apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Cuaca panas ditengari dapat mengakibatkan kebakaran hutan/lahan di Kalsel hari ini. Sedikitnya ada sembilan wilayah yang berpotensi mengalaminya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan suhu cuaca tertinggi di Kalsel hari ini berada pada 34 derajat celcius. Sedangkan tingkat kelembaban sebesar 95 persen.

Jika menengok data BMKG, kondisi itu berlaku pada siang/sore hari. Pasalnya, sejak pagi hari, cuaca di 13 kab/kota dalam keadaan cerah, bahkan cenderung panas terik.

Hal ini pun berpotensi memicu munculnya titik api. Khususnya daerah lahan atau hutan yang dianggap rentan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

BMKG pun memperingatkan warga untuk waspada. Terutama wilayah yang disebutkan dalam peringatan dini mereka dalam laman resminya, Rabu (14/8).

“Waspada potensi terjadinya kebakaran hutan/lahan di wilayah Kab/Kota Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Banjarbaru, Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara dan sekitarnya,” demikian tulis BMKG.

Namun, seperti umumnya musim kemarau, cuaca pada malam hingga dini hari cukup dingin. Bahkan dapat menusuk ketulang, mengingat suhu terendah dapat mencapai 22 derajat celcius dan tingkat kelembaban sebesar 55 persen.

Karenanya, ada baiknya warga untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Khususnya dengan banyak mengkonsumsi air putih pada siang hari agar tidak dehidrasi. Kemudian jika malam hari usaha tidak usah keluar rumah, agar tidak masuk angin sehingga bisa menimbulkan penyakit yang umum terjadi, seperti batuk dan pilek.

Untuk kecepatan angin sendiri di Kalsel relatif normal, yakni bergerak dari 0-19 km/jam.

Baca Juga: 25 Nama Anggota DPRD Balangan Periode 2019-2024 yang Dilantik

Baca Juga: Meski Sempat Ditunda, Jumrah Jemaah Batola Tanpa Kendala

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin