Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

Wahyu Bangga Desa Batulicin Irigasi Ikut Peringati Detik-Detik Proklamasi

- Apahabar.com Senin, 19 Agustus 2019 - 12:46 WIB

Wahyu Bangga Desa Batulicin Irigasi Ikut Peringati Detik-Detik Proklamasi

Suasana peringatan Hari Kemerdekaan RI di Desa Batulicin Irigasi, Sabtu kemarin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Selama ini tak banyak desa di Indonesia yang memperingati prosesi detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, termasuk pada peringatan hari kemerdekaan ke-74 tahun ini.

Desa Batulicin Irigasi Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu menjadi satu dari segelintir desa yang ikut memperingati detik-detik proklamasi itu.

“Jelas ada kebanggan bagi kami. Sebab biasanya prosesi peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan hanya dilaksanakan instansi pemerintah tingkat pusat, sampai kecamatan saja. Kalau pun di luar itu, biasanya peringatan dilakukan oleh lembaga swasta tertentu,” sebut Ketua Karang Taruna Angkatan Muda Batulicin Irigasi, Wahyu Santoso, kepada apahabar.com, Senin (19/08).

Meski dilaksanakan di desa dan hanya melibatkan masyarakat setempat, tetapi suasana khidmat tetap terasa ketika detik-detik peringatan proklamasi RI ke-74 itu berlangsung. Antusiasme warga untuk mengikuti prosesi itu juga sangat besar.

Wahyu menceritakan awalnya ide itu muncul dari beberapa anggota karang taruna Desa Batulicin Irigasi. Ide itu kemudian disampaikan kembali kepada kepala desa.

Bertindak sebagai komandan upacara pada momen tersebut yakni Kepala Dusun 1, Erwanto, pembaca teks proklamasi adalah Kepala BPD, Sunarjo, lalu pengibar bendera dari unsur karang taruna.

Pembaca doa adalah Supriyanto yang juga anggota BPD, paduan suara dari ibu-ibu PKK setempat. Sedangkan yang bertugas menjadi Inspektur upacara adalah Kepala Desa Batulicin Irigasi, Supriyadi.

Untuk lebih memeriahkan kegiatan itu, pihak desa juga membuat sayembara. Bagi RT yang warganya paling banyak hadir dan menggunakan pakaian menarik serta seragam, berhak mendapatkan door prize.

Dari penilaian pihak desa, akhirnya dari 10 RT yang ada di lingkungan Desa Batulicin Irigasi RT 03 berhasil menjadi pemenangnya.

Usai pelaksanaan detik-detik proklamasi, selanjutnya warga mengikuti gerak jalan santai dan beberapa lomba permainan tradisional antar dusun. Pada malam harinya digelar kesenian tradisional kuda lumping.

Baca Juga: Pemkab Tanbu Peringati Hari Kemerdekaan RI ke-74

Baca Juga: Refleksi HUT RI ke-74, Pemuda di Tengah Serangan Budaya Asing

Baca Juga: Meriahkan HUT RI ke-74, Polres Tapin Gelar Aneka Lomba

Reporter: Puja Mandela
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Mawardi Pukul Gong, ASKS Kalimantan Selatan di Tabalong Resmi Dibuka
apahabar.com

Kalsel

Terekam Video ‘Anggota Dewan’ Loncat Pagar Saat Demo
apahabar.com

Kalsel

KPU Tanbu Gelar Pleno Verfak Dukungan Calon Perseorangan
apahabar.com

Kalsel

Hermansyah Minta Tiga Organisasi Pimpinannya Bersatu
apahabar.com

Kalsel

Tunggu Wakil Rakyat Bertolak ke Jakarta, Massa Aksi Nyanyikan Lagu Nasional di Bawah Guyuran Hujan
apahabar.com

Kalsel

Dewan Desak Pemerintah Daerah Atasi Masalah Utama Banjir HSU
apahabar.com

Kalsel

Penyebab Pria Bertato di Simpang Belitung Ngamuk Bacok Teman hingga Tewas
apahabar.com

Kalsel

Kronologi Penemuan Mayat Pakai Helm Mengapung di Benua Anyar: Korban Sempat Mondar-Mandir
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com