

Baca Juga: 32 Anggota Paskibraka HSS Dikukuhkan

Baca Juga: Balangan Expo 2019 Resmi Dibuka

Reporter: Simah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqi