Video Viral Pria Bawa Jenazah Ibunya Pakai Motor di Atas Bronjong, Sang Perekam pun Ketakutan! Video Detik-detik Mobil Tabrak Gerbang Masjidil Haram Mekkah dengan Kecepatan Tinggi Video Viral Rombongan Klub Harley Keroyok 2 Anggota TNI, Polisi Melerai Dicuekin, Ini Gara-garanya Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru

Warga Terdampak Asap Ramai Datangi RSBA PMI Kalteng

- Apahabar.com Sabtu, 10 Agustus 2019 - 07:15 WIB

Warga Terdampak Asap Ramai Datangi RSBA PMI Kalteng

Masyarakat Kota Palangkaraya yang terpapar dampak kabut asap karhutla menikmati fasilitas rumah sehat bebas asap yang disediakan Palang Merah Indonesia Kalteng, Jumat (09/08). Foto – Antara/Adi Wibowo

apahabar.com, PALANGKARAYA – Palang Merah Indonesia (PMI) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyediakan rumah sehat bebas asap (RSBA) secara gratis buat masyarakat setempat yang terpapar kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“RSBA ini sudah dua minggu dibuka dan pasiennya tercatat puluhan orang. Setiap harinya tiga sampai empat orang yang datang ke kantor PMI Kalteng di Jalan Letnan Jendral Suprapto,” kata Sekretaris PMI Kalteng Siti Nafsiah di Palangkaraya, seperti dilansir Antara, Jumat (08/09).

Baca Juga: Dandim 1022 Tanah Bumbu : Karhutla Terjadi Karena Faktor Manusia

Nafsiah mengatakan, penyediaan RSBA di kantornya bertujuan memberikan pertolongan pertama bagi masyarakat yang terdampak kabut asap karhutla, serta warga yang mengidap penyakit asma pada keadaan kabut asap agar penyakitnya tidak kambuh.

Selain anak-anak dan remaja, warga yang datang ke lokasi untuk menghirup oksigen murni di RSBA tersebut juga ibu-ibu hamil yang merasa terganggu pernapasannya. Mereka menggunakan layanan oksigen gratis yang disediakan PMI setempat.

“Bagi masyarakat yang hendak menikmati RSBA yang kami sediakan, bisa datang ke kantor kami. Layanan dibuka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Apabila lewat dari jam yang sudah ditentukan tersebut, tentunya tidak akan dilayani karena petugasnya sudah tidak ada di tempat,” ungkapnya.

Saat ini PMI Kalteng menyediakan hanya dua unit saja. Namun bagi masyarakat yang hendak memanfaatkan hal tersebut bisa melakukannya secara bergantian dengan pasien lainnya yang juga ingin merasakan segarnya oksigen yang disediakan pengurus PMI setempat.

Selain di PMI Kalteng, layanan serupa juga ada di kantor PMI Kota Palangkaraya yang terletak di Jalan Wahidin Sudirohusodo. Di lokasi ini ada tiga unit peralatan yang fungsinya untuk membantu masyarakat dan sama sekali tidak dipungut biaya.

“Penyediaan RSBA ini untuk merespons adanya bencana asap karhutla yang sudah mencemari udara yang di Kota Palangka Raya,” bebernya.

PMI Kalimantan Tengah menganjurkan pengurus PMI di kabupaten yang terdampak karhutla sehingga kualitas udara di daerahnya tidak sehat, segera membuat RSBA untuk pertolongan pertama bagi masyarakat di daerah setempat.

“Kantor PMI di kabupaten yang terdampak kabut asap sehinga kualitas udara tercemar, kami sarankan membuat RSBA untuk memberikan pertolongan pertama untuk masyarkat yeng terpapar kabut asap,” tandasnya.

Baca Juga: Rooswandi Salem Pimpin Apel Gabungan Penyerahan Satgas Karhutla

Sumber: Antara
Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Kobar Tambah 7 Positif Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Lagi, Pelaku Judi Kupu di Kapuas Kalteng Diciduk Polisi
apahabar.com

Kalteng

IDI Kalteng Mencatat 11 Dokter Terpapar Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Batasi Kunjungan, Lapas Muara Teweh Siapkan Layanan Video Call
apahabar.com

Kalteng

Duh, Kasus Positif Covid-19 di Kapuas Bertambah 18 Orang
apahabar.com

Kalteng

Ini Penjelasan BMKG Terkait Gempa Muara Teweh dan Sekitarnya
apahabar.com

Kalteng

Buka Akses Transportasi ke Desa, Dishub Kobar Bakal Gandeng Damri
apahabar.com

Kalteng

DPRD Desak Pemkot Palangka Raya Umumkan Formasi CPNS 2019
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com