Kobaran Api Kembali Gegerkan Warga Patmaraga Kotabaru Cara Cek Pengumuman CPNS 2019 Hari Ini, Login sscn.bkn.go.id, Berikut Website & Panduan Lengkapnya 150 Rumah Hangus Terbakar, Simak Kronologi Lengkap Kebakaran di Kotabaru Alasan Mengapa Api di Patmaraga Kotabaru 5 Jam Baru Padam Si Jago Merah Mengamuk di Kotabaru: Berkobar Berjam-jam, Ratusan Rumah Ludes Terbakar!

Wali Kota Banjarmasin Ajak Warga Teladani Nabi Ibrahim

- Apahabar.com Minggu, 11 Agustus 2019 - 16:26 WIB

Wali Kota Banjarmasin Ajak Warga Teladani Nabi Ibrahim

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina jadi imam Salat Iduladha di Halaman Komplek Perguruan Muhammadiyah, Jl KS Tubun, Banjarmasin Selatan, Minggu (11/8). Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kehidupan Nabi Ibrahim AS, seperti diceritakan dalam Al Quran, menjadi tema perayaan Iduladha bersama Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Bertindak sebagai khatib sekaligus imam di Halaman Komplek Perguruan Muhammadiyah Banjarmasin, Minggu (11/8), potisi PKS itu mengajak warga untuk meneladani hidup Nabi Ibrahim.

Baca Juga: WBP Lapas Kelas IIA Banjarmasin Kebagian Daging Kurban

Seperti diceritakan, ketika Nabi Ibrahim AS memberitahukan kepada anaknya, Nabi lsmail AS, mengenai perintah Allah untuk penyembelihan. Sang anak pasrah, tanpa memperlihatkan sikap penolakan dan bersedia dengan ikhlas sesuai yang diperintahkan Allah SWT.

AIqur’an juga menceritakan seperti apa, keduanya yang bahu membahu membangun Ka’bah, sekarang jadi kiblat umat Islam seluruh dunia.

“Berbuat baik kepada orang tua dalam ayat ini disenafaskan penyebutannya dengan beribadah kepada Allah SWT, suatu indikasi betapa Allah SWT memandang tinggi posisi orang tua di dalam keluarga,” ujar Ibnu Sina usai Salat Iduladha yang mengusung tema Belajar dari Ibrahim AS.

Ada tiga hal yang disampaikannya dalam khutbah itu. Diantaranya mengenai kedudukan sebagai seorang mukmin, tidak dibiarkan mengaku beriman tanpa diuji oleh Allah SWT. Kemudian, pengorbanan Nabi Ibrahim AS menyangkut (motivasi) dalam beribadah, dan hubungan antara bapak dan anak.

Lebih lanjut dalam khutbahnya, ia mengingat tingginya posisi orang tua, maka diharuskan bagi mereka membentuk anak-anaknya berkepribadian muslim, yang bertaqwa dan berbakti.

“Nabi lbrahim AS berhasil membentuk anak yang saleh. Ini terbukti dengan kepasrahan anaknya saat hendak disembelih, sebagai pemenuhan perintah Allah SWT, serta kerelaan anaknya membantunya membangun Ka’bah,” ucapnya.

Ibnu hadir di komplek perguruan yang berlokasi di Jalan KS Tubun, Banjarmasin Selatan, bersama seluruh keluarganya.

Masih dinuansa Iduladha, Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hermansyah usai melaksanakan Salat Id menggelar kegiatan open houses.

Kegiatan yang dilaksanakan di rumah dinasnya itu, dihadiri para kepala SKPD lingkup Pemko Banjarmasin, jajaran Forkopimda dan masyarakat.

Baca Juga: Bagi Daging Kurban, Polsekta Banjarmasin Tengah Gunakan Plastik Ramah Lingkungan

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Korban Gigitan Kobra, Kesembuhan Salasiah Terus Diupayakan
apahabar.com

Kalsel

H1 Tembus Seribu Orang, Intip Tahapan Daftar Ulang Mahasiswa Baru ULM
apahabar.com

Kalsel

Solo Touring, Biker RVC Banjarbaru Lepas Rindu Lahap Ratusan KM
apahabar.com

Kalsel

Sawah Warga di Banjar Terbakar, Polisi Gunakan Sepatu Hadapi Api
apahabar.com

Kalsel

Libur Lebaran, Layanan IGD RSUD Ulin Standby 24 Jam
apahabar.com

Kalsel

Sempat Molor, Wabup Kotabaru Lampaui Syarat Dukungan Independen
apahabar.com

Kalsel

Rutin Sambangi Warga, Polsek Banjarbaru Barat Bina Kedisiplinan Warga Patuhi Prokes
apahabar.com

Kalsel

ASN di Banjarbaru Hina Adian Napitupulu, Legislator Senayan yang Kolaps karena Jantung
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com