Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya Otsus Jilid Dua, Semangat Baru Pembangunan Papua

Adaro Spectrapreuner Berhasil Ciptakan UMKM Mandiri

- Apahabar.com Selasa, 3 September 2019 - 15:49 WIB

Adaro Spectrapreuner Berhasil Ciptakan UMKM Mandiri

Stand UMKM binaan PT Adaro di pergelaran Kalsel Expo di Lapangan Murjani, Banjarbaru. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Adaro Spectrapreuner adalah salah satu program dari PT Adaro Indonesia. Program itu sudah berhasil menciptakan UMKM kreatif dan mandiri.

Dari 120 UMKM yang telah terjaring dalam Adaro Spectrapreuner, semuanya mendapatkan binaan hingga fasilitas. Satu di antaranya, pameran guna memamerkan usaha mereka di berbagai event.

Salah satu pemilik UMKM yang tergabung dalam Adaro Spektrapreuner Rajut Estri, Estri K mengungkapkan banyak sekali manfaat yang ia terima dari mengikuti program tersebut.

“Kami di situ jadi binaannya, Jadi kalau ada pelatihan-pelatihan kami diundang kayak gitu terus ada pameran seperti ini di undang, juga kita difasilitasi dan selalu dibina sama PT Adaro,” ungkap Estri saat ditemui apahabar.com di Kalsel Expo, Banjarbaru, Selasa (3/9).

Setelah menjadi UMKM binaan PT Adaro, sambungnya, dia bisa mengubah hobi menjadi peluang usaha.

“Kebetulan dulunya hobi gitu ya, tapi setelah gabung di Adaro Spektrapreuner, saya teruskan, saya kembangkan hobi saya menjadi sebuah usaha yang menguntungkan,” sambungnya.

Adapun usaha rajut yang ia buat seperti sepatu rajut, tas rajut, topi rajut dan masih banyak aksesoris fashion rajut lainnya.

Rajutan Estri mulai dilirik banyak pembeli setelah PT Adaro terus melibatkannya dalam pameran-pameran baik di kabupaten maupun kota.

“Salah satunya seperti di Expo Kalsel ini, saya diikutkan, dan orang semakin banyak yang tahu tentang Rajut Estri ini,” ujarnya lagi.

Untuk bahan-bahan produk olahannya, Estri mendapatkan dari pedagang di pasar tradisional.

“Sepatu-sepatu yang sudah gak jamannya atau barang lama yang gak kejual, itu saya beli lalu saya olah lagi jadi yang lebih baru,” jelasnya.

Selama 2 tahun  mendapatkan pembinaan, ia mulai memasarkan produknya dengan brand merek atau label miliknya sendiri.

“Sebelumnya, rajutan saya tidak dikenal orang, dan masyarakat lebih memilih beli produk rajutan dari Jogya, tapi setelah produk rajutan saya berlabel dan sudah banyak peminatnya, sekarang masyarakat daerah Tanjung khususnya banyak membeli di rajutan Estri,” ungkapnya.

Berkat pembinaan yang diperoleh dari Adaro Spectrapreuner, sambungnya, usahanya semakin berkembang dan bisa bersaing dengan produk luar daerah.

“Alhamdulillah, usaha saya berjalan lancar, orderan ada terus, tidak perlu disebutkan omsetnya ya,” ucap ibu berkaca mata itu.

Untuk diketahui, Adaro Spectrapreuner adalah program berkelanjutan dari PT Adaro Indonesia dalam rangka membantu pelaku usaha dalam hal menyiapkan wadah agar bisa memperkenalkan produknya di samping pembinaan berkelanjutan sehingga usahanya semakin berkembang dan dikenal.

Baca Juga: PWI Kalsel Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Hari Pers Nasional

Baca Juga: Pemprov Kalsel Kucurkan Dana Rp600 Juta untuk STIE Indonesia

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Antisipasi Virus Corona, Kalsel Siagakan Ruang Isolasi Berteknologi

Kalsel

Antisipasi Virus Corona, Kalsel Siagakan Ruang Isolasi Berteknologi
apahabar.com

Kalsel

Kisruh Jemaah Travellindo, Calon Haji asal HSS Tak Kuasa Tahan Tangis
apahabar.com

Kalsel

Isu Penghapusan Honorer, Forum WR II se-Indonesia Minta Solusi Pemerintah
apahabar.com

Kalsel

PDAM Diminta Cepat Atasi Kesulitan Air Bersih di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Jadi Contoh, Masjid Sabilal Muhtadin Perketat Protokol Salat Id
apahabar.com

Kalsel

Razia Tim Gabungan di Tala, Puluhan Pelanggar Kena Tilang
apahabar.com

Kalsel

Baksos di Batola, Bhayangkari Turut Bagikan Bubur dan Puluhan Ribu masker
apahabar.com

Kalsel

Soal Rapid Test, Keluarga Pasien Positif Covid-19 Harus Jadi Prioritas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com