Pembacok Jurkani di Tanbu Juga Rampas Barang Pribadi, Pelaku Disebut Berhalusinasi Jasad Wanita Muda Banjarmasin dengan Luka Tusuk di Dada Itu Ternyata… Sosok Pembacok Advokat Jurkani di Tanah Bumbu, dan Detik-Detik Penganiayaan IKN Dipimpin Kepala Otorita, Sederet Nama Kandidat Termasuk Ahok Pesona Danau Sentarum Kalbar Bikin Takjub, Tertarik Berkunjung?

Wali Kota Banjarmasin Ajak Warga Teladani Nabi Ibrahim

- Apahabar.com     Minggu, 11 Agustus 2019 - 16:26 WITA

Wali Kota Banjarmasin Ajak Warga Teladani Nabi Ibrahim

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina jadi imam Salat Iduladha di Halaman Komplek Perguruan Muhammadiyah, Jl KS Tubun, Banjarmasin Selatan, Minggu (11/8). Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kehidupan Nabi Ibrahim AS, seperti diceritakan dalam Al Quran, menjadi tema perayaan Iduladha bersama Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Bertindak sebagai khatib sekaligus imam di Halaman Komplek Perguruan Muhammadiyah Banjarmasin, Minggu (11/8), potisi PKS itu mengajak warga untuk meneladani hidup Nabi Ibrahim.

Baca Juga: WBP Lapas Kelas IIA Banjarmasin Kebagian Daging Kurban

Seperti diceritakan, ketika Nabi Ibrahim AS memberitahukan kepada anaknya, Nabi lsmail AS, mengenai perintah Allah untuk penyembelihan. Sang anak pasrah, tanpa memperlihatkan sikap penolakan dan bersedia dengan ikhlas sesuai yang diperintahkan Allah SWT.

AIqur’an juga menceritakan seperti apa, keduanya yang bahu membahu membangun Ka’bah, sekarang jadi kiblat umat Islam seluruh dunia.

“Berbuat baik kepada orang tua dalam ayat ini disenafaskan penyebutannya dengan beribadah kepada Allah SWT, suatu indikasi betapa Allah SWT memandang tinggi posisi orang tua di dalam keluarga,” ujar Ibnu Sina usai Salat Iduladha yang mengusung tema Belajar dari Ibrahim AS.

Ada tiga hal yang disampaikannya dalam khutbah itu. Diantaranya mengenai kedudukan sebagai seorang mukmin, tidak dibiarkan mengaku beriman tanpa diuji oleh Allah SWT. Kemudian, pengorbanan Nabi Ibrahim AS menyangkut (motivasi) dalam beribadah, dan hubungan antara bapak dan anak.

Lebih lanjut dalam khutbahnya, ia mengingat tingginya posisi orang tua, maka diharuskan bagi mereka membentuk anak-anaknya berkepribadian muslim, yang bertaqwa dan berbakti.

“Nabi lbrahim AS berhasil membentuk anak yang saleh. Ini terbukti dengan kepasrahan anaknya saat hendak disembelih, sebagai pemenuhan perintah Allah SWT, serta kerelaan anaknya membantunya membangun Ka’bah,” ucapnya.

Ibnu hadir di komplek perguruan yang berlokasi di Jalan KS Tubun, Banjarmasin Selatan, bersama seluruh keluarganya.

Masih dinuansa Iduladha, Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hermansyah usai melaksanakan Salat Id menggelar kegiatan open houses.

Kegiatan yang dilaksanakan di rumah dinasnya itu, dihadiri para kepala SKPD lingkup Pemko Banjarmasin, jajaran Forkopimda dan masyarakat.

Baca Juga: Bagi Daging Kurban, Polsekta Banjarmasin Tengah Gunakan Plastik Ramah Lingkungan

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

58 Tenaga Medis Disiagakan Menjelang Tablig Akbar Bersama Ustaz Somad

Kalsel

Bersinar Mart Hadir di Tabalong, Permintaan Bakul Purun Meningkat
apahabar.com

Kalsel

Positif Covid-19 di Kalsel Bertambah? Berikut Penjelasan Gugus Tugas
apahabar.com

Kalsel

Gara-Gara Kipas Angin, Bapak-Anak Tewas di Martapura
apahabar.com

Kalsel

Ini Dia Sosok Nanang Galuh Terpilih Kabupaten Tanah Laut
apahabar.com

Kalsel

Melaju ke Final, 8 Komika Rebutkan Jutaan Rupiah Malam Ini
apahabar.com

Kalsel

Tekan Sebaran Covid-19, Polsek Barambai Sosialisasi Perbup Batola

Kalsel

Simak Perolehan Suara Sementara PSU Pilgub Kalsel di Situs KPU
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com