Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 10 Orang, Positif 8 H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel Polda Kaltim Gagalkan Peredaran Sabu 6 Kg di Samarinda dan Balikpapan Banjarmasin Resmi Perpanjang Tanggap Darurat Banjir, Kecamatan Timur Terparah! Resmi! Banjarmasin Berlakukan Pembatasan Transisi Mulai Hari Ini

5 Syarat Peserta CPNS

- Apahabar.com Rabu, 11 September 2019 - 06:45 WIB

5 Syarat Peserta CPNS

Ilustrasi tes CPNS. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih menjadi primadona. Tahun ini jumlah peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 diprediksi melebihi tahun lalu, yaitu 5,5 juta orang.

Seleksi CPNS yang diagendakan akan berlangsung Oktober 2019 itu memiliki sejumlah syarat yang harus para pelamar ketahui.

Berkaitan dengan terbitnya Keputusan Presiden No. 17 Tahun 2019, syarat minimal pendidikan bagi pelamar CPNS pada enam 6 jabatan (dokter, dokter gigi, dokter pendidik klinis, dosen, penelitu, perekayasa), perlu diberikan tambahan penjelasan sebagai berikut:

  1. Untuk mendaftar pada jabatan dokter, dokter gigi, dokter pendidik klinis, dosen, peneliti dan perekayasa tidak harus berpendidikan dokter/dokter spesialis atau doktor (S3), bila usia pelamar maksimal 35 tahun pada saat mendaftar. Khusus untuk dosen, sesuai UU tentang Guru dan Dosen, pendidikan minimal adalah S2 atau yang setara.
  2. Persyaratan harus berpendidikan minimal dokter/dokter gigi spesialis atau doktor (S3) diberlakukan hanya bagi pelamar pada jabatan dokter, dokter gigi, dokter pendidik klinis, dosen, peneliti dan perekayasa yang usianya lebih dari 35 tahun dan maksimal 40 tahun saat melamar. Kebijakan ini diambil pemerintah untuk memenuhi kebutuhan tenaga pada 6 jabatan tersebut dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarat, serta meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, hasil penelitian dan perekayasaan teknologi.
  3. Hingga saat ini Kementerian PANRB sedang melakukan finalisasi penetapan formasi untuk pengadaan CPNS 2019 pada instansi baik pusat maupun daerah. Setelah penetapan formasi, setiap instansi yang mendapatkan formasi akan mengumumkan pengadaan CPNS di instansi masing-masing, yang antara lain akan berisi: jabatan yang lowong dan akan diisi, jumlah formasi untuk setiap jabatan, persyaratan untuk setiap jabatan (termasuk syarat pendidikan minimal), serta tatacara dan waktu pendaftaran.
  4. Pengumuman pengadaan CPNS 2019 akan diumumkan sekitar akhir September/awal Oktober 2019, melalui website Kementerian PANRB dan website instansi masing-masing.
  5. Selain hal di atas, diingatkan kepada masyarakat agar waspada terhadap kemungkinan terjadinya penipuan yang berhubungan dengan pengadaan CPNS. Dalam sistem seleksi yang diberlakukan selama ini, tidak ada seorang pun yang dapat membantu agar seseorang dapat diterima menjadi CPNS. “Meskipun telah diingatkan tentang hal ini berkali-kali, masih saja terdapat anggota masyarakat yang tertipu. Hal ini jangan sampai terjadi lagi”, ujar Dwi Wahyu Atmaji, Sesmen PANRB mengakhiri penjelasannya.

Baca Juga: Penembak Polisi di Tala Diduga Gunakan Anak-Anak sebagai Tameng

Baca Juga: Presiden Jokowi Beberkan Lokasi Calon Ibu Kota Baru di Kukar

Sumber: Liputan6.com
Editor: Syarif

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Artis VS Minta Maaf kepada Keluarga
apahabar.com

Nasional

Pesan KPU: Jangan Sampai Bahan Kampanye Jadi Penyebar Covid-19
apahabar.com

Nasional

Masih Berstatus Saksi Prostitusi, Putri Parawisata Asal Kaltim Dipulangkan
apahabar.com

Nasional

Tak Cuma Miras, TNI Sita Sejumlah Pucuk Senpi dari Malaysia
apahabar.com

Nasional

Nadiem Tegaskan Pembukaan Sekolah di Zona Hijau Kedepankan Protokol Kesehatan
apahabar.com

Nasional

Tragedi Speedboat Paspampres, Menteri LHK Lepas Jenazah Stafnya
apahabar.com

Nasional

2 Hari Setelah Bertemu Jokowi, Wakil Wali Kota Solo Positif Covid-19
apahabar.com

Nasional

Pembatasan Medsos Dinilai Mengungkung Hak Masyarakat Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com