Pemilu Ulang di Banjarmasin Selatan, Cucu Habib Basirih Pinta Jauhi Politik Uang H-2 Ramadan, Distribusi Elpiji di Kalsel Macet Lagi Gara-Gara Jalan Rusak Terungkap! Alasan Oknum Pemuda LAS HST Hina Buser yang Tenggelam di Banjarmasin Sadarkan Diri, Dokter Ungkap Kondisi Terkini Echa Si Putri Tidur Banjarmasin POPULER SEPEKAN: Waspada Air Pasang, Ambruknya Pasar Ujung Murung, hingga Viral Putri Tidur

Warga Terdampak Asap Ramai Datangi RSBA PMI Kalteng

- Apahabar.com Sabtu, 10 Agustus 2019 - 07:15 WIB

Warga Terdampak Asap Ramai Datangi RSBA PMI Kalteng

Masyarakat Kota Palangkaraya yang terpapar dampak kabut asap karhutla menikmati fasilitas rumah sehat bebas asap yang disediakan Palang Merah Indonesia Kalteng, Jumat (09/08). Foto – Antara/Adi Wibowo

apahabar.com, PALANGKARAYA – Palang Merah Indonesia (PMI) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyediakan rumah sehat bebas asap (RSBA) secara gratis buat masyarakat setempat yang terpapar kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“RSBA ini sudah dua minggu dibuka dan pasiennya tercatat puluhan orang. Setiap harinya tiga sampai empat orang yang datang ke kantor PMI Kalteng di Jalan Letnan Jendral Suprapto,” kata Sekretaris PMI Kalteng Siti Nafsiah di Palangkaraya, seperti dilansir Antara, Jumat (08/09).

Baca Juga: Dandim 1022 Tanah Bumbu : Karhutla Terjadi Karena Faktor Manusia

Nafsiah mengatakan, penyediaan RSBA di kantornya bertujuan memberikan pertolongan pertama bagi masyarakat yang terdampak kabut asap karhutla, serta warga yang mengidap penyakit asma pada keadaan kabut asap agar penyakitnya tidak kambuh.

Selain anak-anak dan remaja, warga yang datang ke lokasi untuk menghirup oksigen murni di RSBA tersebut juga ibu-ibu hamil yang merasa terganggu pernapasannya. Mereka menggunakan layanan oksigen gratis yang disediakan PMI setempat.

“Bagi masyarakat yang hendak menikmati RSBA yang kami sediakan, bisa datang ke kantor kami. Layanan dibuka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Apabila lewat dari jam yang sudah ditentukan tersebut, tentunya tidak akan dilayani karena petugasnya sudah tidak ada di tempat,” ungkapnya.

Saat ini PMI Kalteng menyediakan hanya dua unit saja. Namun bagi masyarakat yang hendak memanfaatkan hal tersebut bisa melakukannya secara bergantian dengan pasien lainnya yang juga ingin merasakan segarnya oksigen yang disediakan pengurus PMI setempat.

Selain di PMI Kalteng, layanan serupa juga ada di kantor PMI Kota Palangkaraya yang terletak di Jalan Wahidin Sudirohusodo. Di lokasi ini ada tiga unit peralatan yang fungsinya untuk membantu masyarakat dan sama sekali tidak dipungut biaya.

“Penyediaan RSBA ini untuk merespons adanya bencana asap karhutla yang sudah mencemari udara yang di Kota Palangka Raya,” bebernya.

PMI Kalimantan Tengah menganjurkan pengurus PMI di kabupaten yang terdampak karhutla sehingga kualitas udara di daerahnya tidak sehat, segera membuat RSBA untuk pertolongan pertama bagi masyarakat di daerah setempat.

“Kantor PMI di kabupaten yang terdampak kabut asap sehinga kualitas udara tercemar, kami sarankan membuat RSBA untuk memberikan pertolongan pertama untuk masyarkat yeng terpapar kabut asap,” tandasnya.

Baca Juga: Rooswandi Salem Pimpin Apel Gabungan Penyerahan Satgas Karhutla

Sumber: Antara
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Pengurus Tujuh Lembaga NU Kapuas Dikukuhkan
apahabar.com

Kalteng

Dongkrak Sektor Pariwisata, Pemprov Kalteng Terima DAK Rp3,4 M
apahabar.com

Kalteng

KPU Kalteng Siap Menerima Penyerahan Dukungan Calon Perseorangan
2020

Kalteng

Sepanjang 2020, LAPOR! Terima 60 Aduan Masyarakat Kapuas
apahabar.com

Kalteng

8.000 Sertifikat PTSL Dibagikan ke Kabupaten/Kota di Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Gasak HP di Warung, Pria Kapuas Kena Ringkus
apahabar.com

Kalteng

Lagi, Polisi Ringkus Pengedar Sabu di Muara Teweh
apahabar.com

Kalteng

Siap Edarkan 13 Paket Sabu, Pria di Arsel Diringkus Sartresnarkoba Polres Kobar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com